Selain Mengangkat Kotoran, Ini 5 Manfaat Cleansing Milk Bagi Wajah

manfaat cleansing milk
Foto: www.canva.com

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah, kebanyakan orang pasti ingin segera beristirahat dengan tenang dan nyaman. Namun sebelumnya, kamu wajib mengambil susu pembersih dan mengaplikasikannya di wajah untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan riasan yang menempel. Ternyata tidak hanya itu manfaat cleansing milk! Scroll down untuk tahu lebih lanjut.

Apa Itu Cleansing Milk?

manfaat cleansing milk
Foto: www.canva.com

Produk yang terbuat dari emulsi lemak alami dan air ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut, sehingga tidak akan menghilangkan minyak alami yang ada pada wajah. Meski tidak dibuat dari susu asli, produk ini memiliki bentuk yang menyerupai susu sehingga dinamakan dengan sebutan susu pembersih.

Terkadang masih sulit menghilangkan kotoran sepenuhnya dalam satu tahap. Untuk itu, disarankan agar mengaplikasikan teknik double cleansing agar pembersih wajah ini mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Apa Manfaat dari Cleansing Milk?

manfaat cleansing milk
Foto: www.canva.com

Terdapat berbagai manfaat cleansing milk, di antaranya adalah:

Melembapkan kulit wajah

Susu pembersih memiliki kandungan yang dapat menghidrasi kulitmu, sehingga penggunaan cleansing milk akan meningkatkan kelembapan kulit dan membantu menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal.

Membersihkan pori-pori

Salah satu manfaat cleansing milk adalah dapat membersihkan kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori wajahmu, sehingga sisa makeup yang menumpuk akan terangkat dan membuat pori-pori wajahmu dapat bernapas dengan lega.

Mencegah jerawat

Kotoran, debu, dan makeup yang tersisa di kulit akan semakin menumpuk jika tidak dibersihkan dengan tepat. Hal ini juga dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Untuk itu, salah satu manfaat cleansing milk adalah dapat mencegah munculnya bakteri dan kotoran penyebab jerawat.

Membantu regenerasi sel

Sel-sel kulit mati yang ada pada wajah ternyata bisa diangkat dengan menggunakan susu pembersih. Semakin sering membersihkan kulit mati, maka akan semakin cepat sel kulit baru akan menggantinya dan wajahmu pun akan terbebas dari kusam.

Menyehatkan kulit

Berasal dari emulsi lemak dan air membuat susu pembersih dapat menutrisi wajahmu dengan baik. Sehingga mencuci wajah dengan menggunakan cleansing milk secara teratur dan rutin dapat membantu menyehatkan kulit wajahmu.

Bagaimana Cara Memilih Milk Cleanser?

manfaat cleansing milk
Foto: www.canva.com

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, mulai dari berminyak hingga sensitif. Penting untukmu menyesuaikan kandungan susu pembersih dengan kondisi wajah.

Pilih berdasarkan tipe susu pembersih

Terdapat dua jenis susu pembersih yang beredar di pasaran, yakni dibilas dengan air dan dilap dengan kapas. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keinginan, namun untuk penggunaan sehari-hari maka ada baiknya memilih cleansing milk yang dibersihkan dengan air.

Sebab ketika memilih menggunakan produk yang dilap dengan kapas, hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat wajah menjadi benar-benar bersih. Selain itu, gesekan antara kapas dan kulit juga dapat memicu munculnya masalah baru pada kulit wajah, terutama bagi pemilik wajah sensitif.

Pilih berdasarkan jenis kulit wajah

Pemilik wajah kering dapat memilih susu pembersih yang mengandung bahan pelembap bagi kulit. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulitmu menjadi lebih kering setelah membersihkan wajah. Bahan pelembap yang dapat dipilih seperti ceramide, glycerin, collagen, serta sodium hyaluronate.

Sementara untuk jenis kulit yang sensitif, maka dapat menghindari produk dengan kandungan alkohol, pewangi, pewarna sintetis, dan bahan pengawet yang bersifat antibakteri seperti benzoic acid dan paraben.

