Ini 7 Manfaat Madu Manuka yang Dapat Dirasakan oleh Tubuh dan Kulit

madu manuka
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Apakah kamu gemar mengonsumsi madu? Makanan yang digemari Winnie the Pooh ini ternyata memiliki beraneka macam jenis, dan salah satunya adalah madu manuka. Bertekstur kental dan memiliki rasa yang manis, madu ini diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga leptospermum scoparium atau yang dikenal dengan semak manuka yang tumbuh di Australia dan New Zealand.

Madu jenis ini ternyata memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan tubuh maupun kulit. Jika madu biasa mengandung sejumlah vitamin B, zat besi, kalsium, dan kalium, maka pada madu manuka tentunya terdapat kandungan lain yakni anti bakterial yang cukup tinggi.

Apa Manfaat Madu Manuka?

madu manuka
Foto: www.freepik.com

Berikut 7 manfaat madu manuka yang bisa kamu dapatkan:

Membantu penyembuhan luka

Madu menawarkan sifat antibakteri dan antioksidan, serta dapat menjaga area luka yang lembap dan mencegah infeksi miroba pada luka. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa madu manuka dapat meningkatkan penyembuhan luka, memperkuat regenerasi jaringan, bahkan mengurangi rasa sakit pada luka bakar.

Meningkatkan kesehatan mulut

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dengan aktivitas antibakteri yang tinggi dapat bekerja dengan efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya, seperti P.gingivalis dan A.actinomycetemcomitans. Mengonsumsi madu juga dapat mengurangi plak dan radang gusi.

Menenangkan sakit tenggorokan

Sering mengalami sakit tenggorokan? Cairan kental ini dapat membantumu meredakan sakit tenggorokan. Berkat sifat antivirus dan antibakterinya, madu manuka dapat mengurangi peradangan dan menyerang bakteri penyebab nyeri. Tak hanya itu, makanan kegemaran Winnie the Pooh ini juga bisa melapisi lapisan dalam tenggorokan sehingga memberikan efek yang menenangkan.

Mencegah sakit lambung

Sakit maag mungkin merupakan penyakit umum bagi sebagian manusia di muka Bumi. Luka yang terbentuk pada lapisan perut ini dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan kembung. Salah satu bakteri umum yang menyebabkan hal tersebut adalah H.pylori. Kabar baiknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H.pylori.

Baca Juga :  Panduan Mengatasi Pigmentasi Kulit, dan 13 Produk Rekomendasi yang Wajib Dicoba

Memperbaiki gejala pencernaan

Cairan kental yang berasal dari Australia dan New Zealand ini jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi gejala-gejala pencernaan, seperti sembelit, diare, sakit perut, atau buang air besar yang tidak teratur.

Mengobati gejala fibrosis kistik

Fibrosis kistik merupakan kelainan bawaan yang merusak paru-paru serta dapat berdampak pada sistem pencernaan dan organ lainnya. Hal ini dapat memengaruhi sel-sel yang menghasilkan lendir, sehingga menyebabkan lendir menjadi kental dan lengket. Cairan ini dapat menyumbat saluran udara, dan mengakitbatkan kesulitan bernapas.  

Madu manuka telah terbukti dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa cairan manis ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pernapasan dan bekerja sama dengan pengobatan antibiotik.

Mengobati jerawat

Munculnya jerawat pada wajah memang menjadi hal yang menyebalkan, karena terkadang dapat mengganggu penampilan. Namun madu jenis manuka ternyata dapat melawan jerawat karena aktivitas antimikrobanya dapat membantu menjaga kulit agar bebas dari bakteri. Sifat anti-peradangan pada madu manuka juga bisa mengurangi peradangan jerawat.

Bagaimana Cara Menggunakan Madu Manuka?

Foto: www.freepik.com

Seperti madu jenis lainnya, cairan kental ini bisa digunakan dalam berbagai macam cara.

Perawatan kulit

Manuka honey berfungsi untuk mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Untuk merasakan manfaat tersebut, maka kamu bisa mengoleskan madu tersebut secara langsung ke area kulit. Kemudian biarkan masker ini meresap hingga 15 menit.

Jika ingin meredakan eksem, campurkan madu dengan minyak zaitun dan lilin lebah dengan perbandingan yang sama. Disarankan untuk mengaplikasikan campuran tersebut sebanyak tiga kali sehari.

