Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

manfaat biji pepaya
Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya daging buahnya yang dikenal mempunyai khasiat, ternyata biji pepaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Siapa sangka, biji pepaya yang sering kali dianggap tidak penting, ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho! Yuk, mulai sekarang jangan langsung buang biji pepaya.

Berikut manfaat yang didapat dari biji pepaya.

Manfaat Biji Pepaya

manfaat biji pepaya
Foto: www.unsplash.com

Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki manfaat bagi tubuh. Tidak hanya daging buahnya yang dapat dimakan, daun pepaya pun juga bisa diolah menjadi makanan.

Namun, ternyata tidak hanya daging buah dan daun yang dapat dimanfaatkan, biji pepaya yang sering kali dibuang ternyata juga mempunyai manfaat.

Dapat melancarkan pencernaan

Tidak kalah daging buahnya, ternyata biji pepaya juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Diketahui bahwa biji pepaya memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menghindari sulitnya buang air besar dan risiko sembelit.

Menjaga kesehatan hati

Dengan mengonsumsi biji pepaya secara rutin, dipercaya dapat menjaga kesehatan organ hati. Selain itu, biji pepaya juga berfungsi sebagai detoks, sehingga organ hati dapat terjaga dengan baik.

Dapat melawan radikal bebas

Jika terkena radikal bebas, tentunya akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, salah satu cara melawan radikal bebas adalah dengan mengonsumsi biji pepaya.

Biji pepaya diketahui mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid yang dapat melawan radikal bebas yang sering dijumpai sehari-hari.

Mampu menurunkan berat badan

Orang yang sedang diet tentunya saja tetap membutuhkan nutrisi bagi tubuh. Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi ketika sedang menjalani program diet adalah biji pepaya.

Diketahui bahwa biji pepaya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat merasa kenyang lebih lama.

Maka dari itu, nafsu makan pun menjadi lebih terkendali dan meminimalisir berat badan bertambah.

Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol memang musuh setiap orang. Kepingin makan yang diinginkan, tapi takut kolesterol naik. Jika begitu, perlu konsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Biji pepaya disebut bisa mengurangi kadal kolesterol jahat (LDL) karena mengandung asam oleat. Meski bagus untuk melawan kolesterol jahat, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi biji pepaya secara berlebihan.

Sebagai antikanker

Biji pepaya mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak biji pepaya berguna untuk mengurangi inflamasi dan memperlambat petumbuhan kanker.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berguna sebagai organ sekresi. Organ ini memiliki bentuk mirip seperti kacang, yang terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.

Agar tidak mengalami penyakit ginjal, perlu konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya adalah biji pepaya.

Hal ini dikarenakan biji pepaya mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menghambat kerusakan sel ginjal.

Melawan infeksi

Manfaat lain pada biji pepaya yakni dapat melawan infeksi yang ada di dalam tubuh, baik itu jamur atau parasit.

Kamu dapat mengonsumsi ekstrak biji pepaya kering dengan madu, sehingga dipercaya efektif melawan parasit yang ada di dalam usus. Dengan begitu, kinerja usus akan menjadi lebih baik.

Menghilangkan uban

Rambut kamu sudah mulai tumbuh uban? Seiring dengan bertambahnya usia, uban mulai bermunculan.

Apalagi, jika rambut mulai beruban di usia muda, maka akan membuat kepercayaan diri menurun.

Untuk menyiasatinya, kamu tidak perlu mengecat rambut atau mencabut uban. Kamu cukup menggunakan biji pepaya untuk menghilangkan uban.

Cara untuk menggunakannya cukup mudah, kamu dapat menjemur biji pepaya sampai benar-benar kering. Setelah itu, cuci dan sangrai biji pepaya dengan tidak perlu menggunakan minyak.

Selesai disangrai, tumbuk biji pepaya sampai halus, kemudian campurkan dengan minyak kelapa hingga teksturnya menjadi kental.

Setelah tercampur rata, gunakan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan lembut lalu diamkan sekitar satu jam. Langkah terakhir adalah bilas rambut menggunakan air dan sampo sampai bersih.

Sebagai kontrasepsi alami

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, biji pepaya juga berguna sebagai kontrasepsi alami dan dapat mengontrol kesuburan tanpa efek samping.

Bagi wanita yang sedang menjalani program hamil, dengan mengonsumsi biji pepaya diyakini dapat mempercepat kehamilan. Sedangkan untuk pria, dapat mengurangi produksi sperma tanpa mempengaruhi libido.

Cukup dengan cara mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya setiap hari selama tiga bulan. Jika pemakaian biji pepaya dihentikan, maka kesuburan akan kembali normal.

Cara Mengolah Biji Pepaya

cara mengolah biji pepaya | | Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang didapat dari biji pepaya, berikut beberapa cara mengolah biji pepaya yang bisa dicoba di rumah :

Campurkan dengan madu

Untuk menyamarkan rasa pahit dari biji pepaya, kamu dapat mencampurkannya dengan madu. Caranya pun mudah, kamu dapat menumbuk biji pepaya terlebih dahulu lalu mencampurkannya dengan madu.

Kopi dari olahan biji pepaya

Kamu ingin minum kopi yang tidak biasa? Maka kamu dapat mencoba mengolah biji pepaya menjadi kopi.

Cara untuk membuatnya sangat mudah, kamu perlu mencuci biji pepaya dan jemur hingga dua sampai tiga hari. Setelah kering, hancurkan biji pepaya menjadi bubuk lalu seduh dengan air panas.

Agar membuat rasanya menjadi lebih enak, kamu dapat mencampurkannya dengan madu atau gula.

Kesimpulan

berkonsultasi kepada dokter | | Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Meskipun biji pepaya mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh, namun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi biji pepaya secara berlebihan.

Kamu dapat konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapat penanganan yang tepat.