Tanya Ahli: Apa Sebenarnya Manfaat Air Mawar?

manfaat air mawar
Foto: www.istockphoto.com

Ah, mawar memang identik dengan hal-hal yang berbau romantis. Tidak hanya disimpan di dalam vas bunga, lambang cinta ini juga bisa kamu gunakan pada kulit dengan cara mengolahnya. Pasalnya, manfaat air mawar ternyata dapat membuat kulitmu menjadi segar dan tidak kusam. Namun, apa itu air mawar?

“Air mawar adalah sebuah air perasan yang dibuat dengan cara menyeduh mahkota bunga mawar ke dalam air,” ungkap dr.Hj.Ratna Komala Dewi, Sp.KK., M.Kes., FINSDV, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RKD’s Clinic.

Air mawar pun mulai banyak direkomendasikan untuk mengatasi segudang masalah yang muncul pada wajah. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait manfaat dari air mawar, maka kamu perlu membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Manfaat Air Mawar?

manfaat air mawar
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Ratna, air mawar “bermanfaat bagi kulit, untuk menyejukkan, menyegarkan, sekaligus memberikan sensasi kelembutan aroma mawar. Selain itu, air mawar juga dapat dijadikan sebagai campuran bubuk masker untuk digunakan saat akhir perawatan facial,” jelasnya.

“Berdasarkan hasil dari beberapa riset kesehatan, air mawar mengandung senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan,” lanjutnya.

Selain itu terdapat manfaat lain yang terkandung dalam air mawar, yakni:

  • Efek antibakteri
  • Antiseptik
  • Antivirus
  • Mampu mengurangi peradangan
  • Meredakan nyeri
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Setelah mengetahui segudang manfaat air mawar, pastinya kamu ingin langsung menggunakannya. Tetapi, apakah boleh menggunakan air mawar secara langsung?

“Boleh, (air mawar) bisa digunakan sebagai penyegar,” jawabnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Air Mawar yang Tepat?

manfaat air mawar
Foto: www.freepik.com

Air mawar dapat digunakan dengan kadar yang normal, yakni diaplikasikan sebanyak dua kali dalam satu hari. Kamu bisa menggunakannya ketika pagi hari sebelum menggunakan makeup dan pada malam hari setelah membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih.

Untuk cara pengaplikasiannya, kamu cukup “menuangkan air mawar secukupnya ke kapas, usap, dan tepuk-tepuk ke wajah secara lembut,” kata Dokter Ratna.

Meski air mawar memiliki beragam manfaat, namun  tetap berhati-hati ketika menggunakannya pada kulit yang sensitif. “Jika penggunaan pada kulit sensitif atau alergi pada bunga mawar, (maka) akan menimbulkan sensasi kulit terbakar, rasa nyeri seperti ditusuk, dan kulit kemerahan hingga iritasi,” paparnya.

Produk Rekomendasi Air Mawar

Berikut 13 rekomendasi produk air mawar yang dapat bermanfaat untuk kulit wajah.

Chantecaille Pure Rosewater

Produk ini mengandung 100% air mawar yang dapat membuat wajah berkilau dan awet muda berkat campuran antioksidan yang kuat. Chantecaille Pure Rosewater dapat berfungsi untuk menenangkan sekaligus mengimbangi perawatan wajah yang telah diaplikasikan.

Kamu dapat menggunakannya pada malam hari sebelum tidur atau untuk mengunci riasan yang telah kamu gunakan.

Jurlique Rosewater Balancing Mist

Terbuat dari kelopak mawar Jurlique asli, membuat Jurlique Rosewater Balancing Mist memiliki fungsi yang dapat menghidrasi sekaligus membuat kulitmu menjadi tenang dan seimbang. Selain itu, produk ini juga bisa melembapkan dan meningkatkan kecerahan  wajah, sehingga bye-bye wajah kusam.

Lancôme Rose Milk Re-Hydrating Mist

Pemilik kulit berminyak wajib mencoba produk yang satu ini. Pasalnya, Lancôme Rose Milk Re-Hydrating Mist mengandung asam hialuronat, air mawar, dan salicylic acid yang dapat menghidrasi hingga 24 jam, mengunci hasil riasan, sekaligus memperkecil tampilan pori-pori.

Tak hanya itu, air mawar yang satu ini juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.  

