Begini Cara Memakai Minyak Zaitun agar Rambut Sehat dan Bersinar

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Tren hair oil datang dan pergi super cepat terkadang membuat kita pusing, dan tidak semua bertahan. Kalau kata Drake, “Only the real is going to last.” Dan uh-uh, hanya hair oil terbaik yang bertahan melewati berbagai musim dan cobaan, salah satunya manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Ah, kamu sebenarnya sudah penasaran dengan minyak zaitun dan ingin memakainya di rambut—tapi ragu. Keraguanmu ini bisa dimengerti, karena tidak semua minyak natural cocok untuk rambut.

Plus, kecocokan hair oil juga dipengaruhi oleh tipe rambut dan kondisi kulit kepalamu. Ingin tahu lebih tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Baca artikel ini sampai habis untuk manfaat minyak zaitun untuk rambut, dan semoga setelahnya kamu tidak ragu lagi mengaplikasikan olive oil ke helai-helai rambut tersayangmu.

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut?

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut | | Begini Cara Memakai Minyak Zaitun agar Rambut Sehat dan Bersinar
Foto: www.canva.com

Berikut manfaat minyak zaitun untuk rambut yang wajib kamu tahu:

Menjaga kelembapan rambut

FYI, agar tetap sehat, rambut harus bisa menjaga kelembapan dan menyimpan nutrisi. Namun oleh karena kita masih hidup di dunia, dua hal ini sering kali menipis karena pemakaian alat-alat panas, dan bahan-bahan kimia yang berasal dari produk rambut.

Selain itu, rambut juga membutuhkan perlindungan dari kerusakan yang disebabkan lingkungan sekitar, seperti sinar matahari dan polusi; yep, ini ada kaitannya dengan radikal bebas.

Kerusakan ini harus dicegah, karena ketika rusak, rambut menjadi lebih berpori. Dengan kata lain, air yang terkandung di dalamnya lebih cepat hilang.

Di sinilah olive oil menjadi penyelamat rambut (dan hidup): menghidrasinya. Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal dan rambut memiliki kemampuan menyerap lemak jenis ini. Dan ketika minyak zaitun diserap ke dalam rambut, minyak ini bisa membantu rambut mempertahankan hidrasi.

Menetralisir kerusakan akibat radikal bebas

Tidak hanya itu, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga mengandung antioksidan dalam jumlah banyak dari vitamin E dan K. Antioksidan ini membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas.

Mengurangi kerontokan

Selain menjaga kelembapan, sebuah penelitian juga menunjukkan minyak zaitun bisa berfungsi sebagai lubrikan untuk helai-helai rambut sehingga mengurangi kerontokan.

Begini penjelasannya: kerusakan rambut bisa terjadi saat kita keramas. Pasalnya, pada saat rambut basah, itu adalah kondisi terlemahnya.

Dan ketika kita menambahkan surfaktan dari sampo dan menggosokkannya ke rambut, terjadi friksi di antara helai rambut. Friksi ini bisa meregangkan dan memecahkan kutikula.

Dan di sinilah minyak zaitun lagi-lagi menjadi penyelamat. Ketika minyak diaplikasikan sebelum keramas, selaput minyak zaitun meminimalisir kerusakan ini.

Minyak Zaitun Seperti Apa yang Baik untuk Rambut?

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Harus diperhatikan bahwa segala manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa didapatkan ketika memilih jenis yang tepat.

Dalam hal ini adalah extra-virgin organic olive oil, yang mengalami paling sedikit proses olahan dan mengandung lebih banyak nutrisi seperti yang disebutkan di atas. Ini adalah jenis minyak zaitun terbaik, dan lebih sehat untuk rambut kamu.

Namun, jika kamu tidak sempat membuat ramuan atau resep masker rambut, kamu juga bisa memilih produk siap pakai. Coba cari minyak zaitun yang dicampur dengan tea tree oil atau madu, yang biasanya aman dipakai segala jenis rambut.

