Mengenal Pengobatan Akupuntur Dan 6 Manfaatnya Untuk Kesehatan

akupuntur
Foto: www.pexels.com

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan istilah akupuntur. Teknik pengobatan dengan menggunakan jarum tipis yang ditusuk ke kulit ini diduga dapat memberikan manfaat yang beragam untuk kesehatan.

Berkat hal tersebut, banyak orang yang mulai tertarik untuk mencobanya. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui lebih lanjut terkait pengobatan tradisional asal Cina ini.

Apa Itu Akupuntur?

akupuntur
Foto: www.canva.com

Akupuntur merupakan teknik kesehatan holistik yang bekerja dengan cara memasukkan jarum ke kulit. Meski terlihat menyakitkan, namun pengobatan tradisional Cina ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Bahkan katanya, ini menjadi salah satu cara terefektif untuk meningkatkan kualitas hidup. Sebab, akupuntur dapat mengobati segala masalah, mulai dari alergi hingga depresi.

Cara kerja dari akupuntur adalah dengan menusuk jarum tipis ke dalam kulit pada titik-titik tertentu. Ini dapat merangsang area permukaan kulit untuk memengaruhi jaringan, kelenjar, organ, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Meski akan menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman, namun teknik pengobatan ini akan melibatkan stimulasi sitem kekebalan, meningkatkan sirkulasi, serta penyembuhan luka.

Menurut sebuah studi, akupuntur dapat merangsang pelepasan obat penghilang rasa sakit alami tubuh dan memengaruhi area otak yang terlibat dalam pemrosesan rasa sakit.

Teknik pengobatan tradisiona Cina ini dapat membantu meringankan jenis nyeri yang kronis, seperti nyeri punggung bawah, leher, lutut, dan carpal tunnel syndrome. Bahkan, cara ini juga dapat mengurangi frekuensi sakit kepala dan mencegah untuk terjadinya migraine.

Apa Kata Sains Terkait Akupuntur?

Foto: www.freepik.com

Menurut filosofi Cina, akupuntur bertujuan untuk mencapai keseimbangan atau yang disebut dengan istilah ‘qi’. Di mana suasana hari, kesehatan mental, dan kesejahteraan umum dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Sehingga teknik pengobatan ini bisa memberikan bantuan untuk banyak penyakit.

Menurut sejumlah penelitian, akupuntur memang telah terbukti dapat meredakan nyeri. Sehingga bisa menjadi pilihan yang masuk akal untuk dipertimbangkan.

Apa Manfaat Akupuntur?

Foto: www.canva.com

Beberapa orang banyak yang tertarik pada pengobatan akupuntur karena dapat mengobati sakit kepala kronis. Tetapi sebenarnya, terdapat beragam manfaat dari teknik menusukkan jarum ke dalam kulit.

Mengatasi nyeri kronis

Mengalami nyeri pada area punggung memang menjadi masalah umum bagi sebagian orang. Tak jarang hal ini juga dapat memengaruhi aktivitas tubuh. Menurut sebuah penelitian, akupuntur ternyata akan sangat membantu untuk mengatasi nyeri punggung dan nyeri leher.

Namun penelitian lain mengungkapkan bahwa teknik pengobatan ini memang dapat mengobati nyeri punggung, tetapi tidak dalam jangka waktu yang lama.

Selain punggung dan leher, teknik ini juga dapat mengatasi nyeri osteoarthritis, sakit kepala kronis, dan nyeri pada bahu.

Meminimalisir gangguan tidur

Di Cina, akupunktur umumnya digunakan dalam mengobati insomnia atau gangguan susah tidur yang umum dialami oleh orang dewasa. Masalah tubuh yang satu ini memang bisa diobati dengan obat-obatan, terapi herbal, dan terapi psikologis atau fisik.

Sebuah studi menunjukkan bahwa teknik pengobatan tusuk jarum ini memang memiliki efek yang menguntungkan untuk mengatasi gangguan insomnia.

Mekanisme dari pengobatan ini mungkin  mengatur yin dan yang untuk memperkuat kesehatan dan menghilangkan pathogen, sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dalam pengobatan modern, akupuntur dapat meningkatkan kandungan asam-amino butirat yang kemudian dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat akupuntur yang satu ini.

Mengatasi osteoarthritis

Peradangan kronis ini terjadi pada sendi yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada tulang rawan. Penusukan dan stimulasi jarum pada titik-titik tertentu pada tubuh ini dapat mengatasi osteoarthritis.

Dan menurut sebuah penelitian, teknik pengobatan ini memang sangat efektif dan merupakan opsi terbaik yang bisa dicoba.

Menurunkan gejala kram menstruasi

Manfaat akupuntur ternyata dapat mengatasi kram menstruasi dan gejala PMS atau premenstrual syndrome. Mulai dari nyeri bagian perut, gangguan kecemasan, insomnia, mual, gastrointestinal, dan sakit kepala, dan migrain ini bisa diatasi setelah melakukan akupuntur.

Mengatasi gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan dan depresi dapat dialami lebih tinggi oleh wanita dibandingkan dengan pria. Selain itu, kondisi ini juga sulit untuk diobati. Namun akupuntur menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Migrain

Metode penusukan jarum ke dalam kulit ini juga dikaitkan dengan pengurangan jangka panjang dalam migrain.

Hal ini telah dibuktikan oleh uji klinis yang dilakukan selam 24 minggu, di mana menunjukkan bahwa akupuntur secara signifikan dapat mengurangi frekuensi serangan migrain.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat akupuntur yang berguna untuk kesehatan tubuh, yakni:

  • Alergi
  • Hipertensi
  • Mual
  • Keseleo
  • Sakit perut
  • Ketidaksuburan
  • Diabetes
  • Skizofrenia
  • Ketergantungan alkohol

Beberapa bahkan menunjukkan bahwa akupuntur juga dapat mengobati kaner dan multiple sclerosis. Sayangnya studi ini masih terbatas dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat dari pengobatan yang satu ini.

Bagaimana Cara Melakukan Akupuntur?

akupuntur
Foto: www.freepik.com

Untuk melakukannya, kamu perlu mengunjungi ahli yang memang telah berpengalaman dan pastinya berlisensi. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu mendapatkan perawatan yang tepat dan aman.

Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar, khawatir akan menimbulkan efek samping yang bisa berdampak serius terhadap tubuh.

Adakah Efek Samping Akupuntur?

Foto: www.canva.com

Sebenarnya sangat sedikit komplikasi dari efek samping yang terjadi setelah melakukan akupuntur. Akan tetapi kemungkinan dampak buruk yang dapat terjadi dari metode pengobatan yang satu ini, yakni disebabkan oleh penggunaan jarum yang tidak steril dan pemberian perawatan yang tidak tepat.

Jika tidak dilakukan dengan benar, metode pengobatan asal Cina ini dapat menyebabkan efek samping yang serius, mulai dari infeksi, organ tertusuk, paru-paru kolaps, hingga cedera pada sistem saraf pusat.

Kesimpulan

akupuntur
Foto: www.unsplash.com

Meski sebagian orang menduga bahwa pengobatan ini akan menimbulkan rasa sakit, namun metode menusukkan jarum ke dalam kulit ini ternyata tidak menyakitkan. Bahkan terdapat berbagai macam manfaat dari akupuntur.

Namun kamu perlu mengunjungi ahli yang telah memiliki lisensi untuk mendapatkan perawatan yang aman dan tepat. Sebab jika tidak dilakukan dengan benar, akupuntur dapat memberikan efek samping yang serius pada tubuh.