Herbivore Rose Hibiscus Mist

Semprotan air mawar ini dapat melembapkan sekaligus menyejukkan wajahmu berkat kandungan asam hialuronat, hydrosol mawar, air kelapa, dan ekstrak kembang sepatu. Tak hanya itu, produk ini juga dapat mengurangi munculnya kemerahan, menenangkan, dan melembutkan kulit sehingga cocok digunakan untuk pemilik kulit normal dan kering.

Garnier SkinActive Soothing Facial Mist With Rose Water

Dibuat dengan air mawar, facial mist ini dapat menyegarkan sekaligus melembapkan kulit wajah. Tak hanya itu, produk ini juga dapat diaplikasikan sebagai pelembap, primer, dan setelah menggunakan riasan.

Produk multifungsi ini tentunya bisa digunakan kapan pun dan di mana pun ketika ingin membuat wajah terasa lebih segar.

Fresh Rose Floral Toner

Dengan satu semprotan dari air mawar ini, akan membuat riasanmu menjadi lembut, berkilau, dan terhidrasi selama 24 jam.

Toner ini mengandung air mawar murni yang bebas alkohol sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit mulai dari normal, kering, kombinasi, berminyak, dan sensitif. Tak hanya itu, produk ini juga dapat mengatasi kulit kering, kusam, dan tekstur kulit yang tidak rata.

Glossier Soothing Face Mist Rose Water Spray

Semprotan wajah ini berfungsi untuk melembapkan sekaligus menenangkan kulit yang stres, terlebih ketika setelah beraktivitas seharian penuh. Diformulasikan dengan air mawar, lidah buaya, dan gliserin, menjadikan produk ini dapat membantu menghidrasi kulit.

Pastikan kamu menyemprotkan air mawar ini sebelum menggunakan serum dan pelembap.

Boscia Rosewater Mist with Witch Hazel

Produk ini sangat sempurna untuk digunakan pada wajah berminyak atau berjerawat karena air mawar ini bebas alkohol yang diformulasikan dengan hazel sehingga dapat membersihkan, menghidrasi, sekaligus melembapkan kulitmu.

Tak hanya itu, Boscia Rosewater Mist with Witch Hazel juga dapat mengencangkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih.

Fleur & Bee Rose and Shine Refreshing Rose Water Toner

Umumnya, beberapa produk perawatan wajah yang memiliki wewangian buatan tidak akan cocok untuk kulit sensitif karena dapat mengiritasi. Namun, semprotan air mawar ini hanya memiliki dua bahan yakni air yang disuling dan minyak bunga mawar, yang aman digunakan untuk kulit sensitif.

Produk ini juga dapat membantu mengontrol minyak berlebih, mengencangkan pori-pori, dan melembapkan kulit. Selain itu, toner ini bebas dari paraben, sulfat, dan pewangi buatan.

Nacific Real Floral Toner Rose

Toner yang satu ini menjadi unik dan berbeda dibandingkan produk lainnya karena mengandung potongan kelopak bunga mawar asli di dalamnya. Sehingga kamu benar-benar merasakan manfaat air mawar alami.

Toner ini juga memiliki aroma yang lembut dan dapat membantu membersihkan dan mengembalikan vitalitas kulit yang hilang, sehingga wajah menjadi lebih bercahaya dan lebih muda.

MAC Prep + Prime Fix+ Rose

Air mawar ini diformulasikan dengan vitamin, mineral, dan campuran teh hijau, komomil, serta timun yang dapat menyegarkan, melembutkan, sekaligus menghidrasi kulit wajah.

Produk ini dapat digunakan sebelum mengaplikasikan riasan wajah sehingga akan memberikan hasil yang maksimal. MAC Prep + Prime Fix+ Rose sangat cocok untuk kulit normal maupun kulit kombinasi.

Mario Badescu Facial Spray With Aloe, Herbs, and Rosewater

Menggabungkan air mawar dengan lidah buaya, menjadikan produk ini bekerja maksimal untuk menenangkan, menghidrasi, dan melembapkan sehingga sangat cocok digunakan pada kulit kering.

Selain itu, kandungan alami lainnya juga dapat membantu meremajakan dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan tampak lebih muda.

Thayers Rose Petal Facial Toner

Diformulasikan dengan lidah buaya, membuat air mawar ini dapat menenangkan sekaligus melembapkan kulit wajah. Tak hanya itu, produk ini juga dapat menyamarkan hiperpigmentasi akibat jerawat, sehingga akan membuat warna kulitmu menjadi rata.

Toner ini juga memiliki campuran witch hazel dan bahan alami lainnya yang bebas alkohol sehingga dapat mengatasi kulit kemerahan dan pori-pori yang membesar.