Tak Hanya Menjaga Kesehatan Tulang, Ini 7 Manfaat Lain Vitamin D

manfaat vitamin D
Foto: www.freepik.com

Ketika tubuh terpapar sinar matahari, mungkin kamu akan merasakan keringat yang bergulir sehingga membuatmu merasa tidak nyaman. Namun siapa sangka bahwa kondisi tersebut merupakan salah satu cara tubuh untuk memproduksi vitamin D yang memiliki banyak manfaat.

Tak hanya dikenal sebagai zat yang dapat menjaga kesehatan tulang, terdapat beragam manfaat vitamin D lain yang bisa dirasakan oleh tubuh. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawabannya.

Apa Saja Manfaat dari Vitamin D?

manfaat vitamin D
Foto: www.freepik.com

Zat yang satu ini termasuk nutrisi tambahan penting yang diperlukan oleh tubuh, dan berikut beberapa manfaat vitamin D:

Kesehatan tulang

Nutrisi tambahan ini memiliki peran penting dalam regulasi kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah. Sehingga vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan osteoporosis, di mana kondisi berkurangnya kepadatan tulang sehingga menjadi lemah dan rapuh.

Mengurangi risiko flu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap virus influenza. Zat ini tidak dianggap merupakan bagian dari faktor kompleks yang memengaruhi respons imun. Untuk itu, baik orang dewasa maupun anak-anak perlu mempertimbangkan asupan nutrisi tambahan ini pada tubuh.

Kehamilan

Wanita hamil yang kekurangan vitamin D kemungkinan akan memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kelahiran prematur. Namun dalam sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa asupan kadar vitamin D yang tinggi selama kehamilan dapat berkaitan langsung dengan peningkatan risiko alergi makanan pada anak.

Mengobati hipertensi

Zat penting yang satu ini ternyata dapat berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Pasalnya, vitamin D berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres oksidatif pembuluh darah. Kekurangan asupan nutrisi tambahan ini juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kerusakan organ.

Kesehatan mulut

Berkat fungsinya yang dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium, vitamin D juga berperan dalam mendukung kesehatan mulut dan menurunkan risiko kerusakan gigi serta gusi. Tidak hanya itu, vitamin ini juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan merangsang produksi peptida anti-mikroba yang dapat bermanfaat untuk jaringan mulut.

Mencegah diabetes

Asupan vitamin D dan kalsium ternyata dapat memiliki keterkaitan dengan diabetes tipe 2 pada wanita. Pasalnya, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa meski vitamin tersebut tidak secara efektif menurunkan risiko kelebihan gula dalam darah, akan tetapi nutrisi tambahan tersebut secara efektif dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian, wanita yang memiliki kelebihan berat badan dan mengonsumsi kalsium harian yang dipasangkan dengan vitamin D, secara efektif dapat menurunkan berat badan. Untuk penurunan masa lemak yang signifikan, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh pengontrolan nafsu makan.

Mengatasi jerawat

Berkat kandungan antimikroba yang ada dalam zat ini, ternyata manfaat vitamin D juga dapat berfungsi untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terkandung juga dapat membantu mengatasi peradangan jerawat. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin D.

Bagaimana Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D?

Foto: www.freepik.com

Meski dapat diproduksi oleh tubuh ketika terkena sinar matahari, namun terkadang kekurangan vitamin D masih banyak dialami oleh sebagian orang. Tak hanya itu, terbatasnya makanan yang kaya akan vitamin D juga menjadi salah satu faktor defisiensi.

Kadar vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh adalah:

  • Bayi 0-12 bulan: 400 IU (10 mcg)
  • Anak-anak 1-18 tahun: 600 IU (15 mcg)
  • Dewasa 19- 70 tahun:  800 IU (20 mcg)
  • Dewasa di atas 70 tahun: 600 IU (15 mcg)

Kekurangan vitamin ini sering dikaitkan dengan kelemahan otot dan osteoporosis atau berkurangnya kepadatan tulang sehingga menjadi lemah dan mudah rapuh.

Untuk itu, ketika mengetahui bahwa tubuh kekurangan vitamin D maka disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin tersebut dan memastikan tubuh terpapar sinar matahari selama 5-10 menit dalam 2-3 kali per minggu.

Bagaimana Jika Kelebihan Vitamin D?

manfaat vitamin D
Foto: www.freepik.com

Batas yang direkomendasikan untuk mengonsumsi zat yang satu ini adalah 4.000 IU per hari untuk orang dewasa. Kelebihan vitamin D yang berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti pengapuran tulang yang berlebihan serta pengerasan pembuluh darah, ginjal, paru-paru, dan jaringan jantung.

Kelebihan zat ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen. Maka lebih disarankan untuk mendapatkan vitamin D dari sumber alami, seperti:

  • Ikan berlemak seperti salmon, makerel, dan tuna
  • Kuning telur
  • Keju
  • Hati sapi
  • Jamur
  • Susu
  • Sereal
  • Sinar matahari

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk perawatan wajah yang mengandung vitamin D.

Herbivore Emerald Deep Moisture Glow Oil

Sedang mencari pelembap untuk kulit wajah yang kering? Cobalah menggunakan Herbivore Emerald Deep Moisture Glow Oil, minyak yang diformulasikan dengan bahan ringan dan mudah menyerap ini bisa mengatasi permasalahan kulit yang sedang kamu alami.

Berkat kandungan dari minyak biji rami yang kaya akan asam lemak dan vitamin D yang yang berasal dari jamur shitake, membuat produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering dan acne-prone skin.

Untuk penggunaannya, oleskan 4-6 tetes di pagi dan malam hari kemudian pijat secara perlahan dan biarkan menyerap dengan alami.

Drunk Elephant D-Bronzi Anti-Pollution Sunshine Drops

Serum ini dapat membantu melindungi wajah dari polusi dan faktor lingkungan. Terbuat dari ekstrak kakao yang kaya akan senyawa nabati, menjadikan produk ini dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat.

Tak hanya itu, perawatan wajah ini juga bisa mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan vitamin D yang ada juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda.

Dengan tekstur yang ringan, membuat Drunk Elephant D-Bronzi Anti-Pollution Sunshine Drops mudah untuk diaplikasikan dan dapat digunakan untuk kulit normal, kering, kombinasi, dan kering.

Murad Multi-Vitamin Infusion Oil

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, munculnya garis halus dan kerutan, dan kulit kusam yang tidak rata, maka Murad Multi-Vitamin Infusion Oil merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan. Pasalnya, minyak ini hampir mengandung semua vitamin, mulai dari vitamin A hingga F.

Untuk memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan, maka vitamin A yang terkandung dalam produk ini dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sementara vitamin B berfungsi sebagai pelembap yang membantu menyeimbangkan produksi minyak berlebih.

Kandungan vitamin C yang ada ternyata dapat bekerja sebagai antioksidan kuat untuk meratakan warna, mencerahkan, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Sementara, vitamin D yang ada dapat membantu meningkatkan pertahanan kulit sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV. Tak hanya itu, vitamin E berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang bisa merusak kulit. Dan vitamin F yang terkandung dapat meningkatkan tekstur kulit. Karena mengandung multi-vitamin, produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Sweet Chef Ginger Kombucha Vitamin D Chill Mist

Produk yang berfungsi sebagai pengganti toner ini dapat berfungsi untuk melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum memulai rangkaian perawatan selanjutnya. Cairan ini mengandung jahe yang dapat meratakan warna kulit dan vitamin D yang bisa mengoptimalkan pertahanan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, mist ini juga memiliki kandungan kombucha yang kaya akan probiotik dan dapat membantu meningkatkan warna serta testur kulit.