5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 2 Januari 2020

lima kabar terbaru hari ini
Foto: www.canva.com

Hello! Selamat tahun baru, ya! Membicarakan tahun baru, pasti (lagi-lagi) akan menyinggung resolusi. Bagaimana jika menambahkan satu resolusi 2020 lagi, yakni: membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi sampah. WWF menyatakan bahwa saat kamu membuang sesuatu (plastik, ponsel rusak, bateri bekas, makanan), semuanya kemungkinan menjadi polusi lingkungan dan berbahaya bagi planet ini. Susah melakukannya? Mungkin saran para ahli untuk membebankan biaya sampah sudah saatnya diujicobakan di Indonesia? Sama seperti listrik dan air, setiap rumah harus membayar atas sampah yang dikeluarkannya. Bagaimana menurutmu? Well, sambil terus memantau berita banjir dan mencari tahu bagaimana kamu bisa membantu para korban, berikut lima kabar terbaru hari ini.

BMKG mengingatkan bahwa hujan dan angin kencang akan melanda Jabodetabek.

Hal ini disampaikan dalam keterangan tertulisnya kemarin (01/1). Kondisi cuaca yang sama akan terjadi di beberapa titik termasuk Kalideres, Cengkareng, Kemayoran, Kelapa Gading, Pasar Minggu, Bekasi Utara, dan sekitarnya. Hujan dan angin kencang ini diprediksi akan berlangsung mulai tengah malam, sehingga warga diminta untuk waspada akan kemungkinan banjir. Hingga Rabu malam, sejumlah wilayah di Jabodetabek masih dilanda banjir akibat curah hujan yang mencapai 377 ml per 24 jam. Sejumlah pemadaman listrik pun dilakukan di beberapa wilayah. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Penerimaan kepabeanan dan cukai tahun 2019 sudah tembus target.

Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, (DJBC), Heru Pambudi mengatakan per 31 Desember 2019 sore, penerimaan kepabeanan dan cukai tahun lalu sudah lewat dari 100%. Menurutnya, angka tersebut kemungkinan akan bertambah setelah proses penghitungan selesai. Sektor cukai baik dari hasil tembaku dan minuman merupakan dua sektor utama yang meningkatkan penerimaan DJBC. Untuk informasi, target penerimaan bea dan cukai tahun ini adalah sebesar Rp208,8 triliun. Angka tersebut berasal dari bea masuk (Rp38,9 triliun), bea keluar (Rp4,4 triliun), dan cukai (Rp165,5 triliun). Baca berita lengkapnya di Detik.

Pesawat dan kapal militer akan dikerahkan untuk membantu memadamkan kebakaran lahan di Australia.

Seiring semakin parahnya kondisi kebakaran di New South Wales (NSW) dan Victoria serta ribuan orang mengungsi ke pantai, pemerintah Australia memutuskan untuk mengirim pesawat dan kapal militer. Bantuan militer ini akan menyediakan pertolongan kemanusiaan dan membantu evakuasi. Sampai sejauh ini, 12 orang tercatat meninggal, empat orang hilang di Victoria dan satu orang hilang di NSW. Selain itu, temperatur panas ekstrim (melebihi 40C) juga melanda setiap negara bagian dan teritori di awal minggu ini. Ahli metereologi menyatakan bahwa dipole, sistem iklim di samudra Hindia, merupakan penyebab utama panas ekstrim tersebut. Pemerintah Australia juga telah meminta Amerika Serikat dan Kanada untuk menyediakan sumber daya spesialis aviasi untuk membantu dalam keadaan gawat darurat. Baca berita lengkapnya di BBC.

Carlos Ghosn berhasil melarikan diri ke Lebanon.

Meski dalam pengawasan ketat selama 24 jam dan paspornya dipegang oleh pengacaranya, mantan bos Nissan-Renault-Mitsubishi tersebut berhasil melarikan diri dari Jepang. Caranya? Bersembungi di dalam sebuah kotak alat musik. Begini ceritanya: sebuah band datang dan tampil di sebuah makan malam di rumahnya di Tokyo. Kemudian, Ghosn (65 tahun) menyembunyikan diri di dalam salah satu boks alat musik dengan bantuan istri dan satu tim yang beranggotakan mantan pasukan khusus. Ghosn sendiri memiliki kewarganegaraan Brasil, Prancis dan Lebanon. Negara terakhir ini adalah tempatnya besar dan menurut pihak otoritas negara tersebut, keberadaannya di sana legal sehingga tidak akan ada tindakan hukum yang diambil. FYI, Ghosn sedang menjalani proses pengadilan di Jepang atas tuduhan memalsukan dokumen tentang pendapatan pribadinya demi memperkaya diri. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Rokok mentol akan dilarang di Eropa tahun ini.

Peraturan baru ini merupakan bagian dari undang-undang EU Tobacco Product Directive yang baru yang melarang peredaran rokok dengan rasa. Para perokok yang ingin membeli rokok mentol dan gulung hanya bisa menikmati mengisapnya sampai 20 Mei 2020. Pelarangan terhadap rokok dengan rasa ini diharapkan bisa mendorong orang muda berhenti. Philip Morris, produsen rokok (salah satunya Marlboro), sudah berusaha untuk mengajukan banding kepada European Court of Justice dan ingin UU tersebut diganti—tapi tidak berhasil. Baca berita lengkapnya di Echo.

Itu lima kabar terbaru hari ini, sementara berikut adalah makanan yang bisa mencegah uban datang terlalu cepat.

podcast button