12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi

makanan khas bali
Foto: www.freepik.com

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga dilengkapi dengan makanan tradisional yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Makanan khas Bali dibuat dengan bumbu dan rempah-rempah lokal yang kaya akan cita rasa.

Jika dulunya makanan tradisional ini dihidangkan pada acara-acara besar, namun saat ini kamu bisa menemukannya di mana pun, mulai dari warung makan hingga restoran kelas atas. Sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati cita rasa makanan khas Bali.

Sate Lilit

makanan khas bali
Foto: www.pinterest.com/cookpad.com

Sate lilit menjadi hidangan yang terkenal dengan bentuknya yang unik, sebab sangat berbeda dibanding kebanyakan sate pada umumnya. Makanan khas Bali ini menggunakan daging yang telah dicincang dengan tambahan bumbu spesial, kemudian dililitkan ke batang serai.

Biasanya jenis daging yang digunakan untuk sate lilit sendiri menggunakan daging hewan, mulai dari sapi, ayam, babi, atau ikan tenggiri. Sate ini sangat populer sehingga kamu bisa menemukannya hampir di semua warung makan.

Ayam Betutu

makanan khas bali
Foto: www.pinterest.com/baliartandcultures.wordpress.com

Ketika berkunjung ke Pulau Dewata, kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba mencicipi ayam betutu. Nama betutu sendiri terdiri dari dua kata yakni ‘Be’ yang berarti daging dan ‘Tutu’ yang artinya bakar.

Makanan ini dimasak secara utuh dan bagian perutnya diisi dengan campuran rempah-rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, dan bumbu lainnya. Biasanya daging yang digunakan untuk betutu adalah ayam atau bebek.

Makanan khas Bali ini membutuhkan setidaknya delapan jam untuk dibakar. Meski persiapannya membutuhkan waktu yang lama, namun rasanya sangat sepadan.

Dulunya, ayam betutu merupakan makanan favorit raja dan hanya dihidangkan saat upacara keagamaan. Tetapi saat ini kamu bisa menyantapnya kapan pun dan di mana pun.

Lawar

makanan khas bali
Foto: www.pinterest.com/12dishes.com

Makanan khas Bali ini terdiri dari daging cincang yang dilengkapi dengan berbagai macam sayuran hijau dan kelapa parut dengan rempah-rempah. Biasanya pilihan daging yang digunakan adalah daging babi, sapi, ayam, bebek,atau  kura-kura.  

Terdapat dua jenis lawar yang umumnya dihidangkan, yakni lawar merah dan lawar putih.

Pada lawar merah, pembuatannya akan dicampurkan dengan darah daging sehingga warnanya menjadi merah dan memiliki rasa yang gurih. Sementara lawar putih tidak mengandung darah dan daging yang digunakan diganti dengan nangka.

Lawar juga bisa kamu nikmati dengan nasi, sate lilit, jukut ares, dan babi guling. Makanan tradisional ini juga dapat dengan mudah kamu temukan selama berada di Bali.

Bubur Mengguh

bubur mengguh | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.chefspencil.com/@hbd_hirebalidriver

Meski sekilas terlihat seperti bubur ayam, namun bubur yang satu ini dimasak dengan cara yang berbeda. Bubur yang berasal dari Buleleng, Bali kawasan Utara ini, menggunakan kuah kaldu ayam yang dicampur dengan suwiran ayam kuah pedas dan kacang.

Tak jarang makanan ini juga ditambahkan dengan jukut sayur. Berkat rasa gurih dan pedas, bubur ini akan sangat pas untuk dijadikan menu sarapan.

Nasi Jinggo

makanan khas bali
Foto: www.idntimes.com/@warungkayumanisbali

Meski disajikan dalam porsi yang kecil, namun nasi jingo sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat setempat, bahkan sering menjadi alternatif hidangan yang diberikan dalam berbagai kegiatan. Makanan khas Bali ini juga dikenal dengan istilah nasi jenggo.

