Ini 9 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah sukun yang baik bagi kesehatan
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Selain sebagai bahan makanan, ternyata ada beragam manfaat buah sukun bagi kesehatan.

Meski mungkin beberapa orang belum mengetahui jenis buah yang satu ini, namun ternyata sukun dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit tertentu.

Keunggulan dari buah yang satu ini adalah dapat diolah menjadi berbagai macam cemilan lezat.

Jika kamu sering mengonsumsinya, maka ketahuilah sederet manfaat buah sukun bagi kesehatan, agar bisa mengonsumsinya dengan aman.

Apa Itu Buah Sukun?

manfaat buah sukun yang baik bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Sukun adalah buah yang berbentuk bulat dan memiliki kulit luar berwarna hijau kekuningan yang menyerupai nangka.

Biasanya, kebanyakan orang akan mengolah buah ini dengan cara digoreng, dan dikonsumsi sebagai makanan pokok yang mengenyangkan.

Tekstur dari buah ini menyerupai roti dengan sedikit rasa yang seolah-olah kamu sedang memakan kentang. Oleh karena itu, tidak heran jika buah sukun juga sering disebut breadfruit yang memiliki nama latin Artocarpus altilis.

Selain bisa diolah menjadi berbagai makanan, ada sederet manfaat buah sukun bagi kesehatan. Mulai dari sifat anti kanker, membantu memperbaiki pencernaan, hingga meningkatkan kesehatan tulang.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

kandungan nutrisi buah sukun | | Ini 9 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh
Foto: www.unsplash.com

Buah sukun ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin, buah ini juga memiliki berbagai mineral dan nutrisi penting lain di dalamnya.

Dalam 100 gram buah sukun mentah mengandung:

  • Kalori: 103
  • Karbohidrat: 27 g
  • Lemak: 0,23 g
  • Protein:1,07 g
  • Serat: 4,9 g
  • Potasium: 490 mg
  • Kalsium: 17 mg
  • Vitamin C: 29 mg
  • Folat: 14 mg
  • Vitamin B6: 0,1 mg

Selain itu, buah sukun juga mengandung zat besi, asam lemak omega-3 serta omega-6, dan antioksidan yang tinggi, termasuk kandungan flavonoid dan polifenol yang ada di dalamnya.

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

manfaat buah sukun bagi kesehatan | | Ini 9 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan Tubuh
Foto: www.freepik.com

Berkat nutrisi yang berlimpah, tak heran jika ada banyak manfaat buah sukun bagi kesehatan. Oleh karenanya, buah ini cocok untuk untuk dijadikan sebagai cemilan.

Membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular. Mulai dari aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan lainnya, penyakit ini pastinya dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa serat makanan dapat membantu mengurangi kolesterol tubuh. Karena nantinya serat ini dapat mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

Mengontrol diabetes

Sukun merupakan makanan ideal bagi penderita diabetes. Soalnya, buah yang satu ini kaya akan serat dan protein makanan, serta rendah glikemik.

Menurut sebuah penelitian manfaat buah sukun bagi kesehatan adalah untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Hal ini terkait dengan kandungan serat yang melewati saluran pencernaan secara perlahan. Sehingga membutuhkan waktu untuk mencerna makanan dan kadar glukosa darah pun tidak melonjak setelah makan.

Melancarkan pencernaan

Serat makanan memang terkenal dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Nantinya, serat makanan akan menyerap air di dalam usus dan melunakkan tinja, sehingga tinja akan keluar dengan lancar.

Oleh karena itu, makanan yang kaya akan serat seperti sukun akan mencegah sembelit dan gangguan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan kesehatan usus dengan menumbuhkan bakteri baik di dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian, nutrisi yang satu ini dapat berperan baik dalam mencegah infeksi dan peradangan pada usus.

Meningkatkan fungsi otak

Sukun merupakan sumber yang kaya akan zat besi, vitamin C, dan nutrisi lainnya. Zat besi yang terkandung di dalamnya dapat berperan dalam mengangkut oksigen ke semua organ, termasuk otak.

Selain itu, antioksidan yang ada di dalam buah sukun dapat bermanfaat untuk kesehatan otak.

Menurut sebuah studi, kandungan antioksidan ini dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Sebab, antioksidan ini akan berperan dalam mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, kandungan ini juga berperan dalam melindungi sel dan jaringan otak.

Meningkatkan kesehatan reproduksi

Kandungan asam lemak omega-3 dan 6 yang ada di dalam sukun dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan motilitas sperma. Selain itu nutrisi ini juga membantu mempromosikan sintesis sperma.

Tak hanya itu, antioksidan yang ada di dalam sukun juga membantu mencegah kanker prostat dan ovarium. 

Melawan sel kanker

Vitamin C, vitamin A, dan asam lemak omega-3 dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker.

Biasanya kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali yang diakibatkan oleh kerusakan radikal bebas pada sel.

Beruntungnya, sukun mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh, hal ini dapat membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan kanker.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan ini akan menghancurkan sel kanker.

Membantu penurunan berat badan

Karena mengandung serat, maka buah sukun dapat secara efektif digunakan untuk diet penurunan berat badan.

Selain itu, serat ini juga membuat seseorang akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga keinginan untuk mengonsumsi cemilan pun akan berkurang.

Apalagi, sukun juga termasuk sumber protein yang padat karena mengandung asam amino esensial.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa nutrisi tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Meningkatkan kesehatan kulit

Vitamin C memiliki peranan penting dalam mempromosikan sintesis kolagen, sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, nutrisi ini juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit baru.

Sebuah studi telah mengungkapkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Oleh karenanya memakan buah sukun yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi dampak sinar UV, mulai dari kerutan, tanda-tanda penuaan, dan lainnya.

Memperkuat imun

Antioksidan memang memiliki peranan yang cukup tinggi terhadap kekebalan tubuh seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat bertindak sebagai makanan yang bertindak sebagai makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga dapat menghancurkan bakteri berbahaya.

Kesimpulan

manfaat buah sukun yang baik bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Buah sukun sangat mudah untuk dikonsumsi, karena kamu bisa mengolahnya ke dalam berbagai cara, mulai dari mengukus, merebus, menggoreng, atau memanggangnya.

Berkat nutrisi yang ada di dalamnya, hal ini menciptakan berbagai manfaat buah sukun bagi kesehatan.

error: Konten dilindungi !!