Tak Hanya Sebagai Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Lain dari Garam Himalaya

manfaat garam himalaya
Foto: www.freepik.com

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata Himalaya? Barisan pegunungan tertinggi yang ada di dunia ini menjadi salah satu tempat dibuatnya garam himalaya. Karena berasal dari tambang garam yang berada di kaki pegunungan, kebanyakan orang mengklaim bahwa manfaat garam himalaya dianggap jauh lebih sehat daripada garam biasanya. Benarkah? Temukan penjelasannya di abwah ini.

Apa Itu Garam Himalaya?

manfaat garam himalaya
Foto: www.freepik.com

Berbeda dengan garam pada umumnya, penyedap rasa yang satu ini secara alami memiliki warna merah muda dengan tekstur yang kasar dan besar. Garam pink ini diambil dari Tambang Garam Khewra yang merupakan salah satu tambang garam tertua dan terbesar di dunia. Bahan yang sering digunakan dalam masakan ini dipanen dan diproses secara minimal agar mempertahankan kealamiannya.

Seperti garam meja biasa, garam himalaya ini sebagian besar terdiri dari natrium klorida. Namun karena dibuat dengan proses yang alami, memungkinkan bahan ini memiliki banyak mineral lain yang tidak ditemukan dalam garam biasa.

Apa Manfaat Garam Himalaya?

manfaat garam himalaya
Foto: www.freepik.com

Berikut manfaat dari garam bertekstur kasar dengan warna merah muda:

Mengandung lebih banyak mineral

Sebagian besar garam biasa dan garam himalaya terdiri dari natrium klorida. Tetapi penyedap rasa berwarna merah muda ini memiliki 84 mineral dan elemen lainnya. Pink himalayan salt mengandung 1.6mg kalsium, 2.8mg potassium, 1.06mg magnesium, 0.03 mg zat besi, dan 368mg sodium.

Meski demikian, jumlah kandungan mineral dalam garam himalaya masih sangat kecil. Sehingga untuk mendapatkan asupan harian yang disarankan, tentunya perlu mengonsumsi makanan lain untuk memenuhinya.

Menurunkan kadar natrium

Garam merah muda dengan kristal yang terbentuk lebih besar dibanding garam meja, tentunya mengandung lebih sedikit natrium per sendok tehnya. Sehingga memiliki rasa yang lebih asin dibanding garam lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang dapat menggunakan lebih sedikit garam himalaya untuk mencapai rasa yang sama seperti garam meja.

Lebih alami

Garam yang berasal dari kaki pegunungan ini diproses secara minimal dan tidak mengandung zat aditif, sehingga diklaim lebih alami dibanding garam lain. Berbeda dengan garam meja yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan anti-penggumpalan, seperti natrium aluminosilikat atau magnesium karbonat.

Membantu untuk menghidrasi tubuh

Natrium memang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Sehingga, penggunaan garam, termasuk pink himalayan salt juga dapat membantu tubuh untuk mencapai keseimbangan cairan yang optimal dan mencegah dehidrasi. Asalkan takarannya sesuai dan tidak berlebihan.

Melembapkan kulit

Kandungan bahan yang ada dalam garam himalaya dapat berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Ketika digunakan dalam sebuah produk kecantikan, tentunya bahan ini bisa menghidrasi, mengisi cairan, dan membuat kulit lebih lembap dan kenyal.

Mengatasi permasalahan kulit

Garam berwarna merah muda ini memiliki kandungan zinc yang bisa membantu mengatasi jerawat. Selain itu, antiinflamasi yang ada juga dapat meredakan kulit kemerahan yang diakibatkan oleh iritasi dan jerawat.

Eksfoliator alami

Garam dengan tekstur yang kasar ini juga bisa membantu proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Namun agar hasilnya lebih maksimal maka disarankan untuk mencampurkannya dengan produk kecantikan lain.

Bagaimana Cara Menggunakan Garam Himalaya?

Foto: www.freepik.com

Dengan banyaknya manfaat pada garam himalaya, maka terdapat beberapa cara untuk menggunakannya, yakni:

Menambahkan dalam masakan

Sebenarnya, penyedap rasa ini bisa ditambahkan ke dalam masakanmu seperti penggunaan garam biasa. Akan tetapi garam bertekstur kasar ini mengandung natrium klorida lebih sedikit dibanding garam meja biasa sehingga perlu diperhatikan lebih lanjut penggunaannya.

Pada orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi garam ini tidak lebih dari 2.300 mg natrium per hari, sama dengan sekitar 1 sendok teh garam halus. Serta jangan lupa untuk memeriksa label nutrisinya. Karena kandungan natrium akan bervariasi pada setiap merek.

Sebagai penambah rasa makanan

Beberapa orang juga menggunakan garam ini untuk memanggang, membakar, atau memberikan rasa asin pada daging. Garam berwarna merah muda tersebut juga dapat ditumbuk secara halus seperti garam meja biasa, sehingga bisa lebih mudah untuk digunakan.

