5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 3 Januari 2020

lima kabar menarik pagi ini
Foto: www.canva.com

Hai, teman! Apa kabarmu hari ini? Oleh karena curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia cukup intens dalam beberapa hari terakhir dan ke depannya, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan, ya. Ohya, jangan lupa membawa jas hujan atau payung kemana pun kamu pergi! Dan berikut adalah lima kabar menarik pagi ini.

Thailand melarang penggunaan kantong plastik.

Mulai tahun ini, Thailand melarang pemakaian kantong plastik sekali pakai di berbagai toko besar. Lalu tahun depan, pelarangan ini akan berlaku secara total dalam rangka mengurangi sampah di tanah dan di laut. Menurut Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Varawut Silpa-Archa, Thailand berada di urutan keenam dalam daftar negara yang paling banyak membuang sampah ke laut. Akan tetapi berkat kampanye kesadaran lingkungan yang gencar didengungkan oleh negara sejak tahun lalu, kondisi mulai berubah. Sejak saat itu, Thailand turun ke peringkat 10 dan berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik sampai 2 miliar. Menurutnya, tantangan terbesar berikutnya adalah bagaimana menghentikan penggunaan kantong plastik di pasar tradisional dan pedesaan. Baca berita lengkapnya di Reuters.

Jumlah korban meninggal akibat banjir Jabodetabek mencapai 26 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Sosial dalam rilisan persnya yang juga menyatakan bahwa tercatat ada total 31.232 jiwa mengungsi akibat banjir. Saat mengunjungi lokasi banjir di Kampung Pulo, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, kemarin siang (2/01), Menteri Sosial Juliari Peter Batubara juga mengatakan bahwa masih banyak warga yang belum dievakuasi. Untuk setiap ahli waris korban meninggal akibat banjir, Kementerian Sosial akan memberikan santunan masing-masing sebesar Rp15 juta. Baca berita lengkapnya di Liputan6.

TNI meningkatkan penjagaan perairan Natuna Indonesia.

Pasalnya, baru-baru ini China mengklaim sebagian perairan Natuna Indonesia sebagai wilayahnya. Peningkatan kesiapsiagaan berupa alat utama sistem persenjataan (alutsista), kapal dan pesawat. Sebelumnya, juru bicara Kemlu RRC Geng Shuang telah menyampaikan tanggapan atas dipanggilnya Dubes RRC oleh Kemlu RI dan juga atas nota keberatan RI ke China soal sengketa di Natuna. Menurut Geng Shuang, perairan di sekitar Kepulauan Nansha (Spratly Islands) masih menjadi milik China. Rabu kemarin, Kemlu RI telah merilis siaran pers yang berisikan bantahan atas klaim China tersebut. Baca berita lengkapnya di Detik.

Renovasi replika Tower Bridge ala London di China membutuhkan dana segar sebesar £1,5 juta.

Jembatan yang ukurannya dua kali dari Tower Bridge di London, pertama kali diselesaikan pada tahun 2012 di Suzhou, sebuah kota di timur China. Akan tetapi, Presiden Xi Jinping memerintahkan untuk merenovasinya agar sesuai dengan budaya dan gaya tradisional China. Itulah sebabnya jembatan tersebut dipugar dan prosesnya selesai tahun lalu dengan wujud yang sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan versi London. Warga lokal mengkritik banyaknya dana yang dikeluarkan untuk memugar jembatan yang sekarang dinilai tidak secantik dulu. FYI, Suzhou tidak hanya membuat versi tiruan jembatan tersebut, tapi juga meniru Harbour Bridge (Sydney) dan Ponte Sant’Angelo (Italia). Baca berita lengkapnya di Telegraph.

Friends tinggalkan Netflix per 1 Januari 2020.

Friends, sitkom klasik yang sudah ditayangkan di Netflix selama lima tahun terakhir, tidak akan bisa lagi ditonton di Amerika Serikat. Serial yang menceritakan tentang persahabatan Rachel, Ross, Monica, Chandler, Joey dan Phoebe ini tidak akan kembali sampai Mei 2020 saat HBO Max dirilis. Warner Bros. dan Netflix menandatangi lisensi seharga $80 juta yang membuat Friends bisa bertahan di Netflix sampai 2019. Menurut Nielsen, serial ini merupakan acara televisi kedua yang paling banyak ditonton di Netflix (peringkat pertama diduduki The Office) di tahun 2018. Bagaimana dengan pecinta Friends di luar Amerika? Untungnya masih bisa menikmati serial ini melalui Netflix. Ah, leganya. Baca berita lengkapnya di Hollywood Reporter.

Itu lima kabar menarik pagi ini. Dan ini hal yang harus kamu lakukan agar tidur lebih nyenyak, malam ini dan seterusnya.