5 Manfaat Bangun Pagi dan Bagaimana agar Bisa Bangun dengan Lebih Semangat

manfaat bangun pagi
Foto: www.stocksy.com

Well, apakah bangun pagi untuk semua orang? Sebelum membahas manfaat bangun pagi, ada baiknya kita (yep, kamu dan saya) mengetahui bahwa bangun pagi tidak untuk semua orang. Uh-uh. Pasalnya, ini ada kaitannya dengan faktor genetik.

Apakah Bangun Pagi untuk Semua Orang?

manfaat bangun pagi
Foto: www.freepik.com

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sejumlah orang secara biologis memang lebih siaga di pagi hari, sementara sebagian lagi memiliki performa terbaik di malam hari. Inilah yang membuat kamu lebih mudeng dan cepat mengerti di sore hari, misalnya.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications menegaskan hal tersebut. Menganalisa data lebih dari 700.000, para peneliti menemukan lebih 350 faktor genetik bisa memengaruhi apakah seseorang merasa berenergi pada pagi atau malam hari. Sejauh ini, studi adalah penelitian terbesar tentang topik ini, meski penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan hasilnya.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Para ahli menganjurkan untuk melakukan eksperimen. Jangan hanya mendengarkan dan meniru ‘katanya’ tentang kebiasaan orang sukses (misalnya, katanya CEO Apple, Tim Cook bangun setiap pukul 3 subuh; Oprah Winfrey bangun pukul 06.02 setiap hari). Melainkan, temukan jam tidur dan bangun yang paling tepat untukmu.

Dan jika memang yang terbaik untuk tubuhmu adalah bangun sebelum ayam berkokok, berikut beberapa manfaat bangun pagi yang bisa kamu rasakan.

Apa Manfaat Bangun Pagi?

manfaat bangun pagi
Foto: www.unsplash.com

Sekali lagi, ini bukan berarti orang yang bangun pagi lebih superior dibandingkan mereka yang aktif di dalam malam hari. Namun jika kamu berminat untuk bangun lebih pagi, ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Mereka Lebih Gigih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih gigih, mandiri dan kooperatif. Sementara, di penelitian yang sama, orang yang termasuk dalam tipe malam, cenderung suka mencoba hal baru dan menghindari bahaya.

Mereka Memiliki Target yang Lebih Tinggi

Sebuah studi yang melibatkan 342 siswa dengan usia 12 sampai 15 tahun (53,5% perempuan), memperlihatkan orang yang termasuk dalam tipe pagi memiliki target performa dan pembelajaran yang lebih tinggi dibandingkan tipe malam.

Mereka Fokus pada Masa Depan

Salah satu kelebihan orang yang bangun pagi adalah mereka cenderung berpikir untuk masa depan. Well, paling tidak ini hasil dari sebuah studi yang dilakukan di Polandia yang melibatkan 309 mahasiswa. Studi ini memperlihatkan tipe pagi lebih cenderung fokus pada masa depan, sementara tipe malam lebih memikirkan masa sekarang.

Mereka Lebih Positif

Di sebuah studi memperlihatkan bahwa orang yang termasuk dalam tipe pagi dilaporkan memiliki perasaan positif yang lebih tinggi.

Orang yang Bangun Lebih Pagi Mengurangi Risiko Depresi

Dibandingkan kalong (baca: orang yang aktif di malam hari), sebuah penelitian memperlihatkan bahwa orang yang aktif di pagi hari memiliki mengalami risiko depresi lebih rendah.

Bagaimana agar Bisa Bangun Lebih Pagi dan Bersemangat?

Foto: www.freepik.com

Ah, sekarang pertanyaan sejuta miliar: bagaimana cara membiasakan diri bangun pagi? Berikut beberapa langkah-langkah kecil-tapi-pasti yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan semua manfaat bangun pagi.

Mulailah dengan Pelan

Tidak perlu melakukan perubahan drastis. Melainkan mulailah dengan pelan, misalnya dengan bangun 15 hingga 30 menit lebih awal dari biasanya. Miliki kebiasaan ini selama beberapa hari, kemudian bangun 15 menit lagi awal lagi. Lakukan ini hingga mencapai target yang kamu inginkan.

Tidurlah Lebih Cepat

Cobalah tidur lebih cepat, bahkan ketika kamu tidak terlalu mengantuk. Coba membaca (dan jauhkan diri dari TV, internet atau gawai). Jika kamu capek, kemungkinan besar kamu akan tertidur dengan sendirinya.

Jauhkan Diri dari Alarm

(Kemungkinan besar) tidak ada gunanya menaruh alarm tepat di samping bantal. Pasalnya, kemungkinan besar kamu akan hanya ingin melemparnya akan mematikannya tanpa membuka mata. Letakkan jauh dari tempat tidur, di mana kamu harus beranjak untuk menonaktifkannya. Dengan begini kamu bangun, dan tetaplah bangun.

Kunjungi Toilet ASAP

Begitu mematikan alarm, langsunglah menuju kamar mandi. Jangan berbaring atau berpikir, ‘ah, 10 menit lagi’. Bila perlu, paksa diri untuk keluar dari kamar. Saat kamu sudah menyelesaikan bisnis di kamar mandi dan mencuci tangan, biasanya rasa kantuk sudah hilang.

Miliki Alasan yang Tepat

Tetapkan sebuah tujuan penting untuk memotivasi bangun pagi. Mungkin olahraga? Sarapan? Waktu menyendiri? Pokoknya, semua hal menyenangkan yang membuatmu lebih rajin bangun pagi.

Hadiahi Diri Sendiri

Memberikan diri sendiri hadiah sebagai upah bangun pagi, akan membuatmu lebih semangat menyambut hari dengan kondisi matahari masih terang. Hadiah ini bisa berupa, menu sarapan enak, secangkir kopi atau berbagai hal yang menjadikan pagi dan harimu lebih menjanjikan.

Manfaatkan Waktu Ekstra

… dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti menyiapkan sarapan untuk diri sendiri atau keluarga, olahraga, meditasi atau mencuci baju. Ini akan membuatmu merasa sudah mencapai sesuatu padahal ‘masih pagi!’

Selanjutnya: Ini olahraga terbaik untuk kamu yang malas ke gim.

podcast button