Biasanya dihidangkan dengan menggunakan daun pisang yang dilengkapi berbagai lauk, mulai dari tempe kering, mie, suwiran ayam, serundeng, dan potongan telur rebus. Beberapa penjual juga terkadang mengganti nasi dengan nasi kuning dan daging sapi atau babi.

Nasi Tepeng

nasi tepeng | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.idntimes.com/@miiaaa888

Ketika berkunjung ke daerah Gianyar, wajib untuk mencoba nasi tepeng yang memiliki tekstur lembut dengan rasanya yang gurih dan pedas. Rasa gurih ini berasal dari nasi yang dimasak dengan santan, sementara rasa pedasnya dari rempah-rempah khas Bali.

Umumnya nasi tepeng dilengkapi dengan ayam goreng, telur, nangka, buncis, dan terong, yang kemudian disajikan di atas daun pisang. Makanan khas Bali ini bisa dengan mudah kamu temukan di daerah Gianyar dan sekitarnya.

Tum

tum | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/Lusi Y

Tum terdiri dari daging ayam atau sapi cincang yang dilengkapi dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Mulai dari bawang, jahe, kunyit, lengkuas, cabai, kemiri, cabai, daun salam dan kencur, bahan-bahan tersebut dihaluskan dan ditumis dengan daging.

Setelah setengah matang, hidangan ini akan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Lauk khas dari bali ini akan sangat cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat.

Nasi Campur Bali

makanan khas bali
Foto: www.pinterest.com/qraved.com

Jika kamu kurang puas dengan porsi nasi jingo, maka cobalah untuk menyantap nasi campur khas Bali. Sepiring nasi campur dilengkapi dengan ayam, sate lilit, dan lawar ayam.

Selain itu, terdapat makanan tambahan lainnya seperti sambal matah, telur, bihun, dan tempe kering.

Menariknya, aneka lauk yang disediakan akan dilengkapi dengan bumbu khas dari Bali, sehingga kaya akan cita rasa.

Jukut Urap

jukut urap | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.sajiansedap.grid.id

Meski terlihat seperti urap biasa, namun makanan yang satu ini memiliki racikan bumbu yang berbeda.

Jukut urap menggunakan berbagai macam sayuran see[rti kacang hijau, kubis, tauge, bayam, dan daun singkong yang dilengkapi dengan sedikit santan, kacang goreng, serta perasan jeruk nipis. Tak lupa hidangan ini juga ditambah sambal urap yang terbuat dari kelapa.

Jukut Ares

jukut ares | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.shutterstock.com

Makanan Bali ini terdiri dari pohon atau batang pisang muda yang berukuran sebesar lengan orang dewasa.

Bahan baku tersebut kemudian diiris tipis dan dimasak dengan bumbu khas dari Pulau Dewata. Biasanya, jukut ares akan dilengkapi dengan daging ayam, bebek, atau babi.

Bulung Buni Kuah Pindang

bulung buni kuah pindang | | 12 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Wajib Dicicipi
Foto: www.pinterest.com/Cici’ Sanianto

Hidangan khas Bali ini juga dikenal dengan rujak bulung kuah pindang yang menggunakan rumput laut hijau sebagai bahan utamanya. Rumput laut ini dicuci dengan air hangat dan disiram dengan kuah pindang pedas, serta tak lupa dengan taburan kacang di atasnya.

Biasanya makanan ini juga ditambahkan dengan buah-buahan seperti mangga muda, bengkuang atau kedondong.  

Sambal Matah

makanan khas bali
Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Siapa yang tidak mengenal sambal matah? Sambal khas Bali ini telah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai yang dicincang, membuat sambal ini terasa lezat dan segar.

Apalagi dengan tambahan daun jeruk serta serai di dalamnya. Sambal matah akan semakin nikmat ketika dihidangkan dengan nasi hangat, ayam goreng, dan masih banyak makanan lainnya.