Apakah Perlu Mencuci Semua Makanan yang Baru Dibeli di Masa Pandemi Ini?

makanan bisa terkontaminasi virus
Foto: www.gettyimages.com

Pandemi virus corona membuat kita mempertanyakan banyak hal, termasuk tentang hal-hal yang dulu sepertinya sudah pasti. Contohnya saja soal makanan yang dibeli lewat jasa delivery food: dulunya ketika datang langsung dimakan, sekarang kita menjadi super hati-hati. Perlukah makanan yang baru dibeli dicuci sebelum dikonsumsi? Apakah makanan bisa terkontaminasi virus corona?

Pastinya yang kita tahu, virus corona baru ini pada umumnya menyebar melalui droplet pernafasan dari orang yang sudah terinfeksi. Kita juga tahu bahwa menurut penelitian virus ini juga bisa didapatkan saat kita menyentuh objek yang sudah terkontaminasi dan kemudian kita menyentuh wajah. Fakta-fakta ini membuat kita keder dan bertanya-tanya: Apakah makanan bisa terkontaminasi virus corona?

Virus Apa yang Bisa Menempel di Makanan?

“Virus bisa menempel di makanan/minuman/ alat makan. Dan jenis virus yang diketahui berperan dalam terjadinya food-borne disease antara lain adalah virus Enterovirus, Rotavirus, Hepatitis,” jelas dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, seorang spesialis gizi klinik di RSIA Asih Pangpol dan RSPI Bintaro Jaya.

Bagaimana dengan virus corona terbaru?

“Virus corona tidak termasuk dalam penyakit yang menular lewat makanan (food borne disease). COVID-19 sendiri adalah penyakit saluran pernapasan, jalur penularan utama adalah kontak dekat antar orang, kontak langsung melalui droplet yang terhirup, dan kemudian masuk ke saluran pernapasan,” jelasnya.

Bagaimana Cara Membersihkan Makanan?

Mungkin ini kebiasaan baru kamu dalam era new normal: membilas semua makanan yang baru dibeli sebelum memasak atau memasukkannya ke dalam kulkas. Namun, apakah membasuh ikan, daging, telur, buah dan sayuran dengan air biasa cukup untuk membersihkan makanan dari kuman dan virus?

“Untuk bahan makanan seperti ikan daging telur harus dimasak hingga benar-benar matang untuk memastikan mikroorganisme yang menempel padanya mati,” jelas Dokter Diana. Sementara untuk sayur dan buah, “silakan dicuci bersih dengan sabun khusus untuk buah dan sayur, cuci dengan air mengalir, kemudian bilas dengan air matang mengalir,” anjurnya.

Bagaimana dengan makanan yang baru saja kita pesan melalui jasa delivery food?

“Jika baru membeli bahan makanan mentah (misal ikan, daging, ayam), silakan dicuci bersih kemudian simpan di wadah tertutup dan dipisahkan dengan makanan yang matang. Jika membeli makanan matang (beli online), sebaiknya bungkus plastik disemprot disinfektan dulu, kemudian keluarkan makanan dari wadahnya dan dipanaskan kembali. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudahnya,” tekannya.

Intinya, di era new normal ini, apapun makanan yang akan kamu konsumsi, Dokter Diana menyarankan untuk membiasakan diri “mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah mengolah makanan/memasak, menyiapkan dan memakan makanan tersebut.”

Selanjutnya: 7 makanan ini bisa mengurangi stres.