Penasaran Dengan Daun Kelor? Ini 7 Manfaat Hebatnya

manfaat daun kelor
Foto: www.freepik.com

Tak perlu diragukan lagi, daun kelor memang dikenal dengan sebutan tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Mulai dari menjaga tekanan darah hingga memperbaiki tekstur kulit, terdapat beragam manfaat daun kelor yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu penasaran dengan khasiatnya, maka berikut tujuh dampak baik dari tanaman kelor.

Manfaat Daun Kelor

manfaat daun kelor
Foto: www.pexels.com

Daun kelor atau moringa oleifera merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, terdapat beragam manfaat daun kelor yang memiliki dampak baik pada kesehatan tubuh.

Bergizi tinggi

Hampir semua bagian dari pohonnya dapat dimakan atau digunakan sebagai bahan dari obat tradisional. Apalagi bagian daun dan polongnya.

Moringa oleifera merupakan sumber  nutrisi yang sangat baik, karena memiliki banyak vitamin dan mineral. Dalam satu cangkir daun kelor segar atau setara dengan 21 gram, mengandung:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari AKG
  • Vitamin C: 12% dari AKG
  • Zat besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari AKG
  • Vitamin A: 9% dari AKG
  • Magnesium: 8% dari AKG

Meski tinggi gizi, namun daun kelor juga mengandung antinutrisi tingkat tinggi yang dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein

Kaya akan antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Pasalnya, radikal bebas dengan tingkat tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe-2. 

Untungnya, beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan di dalam daun kelor, di antaranya adalah:

Dapat menurunkan kadar gula darah

Ciri utama dari diabetes adalah memiliki gula darah yang tinggi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkait kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. 

Menurut sebuah penelitian, moringa oelifera dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Para ilmuwan percaya bahwa efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanates.

Meningkatkan revitalisasi kulit

Manfaat daun kelor juga dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit wajah. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun kelor dapat menunjukkan efek yang signifikan pada kulit, menjadikan tekstur kulit lebih halus serta dapat menyamarkan kerutan. Sehingga, bahan alami ini dapat mendukung efek anti-penuaan kulit.

Mengurangi peradangan

Sesungguhnya, peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, jika peradangan yang terjadi berjalan dalam waktu yang lama, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

Sebagian besar buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah, pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi. Termasuk daun kelor yang mengandung senyawa isothiocyanates atau senyawa anti-inflamasi yang terdapat pada bagian dalam daun, polong, dan bijinya.

Menurunkan kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, terdapat bahan-bahan alami yang secara efektif dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Begitu pun dengan manfaat daun kelor yang memiliki efek penurun kolesterol yang serupa dengan gandum dan almond.

Melindungi terhadap racun arsenik

Kontaminasi arsenik pada tubuh dengan jangka panjang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Arsenik merupakan salah satu zat alami yang tersebar luas, zat ini bisa ditemukan di dalam air, udara, dan tanah.

Selain itu arsenik juga bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti makanan laut, unggas, susu, hingga daging.

Menurut sebuah penelitian, paparan jangka panjang arsenik pada tubuh dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Menariknya, sebuah studi menunjukkan bahwa daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari beberapa efek toksisitas arsenik.

Efek Samping Daun Kelor

manfaat daun kelor
Foto: www.freepik.com

Meski manfaat daun kelor sangat beragam dan berdampak baik untuk tubuh, terdapat sedikit efek samping yang dialami. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsinya.

Ketika mengonsumsi ekstrak moringa dalam bentuk suplemen makanan, kamu tetap perlu membaca label yang terdapat pada kemasan dan mengikuti petunjuk dosis yang disarankan.

Rekomendasi Produk

Sephora Collection Illuminating Hydrator

Produk yang satu ini terbuat dari moringa dan minyak rose hip yang dapat melembapkan, melembutkan, serta membuat wajah terlihat lebih bercahaya selama 12 jam.

Berkat hal tersebut, kulit yang kusam pun akan terhidrasi dan terkesan lebih cerah. Sehingga kamu dapat memiliki wajah yang halus dan lembut.

Menariknya, produk ini juga dapat kamu jadikan sebagai primer atau bahan dasar ketika menggunakan riasan.

Dew It In The Shower Body Water Oil

Berkat kandungan coconut oil, ricebran oil, almond oil, dan moringa oil, menjadikan produk ini dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal, lembap, dan terhidrasi sepanjang hari. Dengan aplikator semprot yang unik, membuatnya akan lebih mudah untuk menyebarkan manfaat daun kelor pada kulitmu.

Apalagi jika kamu perlu bergegas keluar rumah di pagi hari, maka pelembap ini tidak boleh terlewat untuk digunakan.

Nuxe Moisturising Rich Cream

Krim pelembap yang dapat menghidrasi kulit selama 48 jam ini mampu untuk melindungi kulit sensitif hingga kering. Hal ini berkat kandungan 93,1% bahan alami yang ada di dalamnya, termasuk moringa.

Ketika digunakan dengan rutin, kulit pun akan tampak lebih tenang, segar, dan ternutrisi dengan baik.

Untukmu yang senang harus berpergian keluar rumah, maka produk ini dapat membantu kulitmu agar terlindungi dari debu, polusi, dan kotoran.

Lancôme UV Expert Youth Shield Aqua Gel SPF50 PA++++

Primer make up sekaligus pelembap ini mengandung tabir surya SPF50 yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Diformulasikan dengan antioksidan dari vitamin E, ekstrak daun kelor, dan ekstrak mint, menjadikan produk multifungsi ini mampu menghidrasi dan membuat kulit terasa segar sepanjang hari.

Menariknya, produk ini tidak memberikan hasil akhir yang lengket dan berminyak.

Herbal Essence Bio Smooth Golden Moringa Oil Shampoo

Mengandung antioksidan esensial, membuat produk ini dapat membantu membersihkan dan melindungi rambut. Tak hanya itu, sampo ini juga dapat menambah volume rambut, sehingga wajib digunakan untukmu yang memiliki rambut tipis.

Morr Moringa Facial Cleanser

Jika kamu sedang mencari produk pembersih wajah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan Morr Moringa Facial Cleanser. Pasalnya, produk ini mengandung moringa, centella asiatica, dan green tea leaf yang dapat membantu menghilangkan polusi, kotoran, dan debu.

Selain itu, pembersih wajah ini juga bisa membantu menghilangkan make up. Untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang maksimal, jangan lupa untuk menggunakannya pada pagi dan malam hari.

Boscia Rosehip Omega Face Oil

Diformulasikan dengan moringa oleifera seed oil, jojoba oil, dan rosehip oil, produk ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan asam lemak omega yang dapat melembapkan dan mencerahkan kulit.

Sehingga, untukmu yang ingin memiliki kulit yang bernutrisi, sehat, dan halus, maka jangan lewatkan penggunaan produk yang satu ini.