Apakah Minyak Zaitun Memiliki Efek Samping?

manfaat minyak zaitun untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Manfaat minyak zaitun untuk rambut memang ada banyak. Namun satu hal: kamu yang memiliki masalah ketombe dan kulit kepala kering, mungkin harus berhati-hati menggunakan olive oil.

Soalnya, minyak zaitun bisa menggemukkan jamur di kulit kepala dan akhirnya memperparah rambut.

Efek samping lainnya adalah jika kamu cenderung memiliki jerawat di bagian punggung atau dada, dan rambutmu cukup panjang menyentuh bagian ini, sebaiknya tidak memakai olive oil. Pasalnya, bisa menyumbat pori-pori dan menambah banyak jerawat.

Dan terakhir: jangan pernah gunakan minyak ini sebelum memakai hair dryer, dan alat-alat rambut panas lainnya. Sebagai informasi, olive oil mudah terbakar, bahkan pada suhu 160 °C, sementara sebagian besar produk panas untuk rambut lebih menghasilkan panas lebih dari itu.

Dengan kata lain, ketika kamu memakai olive oil dan hair dryer, itu sama saja kamu sedang membakar rambut sendiri.

Jenis Rambut Apa yang Cocok Memakai Olive Oil?

Seperti yang disebutkan di atas, pemakaian juga harus memperhatikan jenis dan kondisi agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk rambut secara maksimal.

Pastinya, kamu yang memiliki rambut kering atau keriting akan berterima kasih bahwa minyak zaitun eksis di dunia ini. Pasalnya, jenis rambut ini biasanya lebih berpori sehingga kehilangan kelembapan lebih cepat.

Dan teksturnya berkelok-kelok, membuat tipe rambut ini mudah rontok sehingga butuh lebih banyak pelumas, terutama saat sedang kusut dan keramas.

Bagaimana dengan rambut lurus dan tipis? Sejujurnya, minyak zaitun ini akan memberatkan helai-helai rambut dan membuatnya terlihat super greasy, terutama ketika diaplikasikan ke akar rambut.

Untuk kamu yang memiliki jenis rambut ini, mungkin lebih cocok memakai jojoba atau argan oil.

Bagaimana dengan rambut yang diwarnai? Oleh karena minyak ini memiliki warna keemasan, warna bisa berubah mengikuti warna olive oil (apalagi jika dipakai berkali-kali). Jadi, hati-hati saat menggunakan olive oil di rambut berwarna (kecuali memang rambutmu emas atau pirang).

Kesimpulan

olive oil for hair 2 | | Begini Cara Memakai Minyak Zaitun agar Rambut Sehat dan Bersinar
Foto: www.freepik.com

Ada banyak ‘kan manfaat minyak zaitun untuk rambut? Sekarang sudah semakin yakin akan menggunakan minyak zaitun untuk rambut kamu?

Ada banyak cara memakai olive oil sebagai bagian dari perawatan rambut. Berikut beberapa metode yang bisa kamu terapkan.

Sebagai perawatan sebelum keramas

Sebelum keramas, aplikasikan minyak ini secara merata (jumlahnya tergantung pada ketebalan dan panjang rambut). Jika rambutmu super kering, silakan mengoleskannya ke seluruh bagian rambut.

Sementara jika kamu memiliki kulit kepala berminyak, aplikasikan pada bagian tengah hingga ujung rambut.

Sebagai perawatan ujung rambut

Memang sih, satu-satunya cara mengatasi ujung bercabang adalah dengan memotongnya. Namun agar penampakan rambut tidak mengerikan, coba aplikasikan sedikit minyak ini ke bagian ujung rambut.

Sebagai perawatan menghaluskan rambut kasar

Mengaplikasikan minyak zaitun ke bagian kering, akan membuat rambut terlihat lebih sehat. Caranya: teteskan sedikit olive oil ke jari dan aplikasikan ke rambut. Fokuslah pada bagian garis atau belahan rambut.

error: Konten dilindungi !!