Kaya Akan Nutrisi, Ini 6 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Manfaat susu kambing
Foto: www.freepik.com

Dari banyaknya produk susu, sebagian orang mungkin lebih memilih susu sapi yang mudah didapatkan di pasaran. Akan tetapi ternyata ada juga yang lebih menyukai susu kambing untuk dikonsumsi. Pasalnya, beragam manfaat susu kambing dapat dirasakan langsung oleh tubuh maupun kulit.

Tertarik untuk mulai mencobanya? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui dampak baik dari produk susu yang satu ini.

Apa Itu Susu Kambing?

Foto: www.unsplash.com

Susu yang berasal dari kambing ini merupakan jenis produk susu yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Produk ini terasa lebih kental dan lebih lembut daripada susu sapi atau nabati. Tak hanya itu, goat milk juga menawarkan lebih banyak nutrisi yang memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.

Dalam satu cangkir  (8 ons) susu kambing mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, yakni:

  • 170 kalori
  • 9 gram protein
  • 10 gram lemak
  • 11 gram karbohidrat
  • 11 gram laktosa
  • 330 mg kalsium

Apa Manfaat Susu Kambing?

Manfaat susu kambing
Foto: www.freepik.com

Bagi sebagian orang mungkin susu kambing dianggap lebih baik daripada susu sapi, hal ini didasari oleh sejumlah dampak baik yang dihasilkan.

Tinggi protein

Di banding dengan susu sapi standar, susu kedelai, atau susu kacang, susu kambing ternyata memiliki lebih banyak protein per porsinya. Pasalnya dalam satu gelas susu tersebut mengandung 9 gram protein dan kandungan ini lebih mudah untuk dicerna sehingga tubuh dapat memanfaatkannya dengan mudah.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang berasal dari makanan lain. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena tubuh akan terasa lebih sehat dengan asupan nutrisi yang baik.

Namun sebaliknya, susu sapi diketahui dapat mengganggu penyerapan mineral utama seperti zat besi dan tembaga ketika dikonsumsi dalam makanan yang sama.

Menjaga kesehatan pencernaan

Ternyata susu kambing memiliki kandungan karbohidrat ‘prebiotik’ yang lebih tinggi dibanding susu sapi. Hal ini dapat membantu memelihara bakteri baik yang hidup di dalam usus, sehingga dapat membantu menjaga saluran pencernaan.

Menjaga tekanan darah

Berkat kandungan kalsium dan kalium yang ada dalam susu kambing dan yoghurt, ternyata hal tersebut dapat menjaga tekanan darah yang ada dalam tubuh. Dalam 200 ml goat milk, kandungan tersebut menyediakan 30% dan 17% mineral yang dalam diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menjadi salah satu bahan penting yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Melembapkan kulit

Kandungan asam laktat yang ada di dalam susu kambing dapat bekerja dengan maksimal untuk mempertahankan kelembapan kulit. Asam alfa-hidroksi (AHA) juga dapat menghidrasi dan mengelupaskan kulit dengan lembut. Dengan konsentrasi AHA yang rendah juga dapat merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Memperbaiki kulit

Tidak hanya asam laktat, susu yang dikenal dengan goat milk ini juga mengandung asam lemak yang dapat membantu memperbaiki pelindung kulit. Tak hanya itu, probiotik serta vitamin A yang ada juga dapat mendorong pertumbuhan kulit dan membantu pengelupasan kulit dengan lembut.

Bagaimana Cara Menggunakan Susu Kambing?

Manfaat susu kambing
Foto: www.freepik.com

Jika kamu belum pernah mengonsumsi susu kambing dan penasaran ingin mencobanya, maka yoghurt merupakan pilihan yang tepat untuk kamu coba.  Yoghurt yang terbuat dari goat milk memiliki tekstur yang mirip dengan yoghurt susu sapi.

Akan tetapi aromanya akan lebih kuat, sehingga mengingatkan kita pada rasa khas dari keju yang berasal dari susu kambing. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa menambahkan produk olahan susu ini dengan bahan makanan lain.