Untuk tubuh

Madu ini bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan imun tubuh. Untuk mendapatkan manfaat pencernaan dari madu manuka, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 sendok makan setiap hari. Selain itu, bisa juga menambahkan cairan manis tersebut ke dalam roti panggang, yoghurt, atau secangkir teh hangat.

Baca Juga :  FYI: Kopi Hitam Baik untuk Kesehatan Jantungmu, Kata Studi Baru

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, minumlah ½ hingga 1 sendok makan madu manuka setiap hari. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Perawatan luka

Jika kamu memiliki memiliki luka kecil, maka oleskan madu tersebut ke bagian yang tergores. Namun jika luka tersebut tidak bisa langsung diolesi madu, maka aplikasikan cairan kental itu pada perban, lalu balut hingga menutupi bagian luka.

Apakah Madu Manuka Aman untuk Tubuh?

madu manuka
Foto: www.pexels.com

Bagi kebanyakan orang, madu yang berasal dari New Zealand ini aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi untuk sebagian orang, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Seperti penderita diabetes yang tentunya perlu berhati-hati dengan semua jenis madu yang mengandung gula alami tinggi. Selain itu, seseorang yang memiliki alergi terhadap madu ataupun lebah juga perlu menghindari cairan kental yang manis ini.

Madu manuka juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi di bawah satu tahun. Hal ini dapat menimbulkan risiko botulisme pada bayi. Sementara jika ingin dioleskan atau dicampurkan sebagai bahan perawatan kulit, pastikan kulitmu bebas dari alergi agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Produk Rekomendasi

Berikut rekomendasi produk yang mengandung madu yang berasal dari manuka.

Kiehl’s Pure Vitality Skin Renewing Cream

Kombinasi madu manuka dan akar gingseng merah, produk ini dapat bekerja dengan efektif untuk membantu kulit wajah agar terlihat lebih muda dan glowing. Berkat bahan-bahan alaminya, pelembap ini memiliki tekstur yang ringan dan dapat dengan mudah menyerap pada kulit.

Tidak memberikan hasil akhir yang lengket, perawatan wajah yang satu ini juga dibuat tanpa pewarna buatan dan pewangi yang akan cocok digunakan untuk kulit sensitif.

Baca Juga :  Ingin Berat Badan Berkurang Saat Tidur? Minum Teh Ini, Kata Sebuah Studi

Abeeco Bee Venom Mask

Masker wajah ini dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin yang dapat membuat wajah menjadi lebih kencang dan halus. Berkat kandungan manuka honey serta vitamin C dan E, produk ini dapat memperbaiki tekstur kulit dan melindunginya dari paparan polusi, debu, dan kotoran. Kabar baiknya, Abeeco Bee Venom Mask dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

The Goat Skincare Body Wash with Manuka Honey

Manuka honey yang terkandung dalam produk ini dapat berfungsi untuk membersihkan dan melembapkan kulit kering, gatal, dan sensitif. Sabun mandi ini juga dikombinasikan dengan susu kambing yang kaya akan kandungan latid acid. Tidak mengandung paraben, sulfat, dan bahan kimia berbahaya lain, membuat body wash ini dapat digunakan dengan baik untuk pemilik kulit sensitif.

Swisse Manuka Honey Detoxifying Facial Mask

Swisse Manuka Honey Detoxifying Facial Mask dapat berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan racun, serta menghaluskan pori-pori wajah. Kandungan manuka honey  juga bisa memperbaiki tekstur kulit sehingga membuat wajah menjadi lebih halus dan bersinar. Tidak hanya itu, masker ini juga bisa menyerap minyak berlebih dan meluruhkan sel kulit mati.

Alpha-H Liquid Gold Smoothing and Perfecting Mask

Memadukan macadamia nut oil, esktrak mawar dan lavender, glycolic acid, manuka honey, dan vitamin E membuat masker ini dapat membantu mengeksfoliasi dengan baik. Selain itu, kulit wajahmu juga bisa terasa bersih, segar, dan lebih cerah. Kulit yang kemerahan dan luka juga dapat diatasi dengan menggunakan Alpha-H Liquid Gold Smoothing and Perfecting Mask secara rutin.