Sedangkan jenis kulit berminyak, bisa memilih susu pembersih yang diformulasikan untuk menyeimbangkan sebum pada wajah, agar dapat menahan produksi minyak berlebih pada wajah.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Cleansing Milk?

manfaat cleansing milk
Foto: www.freepik.com

Ketika kamu memutuskan untuk membersihkan wajah dengan menggunakan cleansing milk maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Oleskan susu pembersih di lima area wajah, yakni dahi, hidung, pipi kanan, pipi kiri, dan dagu.
  • Ratakan dan pijat susu pembersih dengan gerakan melingkar pada seluruh area wajah, dan lakukan selama 30 detik.
  • Bilas dengan bersih.

Jika ingin mengaplikasikan teknik double cleansing, maka kamu bisa melanjutkannya dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah.

Rekomendasi Produk Cleansing Milk

Lima manfaat cleansing milk di atas, ternyata bisa kamu dapatkan dengan menggunakan beberapa produk rekomendasi di bawah ini.

The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Lotion

Cleansing milk yang satu ini diformulasikan dengan ekstrak beras yang dapat mengangkat kotoran, menutrisi, dan mencerahkan kulit wajahmu.

Dengan tekstur yang creamy serta aroma yang ringan, membuat pembersih wajah ini dapat menghaluskan sekaligus melembapkan kulit wajah. Produk ini dapat digunakan saat membersihkan wajah ketika mandi.

Caudalie Paris Gentle Cleansing Milk

Produk ini berasal dari bahan-bahan alami seperti shea butter, jojoba seed oil, glycerin, dan butylene glycol. Kandungan tersebut dapat melembapkan kulit wajah, sehingga sangat cocok untuk mengatasi kulit kering. Susu pembersih ini juga lolos uji dermatologi dan oftalmologi, sehingga dilabeli sebagai produk non-comedogenic dan hypoallergenic.

Clinique Laboratories Take The Day Off Cleansing Milk

Pembersih wajah yang satu ini diklaim aman untuk kulit sensitif. Telah teruji oleh ahli dermatologi dan oftamologi, produk pembersih wajah ini memiliki formula bebas residu sehingga dapat membuat kulitmu tetap lembap dan nyaman setelah pemakaian. Cleansing milk dari Clinique juga dapat diaplikasikan dengan dua cara yakni menggunakan kapas atau membilasnya dengan air.

Avène Gentle Milk Cleanser

Memiliki kandungan vitamin E, sodium hyaluronate, dan avène thermal spring water, membuat pembersih wajah ini terkenal dengan bahan lembut dan anti-iritasi. Produk ini mampu menenangkan sekaligus melembutkan kulit wajahmu, sehingga sangat cocok digunakan untuk pemilik wajah sensitif.

Selain itu, cleansing milk ini juga telah teruji dan dijamin hypoallergenic, gluten-free, paraben-free, soap-free, dan soy-free.

Nuxe Paris Cleansing Milk with Rose Petals

Mengandung bahan-bahan alami, membuat susu pembersih ini aman digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya kulit sensitif. Kandungan allantoin, rose petal flower water, serta minyak kelapa, membuat produk ini mampu untuk menenangkan, melembutkan, dan menyejukkan kulit wajah.

Fresh Soy Face Cleansing Milk

Pembersih riasan ini memiliki tekstur halus yang dapat membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Dengan formula ringan dan tidak berbusa, produk ini mengandung asam amino dan protein kedelai yang menjaga elastisitas kulit sekaligus membuat kulit menjadi lebih sehat. Produk ini dapat digunakan pagi dan malam, serta dapat dibilas dengan air atau kapas.

Dior Hydra Life Micellar Milk

Susu pembersih ini dapat digunakan untuk seluruh jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Dengan menggabungkan kandungan oil micelles dan susu beras, membuat produk ini dapat menghilangkan semua sisa riasan serta kotoran yang ada pada seluruh bagian wajah.

Kandungan micelles ini dapat menangkap partikel riasan dan kotoran, sementara protein dari susu beras yang terkandung dapat menstimulasi kulit wajahmu.

L’Orèal Paris Gentle Cleansing Milk

Produk ini mampu membersihkan wajah dari kotoran dan make up yang menumpuk. Diperkaya dengan lipo-protein, membuat susu pembersih ini dapat melindungi kulit dan membuat wajah terasa lembap. Sehingga kulitmu terasa sehat dan lebih kenyal. Selain itu, produk ini juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas atau lap hangat.