Buah Plum Kering Versus Segar, Mana Yang Lebih Efektif Untuk Diet? Ini Kata Ahli

manfaat buah plum untuk diet
Foto: www.freepik.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah plum dapat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Oleh karenanya, banyak orang yang menggunakan buah plum untuk diet.

Untuk mengetahui cara mengonsumsi buah plum untuk diet, LIMONE telah menghubungi Ulva Rezatiara, S.Gz, seorang Ahli Gizi dari Gizi Nusantara, yang akan menjelaskan efektivitas dan olahan buah plum yang baik untuk penurunan berat badan.

Apa Itu Buah Plum?

manfaat buah plum untuk diet
Foto: www.canva.com

Buah berbiji dengan rasa yang manis namun sedikit asam ini memiliki kandungan air yang cukup banyak. “Biasanya buah plum banyak ditemukan di wilayah Asia dan Eropa, dengan bentuk bulat dan memiliki warna merah, oranye, hijau, dan ungu,” ungkap Ulva.

Pada dasarnya, plum termasuk buah yang memiliki banyak kandungan gizi, mineral, dan vitamin. “Buah ini juga terkenal dengan kandungan antioksidan dan serat tinggi, serta rendah kalori dan lemak,” ungkapnya.

Berikut kandungan gizi dalam 100 gram buah plum:

Tabel Kandungan Gizi Buah Plum

Apa Manfaat Buah Plum?

manfaat buah plum untuk diet
Foto: www.freepik.com

Selain rasanya yang unik, ternyata ada banyak manfaat buah plum yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

Antioksidan alami yang baik untuk kesehatan

Menurut Ahli Gizi yang satu ini, buah plum mengandung antioksidan yang berperan untuk memecah radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

“Selain itu, buah plum juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh,” paparnya.

Mencegah preeklampsia pada kehamilan

Preeklampsia merupakan kondisi hipertensi yang dapat timbul selama kehamilan. Kandungan flavonoid yang ada di dalam buah plum dapat meningkatkan fungsi endotel dan penurunan tekanan sistolik serta diastolik, sehingga dapat mencegah preeklampsia,” tutur Ulva.

Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A memang terkenal memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan mata. Beruntungnya, buah plum juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Menurunkan berat badan dan mencegah konstipasi atau sembelit

“Karena memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah, serta memiliki kandungan serat yang tinggi, maka makan buah plum untuk diet penurunan berat badan sangat baik. Serat yang tinggi ini juga dapat mencegah konstipasi atau sembelit,” ujarnya.

Mencegah risiko terjadinya osteoporosis

Berkat kandungan mineral seperti fosfor, magnesium, dan kalium, serta vitamin K di dalam buah plum, hal ini dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular

Selain daging buahnya, ternyata kulit buah plum juga mengandung antosianin. Kandungan ini dapat menurunkan kadar kolesterol total dan berperan dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner.

Menjaga kadar gula darah

“Kandungan serat yang tinggi dapat menghambat penyerapan karbohidrat pada usus. Adinopektin yang ada di dalam buah plum juga berperan dalam mengatur kadar gula darah,” ucap Ulva.

Selain itu, buah plum segar juga mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Mencegah anemia dan baik untuk ibu hamil

“Buah plum juga mengandung zat besi dan asam folat, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu, zat besi dan asam folat juga baik untuk ibu hamil untuk perkembangan otak pada bayi dalam kandungan,” katanya.

Mencegah risiko terkena stroke

Kalium yang terkandung dalam buah plum berperan untuk mengontrol tekanan darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke.

Mencegah pembekuan darah

Buah plum merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin K. “Vitamin K ini mampu melancarkan peredaran darah, sehingga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah,” ungkapnya.

Baik untuk kesehatan kulit

Antioksidan dan vitamin C dalam buah plum sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan sebagai anti-aging untuk mencegah penuaan dini.

Mengapa Banyak Orang Mengonsumsi Buah Plum untuk Diet?

Mengapa Banyak Orang Mengonsumsi Buah Plum untuk Diet
Foto: www.unsplash.com

“Buah plum mengandung kalori yang rendah dan lemak, namun tinggi akan serat. Sehingga buah yang kandungan serat tinggi ini dapat menghambat rasa lapar menjadi lebih lama. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet penurunan berat badan,” ujar Ahli Gizi yang satu ini.

Namun, apakah aman mengonsumsi buah plum untuk diet?

