Ternyata, Buah Imut Ini Bisa Menyeimbangkan Gula Darah

manfaat blackcurrant
Foto: www.stocksy.com

Kamu sudah tahu bagaimana gula darah bisa menjadi tidak stabil, dan tahu juga apa efeknya bagi kesehatan yang mengakibatkan berbagai hal, mulai dari rasa lelah hingga makan berlebihan. Jadi tidak heran jika ingin selalu menjaga gula darah tetap sehat. Sebuah penelitian baru ini memberikan kabar baik: manfaat blackcurrant bisa membantu gula darah sehat.

Dipublikasikan di British Journal of Nutrition, hasil studi terbaru ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan manfaat blackcurrant bagi kesehatan. Dalam hal gula darah, beri imut ini bisa menyeimbangkannya karena mengandung konsentrasi polyphenol yang tinggi. Khususnya anthocyanin, yakni sebuah tipe polyphenol yang ada di blackcurrant dengan kandungan 150mg/100 g.

Studi ini menunjukkan mengonsumsi blackcurrant bersama dengan gula dan karbohidrat bisa menurunkan lonjakan gula darah setelah makan dan menunda penurunan setelahnya. Meski memang harus dicatat bahwa skala studi ini sangat kecil, yakni hanya melibatkan 26 orang.

Untuk melihat efek blackcurrant pada gula dan akhirnya level gula darah, partisipan diminta untuk menghadiri empat sesi. Di setiap sesi, mereka mengonsumsi berbagai produk tes yang berbeda, termasuk air sebagai pengendali. Lalu, para partisipan memberikan sampel darah secara interval tiga jam setelah makan. Para peneliti menggunakan sampel darah ini untuk mengukur level glukosa, insulin dan asam lemak bebas.

Di semua kejadian di mana para partisipan mengonsumsi blackcurrant, terjadi respons glikemik yang minimalis, dan penundaan penurunan gula darah dan penundaan kenaikan asam lemak bebas.

Oh iya, kamu juga bisa mendapatkan polyphenol dari buah dan tumbuhan makanan lain, seperti blueberries, blackberries, cranberries, ceri dan buah delima. Konsumsi makanan sehat ini, karena tidak hanya mengatur gula darah, polyphenol juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, otak (khususnya ingatan), dan memperpanjang umur.

Baca Juga :  FYI, Dua Gelas Kopi Tidak Bisa Menggantikan Tidur yang Kurang

Sepertinya jika membicarakan keseimbangan gula darah, semakin gelap warna beri, semakin hebat kekuatannya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Bumbu Dapur ini Juga Bisa Membantu Menstabilkan Gula Darah. Dan Buah Sederhana Ini Bermanfaat Menjaga Kesehatan Tekanan Darah.