Sementara jika kamu ingin mendapatkan manfaat susu kambing pada kulit, maka kamu bisa menggunakan produk-produk perawatan yang mengandung goat milk. Namun, pastikan bahwa produk tersebut tidak akan menimbulkan alergi pada kulit. Untuk itu kamu perlu melakukan uji coba dengan menempelkannya ke kulit belakang telinga dan melihat hasilnya dalam satu hari.

Apakah Susu Kambing Aman untuk Dikonsumsi?

Manfaat susu kambing
Foto: www.freepik.com

Meski memiliki beragam manfaat, tetapi susu kambing memang bukan minuman yang sempurna. Karena terdapat beberapa alasan yang membuat susu kambing tidak bisa dikonsumsi oleh sebagian orang:

Tidak bebas laktosa

Sama seperti susu sapi, susu yang berasal dari kambing ini tetap mengandung laktosa. Mungkin bagi sebagian orang, mengonsumsi goat milk dianggap lebih mudah untuk dicerna. Akan tetapi bagi seseorang yang tidak toleran terhadap laktosa, maka kamu perlu menghindari produk ini.

Lebih banyak kalori

Sebenarnya, susu kambing memiliki lebih banyak kalori per porsinya dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Tentunya mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ketika kamu sedang berusaha untuk menjaga pola makan dengan mengurangi asupan kalori, maka tidak dianjurkan untuk meminum susu kambing dalam jumlah yang banyak.

Produk Rekomendasi

Berikut produk perawatan kulit yang mengandung goat milk.

The Bath Box Goats Don’t Lie Liquid Soap Original

Dengan kandungan goat milk, olive oil, shea butter, dan jojoba oil, membuat sabun mandi ini dapat membersihkan, menjaga kelembutan, serta kelembapan kulit. Produk ini cocok digunakan untuk kulit sensitif, eksem, dan psiorasis karena diformulasikan dengan detergen free dan preservative free.

Seperti sabun mandi pada umumnya, The Bath Box Goats Don’t Lie Liquid Soap Original juga bisa kamu gunakan ke seluruh badan, namun pastikan untuk menghindari area mata.

Tony Moly Goat Milk Moisture Toner

Produk dengan tekstur yang agak kental ini dapat diaplikasikan secara langsung pada wajah tanpa bantuan kapas. Namun jangan khawatir karena toner ini dapat mudah menyerap dan mempersiapkan wajahmu dengan sangat baik untuk menerima rangkaian produk perawatan wajah selanjutnya.

Dengan membantu mengangkat sisa kotoran dan makeup, produk ini juga bisa menjaga kelembapan kulit sehingga cocok digunakan untukmu yang memiliki kulit sensitif dan kering.

Beekman 1802 Pure Goat Milk Whipped Body Cream

Krim yang kaya akan vitamin dan mineral ini mengandung susu kambing yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat digunakan sebagai eksfoliasi alami yang memudahkan pembersihan pori-pori kulit.

Produk ini memiliki 11 varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki, mulai dari Apricot Honey Tea, hingga Ylang Ylang & Tuberose.

Dionis Hand Cream

Memiliki tiga varian, yakni peach delight, roseberry, dan unscented, membuat hand cream ini dapat membuat kulit tangan, tubuh, atau bagian lainnya terasa lebih lembut dan tentunya cocok untuk digunakan sehari-hari. Diformulasikan dengan susu segar yang penuh vitamin dan protein, membuat produk ini dapat mengisi kelembapan dan melindungi kulit dengan tahan lama.

The Goat Skincare Moisturizing Cream

Sesuai dengan namanya, pelembap kulit tubuh dan wajah ini dapat meningkatkan kelembapan kulit tanpa meninggalkan rasa lengket dan licin yang mengganggu. Diformulasikan dengan fresh goats milk, cranberry, calendula, sunflower, dan ekstrak chamomile, membuat produk ini sangat cocok untuk merawat kulit yang kering, gatal, dan sensitif. Keunggulan dari produk ini adalah bisa digunakan pada seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.