Ingin Peredaran Darah Lancar dan Terhindar Stroke? Lakukan Gerakan Super Sederhana Ini

Foto: www.gettyimages.com

Jika kamu sering melakukan peregangan kaki, entah karena terbiasa atau iseng, kamu akan menuai hal baik dari kebiasaan sederhana ini. Sebuah studi yang diterbitkan oline di Journal of Physiology menunjukkan bahwa manfaat peregangan kaki ternyata signifikan bagi kesehatan, yakni meningkatkan peredaran darah di seluruh tubuh.

Pada studi ini, para peneliti membagi 39 orang sehat ke dalam dua grup. Grup pertama tidak melakukan peregangan, sementara grup lain melakukan empat jenis peregangan lima kali dalam seminggu selama 12 minggu. Peregangan ini fokus pada panggul, lutut, dan pergelangan kaki. Setiap peregangan dilakukan selama 45 detik dengan 15 detik pemulihan.

Lalu apa yang ditemukan oleh studi ini? Ternyata, pembuluh darah di bagian bawah kaki dari peserta yang melakukan peregangan memiliki peredaran darah yang lebih baik dan tidak kaku. Menariknya lagi, peserta dalam grup ini juga memiliki tekanan darah lebih rendah di akhir studi dibandingkan bacaan awal mereka.

Kira-kira apa yang kaitan antara peregangan kaki dan peredaran darah? Para peneliti berspekulasi bahwa peregangan tubuh bagian bawah menyebabkan otot-otot menekan pembuluh darah di paha dan kaki. Hal ini membuat tubuh merilis senyawa-senyawa kimia yang melebarkan pembuluh darah sehingga lebih banyak darah bisa masuk. Dan ternyata efek yang sama juga menjalar hingga ke bagian tubuh atas. Pembuluh darah pada lengan bagian atas juga melebar.

Tidak hanya itu. Para peneliti juga mencatat bahwa gerakan kaki ini bermanfaat mencegah penyakit jantung, stroke, bahkan diabetes. Pasalnya, penyakit-penyakit ini berhubungan dengan aliran peredaran darah yang kurang. Ini artinya, gerakan peregangan sederhana ini bisa dipakai sebagai salah satu bentuk intervensi kesehatan, terutama untuk membantu mereka orang-orang yang memiliki masalah mobilitas dan tidak bisa berolahraga dengan teratur.

Selanjutnya: Jangan pernah melewatkan sesi pemanasan saat berolahraga, karena pemanasan memiliki banyak manfaat. Cek di sini. Oh, apakah gim di sekitarmu tutup karena pandemi? Kamu hanya perlu dua alat ini untuk tetap bugar saat di rumah.

podcast button