Makan Ikan Sesering Ini Bisa Lindungi Otak dari Polusi Udara

makan ikan
Foto: www.unsplash.com

Seberapa sering kamu makan ikan? Dan tidak kalah pentingnya: apa resep ikan favoritmu? Sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi ikan yang direbus atau di-bake bisa melindungi otak dari dampak negatif polusi udara. Semua ini berkat kekuatan asam lemak omega-3. Oh, seberapa sering? Konsumsi ikan sekali atau dua kali seminggu.

Apa Pentingnya Makan Ikan?

Untuk yang butuh diingatkan, asam lemak omega-3 adalah jenis lemak polyunsaturated yang termasuk dalam kategori “lemak esensial”. Artinya, tubuh kita tidak memproduksinya dalam jumlah yang cukup, sehingga kita butuh mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Salah satunya, ikan.

“Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 dan mudah dimasukkan ke dalam diet,” kata Ka He M.D., Sc.D., dari Columbia University in New York, salah satu peneliti studi ini. “Asam lemak omega-3 telah memperlihatkan bisa memerangi inflamasi dan menjaga struktur otak dalam saat otak menua. Omega-3 juga ditemukan bisa mengurangi kerusakan otak akibat neurotoksin seperti timah dan merkuri.”

Dan para peneliti ini ingin mengetahui apakah omega-3 juga bisa melindungi otak dari neurotoksin lain, yakni senyawa halus yang ditemukan di polusi udara.

Apa yang Ditemukan Penelitian Ini?

Mengombinasikan berbagai metode—tes darah, kuestioner, pemindaian otak—para peneliti bisa melihat bahwa para perempuan yang memiliki level omega-3 tertinggi memiliki volume sumsum dan hippocampus yang lebih besar. FYI, para perempuan yang terlibat dalam studi ini berusia rata-rata 70 tahun dan hidup di area dengan tingkat polusi udara tinggi dan tidak mengalami demensia.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa level asam lemak omega-3 yang lebih tinggi di dalam darah yang didapat dari mengonsumsi ikan bisa menjaga volume otak seiring wanita bertambah usia dan kemungkinan melindunginya dari efek beracun polusi udara,” kata Ha.

Meski begitu, satu hal yang ditekankan oleh penelitian ini bahwa studi ini hanya menemukan kaitan antara volume otak dengan makan ikan. “Ini tidak membuktikan bahwa makan ikan bisa menjaga volume otak.”

Well, sembari menunggu hasil studi lebih lanjut tentang apakah ikan bisa menjaga volume otak, tidak ada salahnya rajin mengonsumsi ikan. Oh, kamu ragu karena isu merkuri di dalam ikan? Para ahli menganjurkan kamu mengingat ini saat memilih jenis ikan untuk dikonsumsi: SMASH (salmon, mackerel, anchovies, sardines, dan herring). Alias, salmon, ikan kembung, ikan teri, sarden dan ikan haring.

Oh, dan satu hal lagi: studi ini menekankan manfaat ikan yang direbus atau di-bake. Pasalnya, jika digoreng, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya akan hancur.

Selanjutnya: Kebiasaan kecil ini membuat otak lebih sehat.