Mau Pakai Masker Kopi? Ini Ternyata 3 Manfaatnya Untuk Rambut

Manfaat kopi untuk rambut
Foto: www.canva.com

Kopi memiliki daftar manfaat yang panjang yang diklaim baik untuk tubuh. Bahkan beberapa waktu lalu, bahan alami ini ramai diperbincangkan karena diduga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Lantas benarkah terdapat manfaat kopi untuk rambut?

“Kopi sebenarnya dikatakan dapat mengaktifkan sel pada folikel rambut. Namun penggunaan kopi yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko meningkatnya iritasi. Hal ini bisa ditandai dengan adanya kemerahan dan gatal di kulit kepala,” ujar dr. July Iriani Rahardja SpDV, MM, seorang Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dari RS Karya Medika Bekasi dan Bekasi Skin Center.

Apa Saja Manfaat Kopi untuk Rambut?

Manfaat kopi untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, tidak banyak studi yang mendukung penggunaan kopi pada rambut. Tetapi menurut penelitian yang tersedia, kandungan kafein di dalam kopi dalam memperbaiki penampilan dan tekstur rambut.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Sering bertambahnya usia, rambut rontok pun menjadi masalah yang umum terjadi baik bagi pria maupun wanita. Ternyata mengaplikasikan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorongnya untuk tumbuh kembali.

Menurut sebuah penelitian, kafein dapat membantu memblokir efek DHT (dihidrotstosteron) pada rambut pria. Ini dapat merangsang pemanjangan rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang, serta memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Dalam studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita. Di mana ditemukan bahwa kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut wanita.

Karena kafein merupakan stimulan, bahan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Sehingga dapat membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat dan kuat.

Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Jika rambutmu tampak kusam, rapuh, dan kering, maka penting untuk menggunakan pelembap yang dapat memperbaiki masalah tersebut.

Anehnya, membilas rambut dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut yang kusam karena bahan alami ini mengandung flavonoid, antioksidan yang dapat mendorong regenerasi rambut.

Nantinya batang rambut bisa berubah menjadi lebih halus dan rambut pun akan lebih mudah untuk diurai. Karena kafein memiliki efek diuretik pada tubuh, mungkin beberapa orang mengira bahan alami ini dapat membuatnya menjadi kering setelah diaplikasikan.

Namun kenyataannya, kafein tidak akan menghilangkan minyak pada rambut.

Sebaliknya, kandungan tersebut dapat membantu mengunci kelembapan dan menciptakan kilau alami. Peningkatan sirkulasi darah dapat membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, sehingga dapat menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

Menghilangkan uban

Untukmu yang ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami, ini merupakan manfaat kopi untuk rambut yang bisa diperoleh. Sebab, bahan alami ini berwarna gelap sehingga dapat menyembunyikan helaian rambut beruban.

Untuk hasil terbaik, cobalah gunakan kopi kental seperti espresso.  

Bagaimana Cara Membuat Masker Kopi?

Manfaat kopi untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Baik untuk menghentikan kerontokan rambut, mewarnai rambut, atau memperbaiki tekstur rambut, kamu bisa membuat masker kopi dengan sederhana.

Siapkan beberapa bahan di antaranya adalah:

  • Dua sampai empat cangkir kopi yang diseduh dan didinginkan
  • Botol semprot atau aplikator
  • Shower cap

Cobalah untuk menyiapkan dua sampai empat cangkir kopi yang telah diseduh. Ini akan tergantung dengan panjang rambutmu. Kemudian biarkan kopi benar-benar menjadi dingin dan tuangkan minuman tersebut ke dalam botol semprot.

Setelahnya cuci dan kondisikan rambut seperti biasanya. Saat rambut masih dalam kondisi yang basah, semprot atau oleskan kopi yang telah diseduh tadi.

Jangan lupa untuk memberikan pijatan selama beberapa menit. kemudian kenakan topi mandi dan diamkan selama 20 menit. Bilas kopi dengan air dingin atau hangat, kemudian kamu bisa mengeringkannya dengan benar.

