7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Hijau Bagi Tubuh

manfaat air kelapa hijau
Foto: www.pexels.com

Selain melepas dahaga yang menyegarkan, air kelapa hijau juga ternyata memiliki beragam dampak baik untuk kesehatan. Dengan mengandung karbohidrat, serat, dan vitamin C, manfaat air kelapa hijau tentunya bisa dirasakan langsung oleh tubuh.

Tiba-tiba merasa haus membaca penjelasan di atas? Simak dulu manfaat air kelapa hijau di bawah ini sebelum membeli dan menyereputnya.

Apa Itu Air Kelapa?

manfaat air kelapa hijau
Foto: www.freepik.com

Buah kelapa umumnya tumbuh di pohon palem besar yang dikenal sebagai Cocos nucifera. Untuk matang dengan sepenuhnya, kelapa membutuhkan waktu selama 10-12 bulan. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur enam sampai tujuh bulan, meski terkadang juga ditemukan pada buah yang matang.

Lantas apa bedanya air kelapa dengan santan? Santan dibuat dengan menambahkan air ke daging kelapa parut. Cairan berwarna putih ini mengandung sekitar 50% air dan sangat tinggi akan lemak kelapa. Sementara air kelapa memiliki tekstur yang cair dan alami tanpa tambahan bahan lainnya.

Apa Manfaat Air Kelapa Hijau?

manfaat air kelapa hijau
Foto: www.pexels.com

Berikut tujuh manfaat air kelapa hijau yang bisa kamu dapatkan ketika meminumnya.

Sumber nutrisi yang baik

Air kelapa dapat ditemukan di dalam kelapa muda yang berwarna hijau. Saat kelapa berubah menjadi matang, beberapa air tetap dalam bentuk cair, sementara sisanya akan menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa. Air kelapa ini terbentuk secara alami di dalam buah dan mengandung 94% air dan sedikit lemak.

Biasanya kelapa hijau menyediakan sekitar setengah hingga satu cangkir air kelapa. Dalam satu cangkir (240 ml) air kelapa hijau mengandung 46 kalori, sembilan gram karbohidrat, tiga gram serat, dan dua gram protein. Selain itu, terdapat 10% vitamin C, 15% magnesium, 17% mangan, 17% kalium, 11% natrium, dan 6% kalsium.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Parfum Wanita yang Tahan Lama

Memiliki sifat antioksidan

Antioksidan yang berada dalam tubuh ternyata berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel serta meningkatkan risiko penyakit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan ada hewan yang terpapar racun, menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Namun studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi efek antioksidan air kelapa pada manusia

Menurunkan kadar gula darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah pada hewan diabetes. Studi lain juga membuktikan bahwa tikus yang diobati dengan air kelapa dapat memertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Akan tetapi perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek ini pada manusia.

Mencegah batu ginjal

Meminum cairan dengan jumlah yang cukup tentu sangat penting dilakukan untuk mencegah batu ginjal. Pasalnya batu ginjal akan terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal dalam urin. Yang kemudian akan membentuk sebuah batu.

Meski air biasa merupakan pilihan yang tepat, akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin akan menawarkan manfaat yang lebih baik. Dalam penelitian tersebut yang dilakukan pada tikus dengan batu ginjal, menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Masih dalam studi yang sama, para peneliti pun percaya bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respon terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine. Namun perlu diingat bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat air kelapa hijau untuk batu ginjal.

Mendukung kesehatan jantung

Minum air kelapa hijau ternyata dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi air kelapa mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida.

Studi lain mengungkapkan bahwa memberi makan tikus diet selama 45 hari yang dilengkapi dengan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan, ternyata dapat mengalami penurunan kadar kolesterol. Namun perlu diingat bahwa ini merupakan dosis yang sangat tinggi. Karena pada manusia, dosis tersebut setara dengan mengonsumsi 91 ons (2,7 liter) air kelapa per hari.

Baca Juga :  Ingin Menu Makanan Lebih Bernutrisi? Tambahkan Jamur

Mengurangi tekanan darah

Manfaat air kelapa hijau selanjutnya adalah mampu mengontrol tekanan darah. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa yang mengandung potasium yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Selain itu, terdapat pula satu penelitian yang dilakukan pada hewan yang menemukan bahwa air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik yang dapat mencegah pembentukan gumpalan darah.

Menghidrasi tubuh

Air kelapa mungkin menjadi salah satu minuman paling sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Pasalnya elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalium merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

Namun penelitian lain membandingkan air kelapa dengan minuman elektrolit tinggi, dan menemukan bahwa air kelapa cenderung menyebabkan kembung dan sakit perut paling banyak.

Membantu mengatasi jerawat

Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu memerangi jerawat. Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, tentunya kamu perlu menambahkan air kelapa dalam rutinitas perawatan kulit bersama dengan produk lain.

Bagaimana Mengonsumsi Air Kelapa Hijau yang Tepat?

Foto: www.freepik.com

Air kelapa memiliki rasa yang sedikit manis dan rendah kalori serta karbohidrat. Untuk mendapatkan air kelapa yang paling segar, tentunya bisa kamu dapatkan secara langsung dari buah kelapa. Simpanlah kelapa di lemari es dan konsumsi dalam sesegera mungkin, atau paling lama selama tiga minggu setelah pembelian.

Selain itu, kamu juga bisa membeli air kelapa yang berada di dalam kemasan. Namun pastikan membaca bahan kandungannya untuk membuktikan bahwa minuman tersebut merupakan 100% air kelapa. Karena terdapat beberapa produk yang mengandung bahan tambahan lain, seperti gula atau zat penyedap lainnya.

Baca Juga :  Tidak Hanya Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Lain dari Buah Plum

Kamu juga bisa menggunakan air kelapa sebagai tambahan dalam rutinitas perawatan kulit, dengan mengoleskannya secara topikal.

Rekomendasi Produk

Innisfree Coconut Bio Cellulose Mask

Masker wajah yang satu ini diformulasikan dengan kelapa yang difermentasikan secara alami. Berkat minyak, air kelapa, serta ekstrak pegagan yang ada dalam produk ini dapat membuat kulit wajah semakin lembap dan kenyal. Gunakan sheet mask ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

The Body Shop Coco Calming Face Mist Brume Visage

Face mist ini diperkaya dengan community trade aloe vera dari Meksiko yang akan menyegarkan kulit wajah. Kandungan air kelapa dan bisabolol-nya juga akan membantu melembapkan dan menenangkan kulit wajahmu. Sehingga penyegar wajah ini akan sangat cocok untuk digunakan sehari-hari, baik sebelum beraktivitas atau pun setelahnya.

Herbivore Rose Hibiscus Coconut Mist

Semprotan penyegar wajah ini mengandung asam hyaluronic, air mawar, air kelapa, dan ekstrak kembang sepatu. Tentunya hal ini menjadikan face mist ini dapat berfungsi untuk menghidrasi, menenangkan, dan menjaga kelembutan serta kelembapan wajahmu. Produk penyegar ini bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit, mulai dari kering hingga berminyak.

Sensatia Botanicals Coconut & Vanilla Facial Scrub

Sel-sel kulit mati yang ada di wajahmu tentu dapat diluruhkan dan diatasi dengan menggunakan scrub dari Sensatia Botanicals. Dengan memiliki aroma manis yang berasal dari kelapa dan vanila, menjadikan produk ini akan membuat wajahmu terasa lebih halus dan segar. Gunakan dua kali dalam seminggu untuk menghasilkan kulit yang sehat dan bersinar.