Sering Dijadikan Minuman Herbal, Ini 7 Manfaat Temu Lawak Bagi Tubuh

manfaat temu lawak
Foto: www.unsplash.com

Bagi sebagian orang, temulawak mungkin sering dianggap sebagai tanaman yang digunakan sebagai minuman herbal. Tidak hanya itu, terkadang kunyit Jawa ini juga menjadi solusi untuk penambah nafsu makan. Namun ternyata, terdapat manfaat temu lawak lain yang bisa kamu peroleh ketika mengonsumsi tanaman yang satu ini.

Apa Itu Temulawak?

manfaat temu lawak
Foto: www.unsplash.com

Memiliki nama latin curcuma xanthorrhiza atau yang dikenal dengan temulawak dan kunyit Jawa, merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Tanaman ini sering kali digunakan sebagai bahan suplemen kesehatan yang disebut dengan istilah “jamu”.

Meski menyerupai kunyit, namun kenyataannya kedua jenis tanaman ini berbeda. Daging kunyit berwarna lebih pekat yakni oranye kemerahan, sementara temulawak biasanya berwarna kuning pudar. Tak hanya itu, biasanya temulawak memiliki rasa yang lebih pahit dibanding kunyit.

Apa Manfaat Temu Lawak?

Foto: www.unsplash.com

Berikut beberapa manfaat temu lawak yang dapat berdampak baik bagi tubuh.

Antioksidan alami

Menurut sebuah penelitian, curcuma xanthorrhiza merupakan sumber antioksidan alami sehingga dapat digunakan sebagai suplemen makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan hati. Mengingat bahwa tumbuhan ini memiliki aktivitas hepatoprotektif, yakni melindungi hati.  

Selain itu, antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas ini juga dapat merusak kesehatan kulit.  

Melemahkan hepatitis

Kunyit Jawa berfungsi dapat melemahkan hepatitis, yakni dengan cara menurunkan degenerasi hidropik dan limfosit pada hati yang diinduksi alkohol. Temulawak mengandung xanthorrizol dan curcuminoid yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Menurunkan kolesterol

Manfaat temu lawak selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau (low-density lipoprotein). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak methanol dan minyak rimpang curcuma xanthorrhiza dan C. domestica bisa menghambat oksidasi LDL.

Baca Juga :  Apakah Kamu Menderita Anemia? Konsumsi Makanan Penambah Darah Ini

Merawat kesehatan mulut

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa nanoemulsions minyak curcuma xanthorrhiza (Xan) menunjukkan efek antimikroba yang stabil dan kuat. Sehingga dapat digunakan dalam perawatan kesehatan mulut.

Sebagai obat herbal

Ekstrak kunyit Jawa ini memiliki potensi untuk menyebabkan interaksi obat herbal dengan obat-obatan yang dimetabolisme oleh enzim UGT (glukuronosiltransferase) dan GST (glutathione transferase), yang berperan pada bilirubin.

Dalam penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak curcuma xanthorrhiza tidak adanya efek toksik yang dapat mengganggu penggunaan tanaman ini sebagai pengobatan tradisional.

Meningkatkan nafsu makan

Kunyit Jawa dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Untuk itu, biasanya tanaman ini diolah menjadi suplemen makanan yang dapat mempercepat proses pengosongan perut, sehingga nafsu makan akan kembali meningkat.

 Anti-inflamasi

Xanthorrhizol (XNT) yang merupakan ekstrak dari temulawak memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa protein pro-inflamasi COX-2 dan iNOS yang sangat terkait dengan peradangan kulit sehingga dapat membantu mengurangi peradangan.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Temulawak?

manfaat temu lawak
Foto: www.pexels.com

Selain ditambahkan ke dalam bahan masakan lainnya, kunyit Jawa ini juga bisa kamu mengonsumsinya sebagai jamu. Untuk itu, siapkan 2 temulawak, lalu cuci bersih dan kupas. Setelah itu iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Kemudian, rebus ramuan hingga mendidih dan kamu bisa meminumnya sebanyak dua kali sehari.

Sementara jika kamu ingin mendapatkan manfaat temu lawak dengan mudah, maka konsumsilah suplemen kunyit Jawa yang bisa kamu temukan di pasaran. Pastikan mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk pada label produk atau berkonsultasi dengan dokter.

Apakah Temulawak Aman untuk Dikonsumsi?