Penting untuk diingat bahwa kamu perlu menunggu kopi hingga benar-benar dingin sebelum memindahkannya ke botol semprot dan diaplikasikan ke rambut. Hal ini bertujuan untuk menghindari kulit kepala terbakar.

Haruskah Mengaplikasikan Kopi secara Topikal?

haruskah mengaplikasikan kopi secara topikal | | Mau Pakai Masker Kopi? Ini Ternyata 3 Manfaatnya Untuk Rambut
Foto: www.freepik.com

Agar mendapatkan manfaat kopi untuk rambut, maka penggunaannya harus dioleskan secara langsung. Jika  kamu meminum kopi setiap hari, mungkin berasumsi bahwa cangkir harian ini akan cukup untuk merangsang pertumbuhan atau memperbaiki tesktur dan penampilan rambut.

Tetapi untuk mendapatkan efek stimulasi yang sama seperti dioleskan secara topikal, kamu perlu mengonsumsi sekitar 50-60 cangkir kopi sehari. Padahal rata-rata secangkir kopi atau setara dengan delapan ons, mengandung sekitar 80-100 miligram kafein.

Menurut Administrasi Obat Federal, hanya direkomendasikan mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari atau sekitar 400 mg.

Sedangkan 50 cangkir kopi berarti mengonsumsi sekitar 1200 mg kafein, hal ini bisa menyebabkan kejang sehingga sangat tidak dianjurkan.

Oleh karena itu, cara paling aman menggunakan kopi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatannya adalah dengan mengoleskan kopi secara topikal dan memijat ke rambut dan kulit kepala.

Rekomendasi Produk

Hask Biotin Boost Thickening Conditioner

Produk perawatan rambut ini diperkaya dengan biotin, kolagen, dan kopi yang dapat melembapkan sekaligus memberikan volume pada rambut. Nantinya mahkotamu pun akan terlihat lebih tebal, serta akar rambutnya menjadi lebih kuat.

Selain itu, Hask Biotin Boost Thickening Conditioner juga dapat mengurangi rambut yang rontok.

Aplikasikan produk ini setelah kamu mencuci rambut. Oleskan kondisioner ke seluruh bagian rambut dengan merata, namun jangan sampai mengenai daerah kulit kepala. Diamkan selama dua hingga tiga menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Herbal Essences Arabica Coffee Fruit Shampoo

Menggunakan ekstrak kopi dari Etiopia, membuat sampo yang satu ini mampu menutrisi rambut supaya lebih berkilau dan bervolume. Dengan menawarkan aroma kopi yang lezat, menjadikan produk ini dapat memberikan efek relaksasi ketika digunakan.

Kamu bisa menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

SNP Prep Cafferonic Shampoo

Sampo yang satu ini mampu membersihkan sekaligus menutrisi rambut berkat kandungan ekstrak biji kopi di dalamnya.

Selain itu, hyaluronic acid, empat jenis probiotik, dan asam amino yang terkandung juga mampu mengurangi sebum dan minyak berlebih. Sehingga rambut akan tetap sehat, kuat, dan pastinya mengurangi masalah rambut rontok.

Untungnya, produk ini menggunakan surfaktan alami dari kelapa yang dapat menghasilkan busa lembut. Sehingga sangat aman untuk dipakai pada kulit sensitif.

Hask Biotin Boost Thickening Shampoo

Dengan kandungan biotin yang ada di dalamnya, sampo ini benar-benar efektif untuk mengatasi rambut rontok. Apalagi dengan tambahan kolagen dan kopi, membuatnya dapat lebih bervolume dan tampak lebih kuat.

SNP Prep Cafferonic Treatment

Punya banyak masalah rambut? Cobalah untuk menggunakan SNP Prep Cafferonic Treatment.

Soalnya produk ini mengandung ekstrak biji kopi, lima macam hyaluronic acid, 17 jenis asam amino, dan hydrolyzed elastin yang dapat membuat rambut terasa lebih halus, berkilau, dan tidak rontok.

Aplikasikan produk ini setelah keramas, diamkan selama 10-20 detik, kemudian bilas sampai bersih.