Sebagai bahan perawatan wajah

Garam bertekstur kasar ini akan lebih aman jika digunakan dalam bentuk produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut. Hal ini dikarenakan komposisinya telah diatur dan tentunya akan menghasilkan manfaat garam himalaya yang lebih maksimal untuk kulit.

Adakah Efek Samping dari Garam Himalaya?

manfaat garam himalaya
Foto: www.pexels.com

Meski memiliki beragam manfaat, tetapi garam berwarna pink yang berasal dari kaki Gunung Himalaya ini juga dapat menimbulkan risiko ketika digunakan.

Kurangnya asupan yodium

Yodium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi tiroid dan metabolisme sel yang tepat. Meski garam himalaya secara alami mengandung beberapa yodium, akan tetapi kemungkinan kadarnya lebih sedikit dibanding garam lain. Untuk itu, jika kamu kekurangan yodium atau memiliki risiko kekurangan, maka ada baiknya untuk mencari yodium dari bahan lain seperti telur, ikan, sayuran, dan susu.

Kelebihan natrium

Meski natrium memang dapat bermanfaat bagi tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi bahan ini justru akan berdampak negatif pada kesehatan. Untukmu yang memiliki masalah ginjal, jantung, hati, atau sedang menjalani diet natrium maka perlu membatasi penggunaan garam, termasuk garam himalaya.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan penyakit autoimun dan peningkatan risiko obesitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan langsung antara asupan garam dengan obesitas. Peningkatan asupan garam 1 g per hari, ternyata dapat meningkatkan risiko obesitas pada orang dewasa dan anak-anak lebih dari 25%.

Mengiritasi kulit

Untuk menggunakan garam jenis ini pada kulit, dianjurkan untuk mencampurkannya dengan produk kecantikan lain. Agar komposisi lebih tepat dan aman, maka sebaiknya menggunakan produk kecantikan yang mengandung garam berwarna pink ini.

Selain itu, pemilik kulit sensitif juga perlu berhati-hati dengan teksturnya yang kasar. Untuk itu ada baiknya melakukan uji coba di area kulit lain, atau berkonsultasi dengan dokter agar tidak menimbulkan masalah kulit yang baru.

Produk Kecantikan yang Mengandung Garam Himalaya

Berikut produk perawatan wajah yang mengandung garam merah muda yang berasal dari Himalaya.

Nature Republic Himalaya Salt Cleansing Balm

Pembersih wajah dengan kandungan garam himalaya ini dapat mudah meleleh ketika terkena suhu kulit, sehingga akan terasa sedikit lebih halus. Produk ini efektif untuk membersihkan kotoran dan make up pada wajah, terlebih jika kamu menggunakan riasan yang waterproof. Nature Republic Himalaya Salt Cleansing Balm juga ampuh untuk membantu menenangkan kulit yang iritasi.

Freeman Rejuvenating Cucumber + Pink Salt Clay Mask

Mengandung mentimun dan garam pink himalaya, membuat produk ini dapat membantu eksfoliasi, mendetoksifikasi, dan membersihkan pori-pori kulit. Dengan butiran scrub yang kasar, membuat masker ini perlu digunakan secara hati-hati, terlebih saat akan dibilas. Namun kulit akan terasa bersih, cerah, dan segar setelah menggunakan produk yang satu ini.

Goop G.Tox Himalayan Salt Scalp Scrub

Rambut dan kulit kepala diibaratkan sebagai mahkota bagi sebagian perempuan, untuk itu perlu dirawat sebaik mungkin. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Goop G.Tox Himalayan Salt Scalp Scrub, yang bisa mengatasi permasalahan kulit kepala.

Mulai dari ketombe, minyak berlebih, hingga kotoran yang menempel, semua bisa diatasi dengan produk ini. Aroma rosemary, geranium, jeruk, dan peppermint akan membuatmu merasa lebih rileks setelah menggunakannya.

Blithe Himalayan Pink Salt Cleansing Water

Cleansing water ini mampu bekerja dengan maksimal untuk membersihkan kulit dari sisa-sisa kotoran dan make up. Tidak hanya mengandung garam berwarna pink yang berasal dari Himalaya, namun produk ini juga memiliki 10 ekstrak botanical yang bisa menutrisi sekaligus melembapkan kulit wajah.

Pinklab.co Himalayan Polisher

Scrub yang terbuat dari garam himalaya ini dapat membantu proses peluruhan sel-sel kulit mati, sehingga bisa membersihkan wajahmu dengan maksimal. Tak hanya untuk wajah, produk ini bisa kamu gunakan pada tubuh. Memiliki butiran yang berukuran besar, maka cukup gunakan scrub ini selama dua kali dalam seminggu untuk mencegah munculnya iritasi atau masalah kulit lainnya.