11 Makanan Terbaik Untuk Mengurangi Kolesterol

makanan mengurangi kolesterol
Foto: www.rawpixel.com

Sebagai pengingat: disarankan oleh ahli kesehatan agar total kolesterol kita selalu di bawah 200 milligram per desiliter (mg/dL). Namun, sebagai manusia, total kolesterol di dalam darah kadang naik, kadang turun. Terutama di era pandemik ini ketika stres membuat kita sering makan berlebihan dan menikmati junk food. Hah. Bagaimana memastikan kolesterol dalam level sehat? Perkenalkan: makanan yang mengurangi kolesterol.

Bagaimana Kolesterol Mempengaruhi Kesehatan?

Namun di antara jenis kolesterol yang ada, tingkat kolesterol LDL (disebut sebagai kolesterol “buruk”) yang diwanti-wanti oleh para ahli. Pasalnya, LDL yang berlebihan pada dinding-dinding arteri dan memicu perilisan substansi inflamatori akan meningkatkan risiko serangan jantung.

Untuk itu, pastikan LDL sebaiknya kurang dari 100 mg/dL.

Bagaimana mengurangi level LDL? Salah satu caranya adalah dengan diet, terutama memperhatikan jenis lemak dan karbo yang kamu makan. Yakni, dengan menggantikan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, kata Kathy McManus, direktur Departemen Nutrisi di Brigham and Women’s Hospital, bagian dari Harvard Medical School, kepada publikasi Harvard Health Publishing.

Ini artinya menghindari mengonsumsi daging, keju, dan produk susu tinggi lemak lainnya seperti mentega dan es krim, tulis publikasi tersebut. Juga mengurangi konsumsi karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta dan nasi putih. “Berbeda dengan lemak sehat, makanan bertepung ini tidak mengenyangkan, bisa memicu makan berlebihan dan berat badan naik,” lanjut publikasi tersebut. Plus, karbo olahan mengandung rendah serat, yang fungsinya menyingkirkan kolesterol dari dalam tubuh.

11 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol

Jadi, makanan seperti apa yang bisa kita nikmati yang membantu mengurangi kolesterol? Intinya, makanan berserat dan mengandung lemak tak jenuh. Dan sebagian besar gandum utuh, sayuran dan buah merupakan sumber serat yang baik, serta mayoritas kacang dan biji-bijian menyediakan lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi kolesterol.

Oatmeal: Merupakan salah satu sumber serat terbaik (selain itu ada barley). Coba jadikan bahan makanan ini sebagai menu sarapan lengkap dengan topping buah-buah.

Kacang Putih: Disebut juga dengan kacang navy dan mengandung serat yang sangat tinggi.

Alpukat: Tidak hanya kaca akan lemak tak jenuh tunggal, tapi juga mengandung serat larut dan tidak larut.

Terong: Salah satu sayuran dengan serat tertinggi.

Wortel: Mengandung banyak serat tidak larut.

Almond: Dibandingkan kacang lain, almond memiliki serat tertinggi.

Kiwi: buah yang kaya akan serat.

Beri: Dibandingkan dengan yang lain, buah ini memiliki serat yang lebih tinggi berkat biji-biji kecil yang terdapat di dalamnya. Raspberry dan blackberry memberikan serat terbaik, tapi stroberi dan blueberry juga sumber serat yang baik.

Kembang kol: Tidak hanya mengandung serat, tapi juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi putih.

Kedelai: Meski pengaruhnya terhadap level kolesterol cenderung tidak terlalu besar, tapi makanan berbahan dasar kedelai tetap sehat.

Salmon: Ikan ini mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi LDL.

Selanjutnya: Ini 9 makanan terbaik untuk tetap dan merasa muda.

podcast button