“Buah plum aman untuk dimakan, baik itu buah plum segar yang dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, atau diolah menjadi buah plum kering. Ini akan aman dan baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh,” jawab Ulva.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Plum untuk Diet?

manfaat buah plum untuk diet
Foto: www.canva.com

Karena mudah untuk dikonsumsi, maka tidak heran jika banyak orang yang memakannya.

“Buah plum dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus segar, smoothie dengan mencampurnya bersama buah atau sayuran. Dikeringkan menjadi buah plum kering, atau dijadikan sebagai buah pendamping saat mengonsumsi oatmeal,” terangnya.

Untuk orang dewasa dan anak-anak, ada baiknya untuk mengonsumsi buah plum sebanyak dua hingga tiga buah per harinya.

Apakah Mengonsumsi Buah Plum Kering Sama Manfaatnya dengan Jus Buah Plum?

Apakah Mengonsumsi Buah Plum Kering Sama Manfaatnya dengan Jus Buah Plum
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, buah plum kering memiliki nilai serat yang lebih tinggi daripada buah plum segar. Sehingga cocok dikonsumsi untuk diet penurunan berat badan.

“Namun konsumsi plum kering juga harus diperhatikan, karena buah kering cenderung mengandung gula tambahan yang tinggi. Artinya, saat dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan,” ujar Ahli Gizi yang satu ini.

Jika kamu lebih suka mengolah buah plum menjadi jus buah, hal ini bukanlah sebuah masalah yang besar. Karena pada dasarnya, manfaat yang dihasilkan akan serupa.

“Konsumsi buah plum kering sama manfaatnya dengan mengonsumsi jus buah plum, meski terdapat perbedaan angka nilai gizi pada buah plum kering dengan buah plum segar yang digunakan untuk jus buah,” jelas Ulva.

“Di mana buah plum kering memiliki kalori lebih tinggi daripada buah plum segar, namun masih relatif rendah jika tidak dikonsumsi secara berlebihan,” tambahnya.

Akan tetapi, bisa saja memiliki manfaat yang berbeda ketika mengonsumsi buah plum kering secara berlebihan. Atau meminum jus buah plum dengan penambahan bahan yang berlebihan, seperti menambahkan gula atau susu yang banyak ketika membuat jus.

Apakah Buah Ini Bisa Dikonsumsi oleh Semua Orang?

Apakah Buah Ini Bisa Dikonsumsi oleh Semua Orang
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, buah plum dapat dikonsumsi oleh semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. “Namun hindari mengonsumsi buah plum jika memiliki riwayat tubuh yang mudah alergi,” ujarnya.

“Bagi penderita diabetes, ada baiknya untuk berhati-hati ketika mengonsumsi buah plum kering yang berada di pasaran. Karena pengeringan buah di pasaran biasanya akan menggunakan gula tambahan,” paparnya.

Bagi penderita diabetes, konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Adakah Efek Samping dari Mengonsumsi Buah Plum?

Adakah Efek Samping dari Mengonsumsi Buah Plum

Meski bermanfaat untuk kesehatan, namun terdapat risiko yang bisa ditimbulkan ketika tubuh mengonsumsi buah plum, seperti:

Diare

“Buah plum mengandung sorbitol, yang mana ketika mengonsumsi buah secara berlebihan dapat menyebabkan diare karena kandungan sorbitol dalam buah tersebut,” ujarnya.

Alergi

Selain itu, “konsumsi buah plum juga dapat menyebabkan alergi. Terutama buah plum kering yang mengandung sulfit tinggi,” papar Ulva.

Saat mengalami efek samping tersebut, maka ada baiknya untuk menghentikan konsumsi buah plum dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Bagaimana Cara Menjalani Diet yang Tepat Selain Mengonsumsi Buah Plum?

manfaat buah plum untuk diet
Foto: www.canva.com

Mengonsumsi buah plum untuk diet memang bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, ada baiknya untuk tetap menjaga pola makan dengan konsumsi gizi seimbang.

“Menjaga porsi makan yakni asupan kalori yang masuk, berolahraga secara rutin, diimbangi dengan minum air putih yang cukup, serta menghindari makan makanan dan minuman manis,” sarannya.

Kesimpulan

Buah Plum
Foto: www.freepik.com

Menurut Ulva, buah plum bukan satu-satunya buah untuk diet. Namun buah ini dapat dijadikan sebagai salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat diet karena kandungan gizinya.

Ia juga berpesan bahwa jangan hanya mengandalkan satu jenis buah saja untuk keberhasilan diet.

Pakar / Kontributor di Artikel ini


Ulva Rezatiara S.Gz

Ulva Rezatiara, S.Gz

Ahli Gizi dari Gizi Nusantara,