Orang yang Jarang Olahraga Lebih Rentan Mengalami Depresi, Menurut Studi Baru

rajin berolahraga
Foto: www.gettyimages.com
Last updated:

Mungkin pandemi, jaga jarak dan lebih sering ada di rumah membuat kamu yang tadinya rajin berolahraga, menjadi lebih… well, jarang menggerakkan badan. Saatnya kembali meningkatkan rutinitas berolahraga. Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris menemukan orang yang kebugaran otot dan aerobiknya lebih rendah dua kali lebih tinggi mengalami depresi.

Berbeda dengan studi sebelumnya yang mayoritas bersifat self-reporting, studi terbaru ini langsung melibatkan dan mengamati partisipannya. Sebanyak 152.978 orang terlibat dengan usia antara 40 hingga 69 tahun.

Di awal studi, baseline kebugaran aerobik mereka dites dengan menggunakan stationary bike dengan resistensi yang meningkat, sementara kebugaran otot diukur dengan tes grip strength. Mereka juga menyelesaikan kuisioner untuk mengukur gejala anxiety dan depresi.

Tujuh tahun kemudian, para peneliti mengetes lagi para partisipan ini untuk mengenali gejala-gejala depresi dan anxiety. Hasilnya? Mereka yang kebugaran otot dan aerobiknya lebih tinggi di awal studi memperlihatkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik tujuh tahun kemudian.

Sementara mereka dengan kebugaran otot dan aerobik yang paling rendah memiliki kecenderungan mengalami depresi hingga 98%, 60% anxiety, dan 81% mengalami salah satu kelainan kesehatan mental. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang lebih bugar.

Faktor seperti diet, status sosioekonomi, penyakit kronis, dan gejala-gejala penyakit mental juga diperhatikan oleh para peneliti.

“Penemuan kami memperlihatkan bahwa mendorong orang untuk lebih rajin berolahraga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan publik, meningkatkan kesehatan fisik dan mental,” jelas Dr Joseph Hayes, salah satu penulis.

Dan penelitian ini juga membuktikan bahwa kombinasi olahraga kardio dan kekuatan dan resisten memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan hanya olahraga aerobik atau otot.

Para peneliti juga mengakui bahwa pandemi yang menyebabkan lockdown dan banyak gim tutup, membuat orang semakin jarang berolahraga. Namun dengan penemuan ini, para peneliti berharap orang-orang lebih rajin berolahraga karena kesehatan fisik bisa mencegah kita mengalami gangguan kesehatan mental.

Selanjutnya: Miliki dua alat ini untuk tetap bugar di rumah.