Olahraga 11 Ini Menit Bisa Meningkatkan Kesehatan, Kata Studi

olahraga bodyweight
Foto: www.freepik.com

Tunjuk tangan tinggi-tinggi siapa yang memiliki “rajin olahraga” sebagai resolusi tahun baru. Kamu tidak sendirian—LIMONE dan mungkin jutaan orang di muka Bumi ini juga mungkin mempunyai target yang sama. Namun tahukah kamu bahwa ada sebuah jenis olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan, dan tidak perlu dilakukan dalam durasi lama? Bahagia ya, mendengarnya. Menurut sebuah studi baru dari McMaster University yang diterbitkan di International Journal of Exercise Science, olahraga bodyweight dasar tetap masih bisa kamu andalkan untuk menjaga kesehatan. Dan oh, kamu tidak perlu melakukannya berjam-jam.

Apa yang Dilakukan Penelitian ini?

Untuk studi ini, para peneliti ingin melihat bagaimana olahraga bodyweight-style interval bisa meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, yang merupakan cara tepat untuk mengukur kesehatan dan risiko menderita penyakit. Hal ini juga menjadi indikator umur panjang.

Dengan kata lain, kebugaran kardiorespirasi adalah tentang seberapa baik performa jantung, paru-paru, dan otot saat melakukan aktivitas fisik. Sistem sirkulasi (jantung) dan pernafasan (paru-paru) mendapatkan oksigen untuk otot-otot selama olahraga. Semakin baik kebugaran kardiorespirasi seseorang, semakin baik tingkat ketahananmu (endurance).

Dalam penelitian ini, para partisipan menyelesaikan enam minggu pelatihan, dan melakukan 5BX atau Five Basic Exercises sebanyak tiga kali seminggu. FYI, bentuk latihan ini diciptakan pada 1950an untuk Angkatan Udara Kanada. Latihan 5BX tidak membutuhkan alat apa pun, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan per individu.

Apa Efek Olahraga Bodyweight Bagi Kesehatan?

Berapa lama durasi 5BX? 11 menit dengan 60 detik di setiap sequens: burpees, high knees, split squat jumps, high knees, dan squat jumps. Saat melakukan latihan ini, para peneliti meminta partisipan untuk mempraktikkannya dalam kecepatan yang “menantang”. Studi ini memperbolehkan partisipan untuk mengambil istirahat pendek, istirahat aktif di antaranya (berjalan). ini artinya secara teknis, latihan 11 menit ini termasuk dalam high-intensity interval training (HIIT).

Setelah enam minggu berlalu, para partisipan yang mengikuti rencana pelatihan ini memperlihatkan kebugaran kardiorespirasi yang lebih tinggi dibandingkan grup yang tidak berolahraga.

Hasil penelitian ini merupakan kabar baik, terutama di situasi di pandemi dan pemberlakuan restriksi. Ini artinya, kamu bisa tetap menjaga kesehatan dengan melakukan latihan bodyweight sederhana. Yep, dengan kata lain, resolusi “rajin olahraga” menjadi satu langkah lagi untuk menjadi kenyataan.

Selanjutnya: Ini Segala Hal yang Harus Kamu Tahu tentang HIIT.