Foto: www.freepik.com

Umumnya, temulawak aman untuk digunakan. Namun, ada baiknya untuk menghindari konsumsi temulawak selama kehamilan dan menyusui. Selain itu, hindari tanaman tersebut ketika memiliki penyakit hati dan masalah kandung empedu.

Baca Juga :  Suka Bikin Jus? Metode Ini Memastikan Semua Nutrisi Tidak Hilang

Ketika kamu mengonsumsi kunyit Jawa dengan dosis yang besar, maka hal ini dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Pastikan berkonsultasi dengan dokter ketika kamu menunjukkan gejala-gejala yang aneh setelah mengonsumsi temulawak.

Rekomendasi Produk

Berikut 8 produk rekomendasi yang bisa kamu wajib.

Kiehl’s Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Masque

Masker wajah yang satu ini diformulasikan dengan turmeric dan biji cranberry yang dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah, halus, dan bercahaya. Produk berwarna kuning dengan tambahan granule dari cranberry, menjadikan produk ini tetap terasa nyaman ketika digunakan.

Innertrue Bright & Glow Skin Nutrition Gel Crème

Dengan tekstur yang ringan, menjadikan produk ini dapat langsung menyerap pada kulit dengan cepat. Mengandung bahan-ahan alami, termasuk lidah buaya, turmeric, dan green tea tentunya membuat Innertrue Bright & Glow Skin Nutrition Gel Crème bisa menutrisi, melembapkan, sekaligus melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Andalou Naturals Turmeric + C Enlighten Serum

Kombinasi turmeric dengan vitamin C yang terkandung dalam produk ini dapat membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari, serta meningkatkan warna kulit agar menjadi lebih cerah dan merata. Berasal dari bahan alam sebanyak 98%, serum ini dapat menutrisi kulit dengan maksimal dan menjadikan kulit lebih kenyal dan bekas jerawat memudar.

Peach & Lily The Good Acids Pore Toner

Toner pengatur pH ini dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati secara lembut, sehingga pori-pori menjadi bersih dan siap untuk menyerap bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit selanjutnya.

Diformulasikan dengan ektrak tumbuhan seperti kunyit dan cape lilac, serta allantoin, menjadikan produk ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk sensitif, Seiring berjalannya waktu, warna toner ini mungkin akan sedikit berubah karena bahan-bahan alami yang digunakan, akan tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena formulanya akan tetap kuat dan stabil.

Baca Juga :  Tanya Ahli: Bagaimana Cara Menggunakan Kalkulator Masa Subur?

Volition Beauty Turmeric Brightening Polish

Scrub yang satu ini diformulasikan dengan micronized walnut shell yang dapat membantu pengelupasan kulit, sementara ekstrak kunyit yang terkandung dalam produk ini dapat mencerahkan kulit dan meminimalisir tanda-tanda penuaan.  

Tidak hanya itu, campuran minyak zaitun juga dapat memberikan kelembapan. Sehingga lulur ini juga bisa kamu gunakan sebagai produk perawatan kulit sehari-hari.

Clarins Double Serum

Serum anti-penuaan ini diformulasikan dengan 21 ekstrak tumbuhan, termasuk kunyit. Produk tersebut juga dapat menyerap dengan cepat ke dalam kulit. Jika kamu sedang mencari produk yang dapat mengencangkan, menghaluskan, dan meningkatkan kecerahan wajah, tentunya Clarins Double Serum merupakan solusi yang tepat.

Sunday Riley C.E.O Glow Vitamin C + Turmeric Face Oil

Minyak wajah yang mengandung vitamin C, kunyit, dan minyak primrose ini dapat mencerahkan, melembapkan, dan membuat kulit lebih bersinar. Ekstrak akar jahe yang terkandung dalam produk ini juga bisa meratakan warna kulit sehingga sangat cocok digunakan untukmu yang memiliki masalah kulit kusam, gelap, dan kering.

Kora Organics Turmeric BHA Brightening Treatment Mask

Memiliki masalah kulit kusam dan bintik gelap akibat hiperpigmentasi? Cobalah gunakan Kora Organics Turmeric BHA Brightening Treatment Mask. Dengan kandungan turmeric, masker organik ini dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit.

Tak hanya itu, pori-pori wajah yang tersumbat juga bisa dibersihkan dengan mudah dengan penggunaan produk ini. Berkat kandungan antioksidan yang ada, tentunya bisa digunakan untuk melawan kerusakan akibat sinar matahari.