5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 9 Januari 2020

lima kabar terbaru hari ini
Foto: www.canva.com

Hi, selamat pagi! Mau jujur, nih: baru sembilan hari di tahun 2020, tapi sepertinya sudah terlalu banyak hal besar terjadi. LIMONE bingung. Dan semakin menggaruk kelapa dan ingin mengirimkan emoji otak pecah ke semua orang setelah melihat foto terbaru Justin Trudeau dengan jenggot. Eh? Dan mengejutkannya jenggot ini sudah memiliki akun Twitter sendiri, @TrudeauBeard. Eh? Eh? Duaaar! Ah, selamat menikmati/ bingung (pilih salah satu) jenggot baru Trudeau dan lima kabar terbaru di bawah ini.

Pencarian “World War 3” meroket tajam di mesin Google.

Pencarian tersebut menjadi tren setelah Iran menyerang dua pangkalan militer Amerika Serikat di Irak, kemarin malam. Serangan tersebut menurut Iran adalah balasan terhadap tewasnya General Qasem Soleiman minggu lalu. Beberapa jam setelah serangan tersebut, sebuah pesawat Ukranian International Airlines jatuh setelah lepas landas dari Tehran dan membunuh semua orang yang ada di dalamnya. Pihak otoritas Iran mengklaim bahwa pesawat tersebut mengalami kesulitan teknis. Akibat dua kejadian tersebut, pencarian “World War 3″ di mesin pencari Google meningkat tajam. Pada saat yang bersamaan, tagar #NoWarWithIran menjadi trending di Twitter. Baca berita lengkapnya di The Sun.

Sanksi yang akan diberikan kepada penambang ilegal di Lebak, Banten.

Meski bentuk sanksi masih dikaji oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Seperti dilaporkan penambangan ilegal marak di Lebak dan mengakibatkan pada banjir bandang dan longsor. Selalu kemarin, Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi banjir di Lebak, Banten dan menyebutkan bahwa penyebab banjir bandang di wilayah itu adalah akibat aktivitas rusaknya hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Hutan dirambah secara ilegal karena ada penambangan emas ilegal. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Jiwasraya gagal bayar karena berbagai masalah.

Hal tersebut disampaikan oleh BPK yang juga menemukan bahwa masalah tersebut antara lain investasi asal-asalan dan konflik kepentingan di tingkat manajemen. BPK mengungkapkan bahwa Jiwasraya membukukan kerugian Rp 13,7 triliun pasca September 2019. Sementara, pada November 2019 perusahaan plat merah itu diperkirakan mengalami negatif ekuitas sebesar Rp 27,7 triliun. Kerugian itu karena Jiwasraya menjual produk saving plan dengan cost of fund (COF) yang sangat tinggi di atas bunga deposito dan obligasi yang dilakukan secara masif sejak 2015. Selain itu, Jiwasraya juga melakukan investasi pada saham-saham perusahaan yang berkualitas rendah. Baca berita lengkapnya di Detik.

Perdana Menteri Australia berharap turis mancanegara tetap datang ke negara tersebut.

Meski kebakaran hutan telah menghancurkan sepertiga margasatwa dan habitatnya, Scott Morrison meminta agar wisawatan internasional tetap liburan ke negara Kanguru tersebut. Menurutnya, Australia masih terbuka untuk publik, dan merupakan tempat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Dan menekankan bahwa pariwisata akan membantu perekonomian lokal tetap hidup. Di sisi lain, di Victoria, pihak otoritas menyarankan warganya untuk mengungsi karena temperatur ekstrim dan angin kencang. FYI, industri pariwisata Australia mengumpulkan £23 miliar dari turis mancanegara tahun lalu. Baca berita lengkapnya di Evening Standard.

Deepika Padukone menghadapi hujatan dan ancaman boikot setelah ikut serta dalam sebuah protes.

Saat mahasiswa berunjuk rasa dalam rangka memprotes kenaikan biaya kuliah dan undang-undang kependudukan yang baru di Jawaharlal Nehru Universitas di India, Padukone terlihat berdiri di belakang mereka. Kehadirannya pada Selasa malam kemarin tersebut mengundang banyak cibiran, bahkan ancaman memboikot film terbarunya ramai dibicarakan di media sosial. Tagar #BoycottChhapaak menjadi trending topic di India, kemarin. Di sisi lain, banyak pula yang memuji aksinya karena bintang film Bollywood biasanya cenderung menghindari segala sesuatu yang berkaitan dengan politik. Film terbarunya yang berjudul Chhapaak (Splash), bercerita tentang perempuan yang berhasil melanjutkan hidup setelah disiram air keras, akan dirilis Jumat ini. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Itu lima kabar terbaru untuk pagi ini, dan ini rahasia rambut sehat yang harus kamu tahu.