Punya Maag? Cobalah Konsumsi Vitamin C Non Acidic Yang Aman Untuk Perut

vitamin C non acidic
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Tidak jarang, seseorang mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi vitamin C, seperti mual atau muntah. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat asam yang terdapat pada suplemen, sehingga kamu perlu menggunakan vitamin C non acidic yang lebih aman untuk perut.

Seperti namanya, vitamin C non acidic ini tidak mengandung asam, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag atau masalah pencernaan.

Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan cara tepat memilih vitamin C untuk tubuh.

Apa Itu Vitamin C Non Acidic?

vitamin C non acidic
Foto: www.canva.com

Karena vitamin C dapat larut di dalam air, hal ini membuat tubuh tidak bisa menyimpannya dalam jangka waktu yang lama. Karena nantinya vitamin ini dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kita telah mendapatkan kadar vitamin C yang cukup, maka bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur.

Selain itu, tubuh juga tidak bisa mensintesis vitamin C, sehingga penting untuk kita memperolehnya dari makanan.

Selain dari makanan, kita juga bisa menambahkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen. Bahkan, suplemen vitamin C sendiri sering dikonsumsi karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terdapat salah satu bentuk vitamin C yang bisa ditemukan, yakni asam askorbat yang merupakan bentuk murni dari vitamin C. Seperti namanya, vitamin ini mengandung asam.

Meski vitamin C dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh, namun bagi sebagian orang asam askorbat murni dianggap terlalu asam dan bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

Oleh karenanya, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi bentuk vitamin C non acidic sebagai alternatifnya. Sehingga, nutrisi ini akan aman untuk perut dan bisa memaksimalkan manfaat yang ada di dalamnya.

Ketika kamu memiliki riwayat gangguan pencernaan, di mana maag, terjadinya gejala mual, muntah, kembung, diare, hilang nafsu makan, atau lainnya, disarankan untuk mengonsumsi vitamin C non acidic yang memiliki tingkat risiko efek samping lebih rendah.

4 Manfaat Penting Vitamin C

4 manfaat penting vitamin C | | Punya Maag? Cobalah Konsumsi Vitamin C Non Acidic Yang Aman Untuk Perut
Foto: www.canva.com

Ini empat manfaat penting dari vitamin C yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa manfaat vitamin C untuk tubuh adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan.

Sebab, vitamin ini dapat mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, nutrisi ini dapat membantu sel darah putih agar melindungi tubuh dari radikal bebas. Dan yang lebih menarik, vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan yang membantu memperkuat skin barriers.

Antioksidan yang kuat

Vitamin C mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut dengan radikal bebas.

Ketika radikal bebas yang menumpuk, biasanya dapat memicu munculnya stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Menurut sebuah studi, mengonsumsi vitamin C yang cukup dapat meningkatkan kadar antioksidan dan membantu pertahanan alami tubuh dalam melawan peradangan.

Mengelola tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat memicu munculnya risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab utama kematian secara global.

Menurut sebuah penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki atau tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena berbagai hal, mulai dari tekanan darah tinggi, kadar trigliserida atau kolesterol LDL yang tinggi, dan kadar kolesterol HDL yang rendah.

Untungnya vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, orang yang setidaknya mengonsumsi 700 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung.

Efek Samping Vitamin C

efek samping vitamin C | | Punya Maag? Cobalah Konsumsi Vitamin C Non Acidic Yang Aman Untuk Perut
Foto: www.xframe.io

Asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup adalah sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Meski bisa didapatkan dengan mudah lewat suplemen, namun tetap disarankan untuk memperoleh vitamin C dari makanan.

Vitamin C sendiri diyakini tidak dapat menyebabkan efek samping yang serius. Namun keluhan yang paling sering muncul adalah diare, mual, kram perut, dan gangguan saluran cerna yang disebabkan karena tingkat asam yang tinggi pada vitamin C.

Oleh karenanya, kamu disarankan untuk mengonsumsi jenis suplemen vitamin C non acidic. Dan pastikan tidak mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang tinggi.

Sebab asupan vitamin C yang tinggi dapat membuat ekskresi asam askorbat, penurunan kadar vitamin B12, dan percepatan metabolisme, serta erosi email gigi.

Cara Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat

cara memilih suplemen vitamin C yang tepat | | Punya Maag? Cobalah Konsumsi Vitamin C Non Acidic Yang Aman Untuk Perut
Foto: www.freepik.com

Jika kamu ingin menggunakan suplemen vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, maka berikut cara yang tepat untuk memilihnya:

Pilih yang nyaman di lambung

Umumnya, vitamin C mengandung asam yang cukup tinggi. Namun jika kamu memiliki masalah pencernaan, sebaiknya memilih vitamin yang tidak mengandung asam atau non acidic.

Produk ini akan terasa sangat aman di lambung dan tidak dapat membuatnya menjadi iritasi. Sehingga sangat cocok untuk penderita penyakit maag.

Tahan lama

Agar bisa tercukupi dengan baik, disarankan untuk memilih suplemen yang dapat bertahan lama di dalam tubuh. Biasanya sebagian besar dari produk vitamin C telah diformulasikan khusus agar bisa bertahan lebih lama.

Sehingga nantinya kamu hanya perlu mengonsumsi suplemen vitamin ini sebanyak satu kali dalam sehari.

Perhatikan bahan tambahannya

Sangat disarankan agar memeriksa terlebih dahulu bahan tambahan yang ada di dalam suplemen. Tidak lupa untuk memilih vitamin C yang aman untuk dikonsumsi, apalagi jika kamu akan menggunakannya dalam jangka panjang.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter dan memiliki pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan gizi seimbang dan beristirahat dengan cukup.

Kesimpulan

vitamin C non acidic
Foto: www.freepik.com

Vitamin C non acidic menjadi bentuk nutrisi yang dapat menjadi opsi untukmu yang memiliki masalah gangguan pencernaan.

Sebab vitamin yang tidak mengandung asam ini akan sangat aman untuk perut, sehingga kamu tidak akan mengalami mual, muntah, diare, dan lainnya setelah mengonsumsi nutrisi ini.

Karena vitamin C merupakan bentuk nutrisi yang penting untuk tubuh dan memiliki berbagai manfaat, maka sangat disarankan untuk memastikan kadarnya tercukupi dengan baik.

Sehingga kamu perlu mengonsumsinya dengan teratur, terlebih vitamin ini akan larut di dalam air dan tidak bisa tersimpan lama.