5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 27 Desember 2019

lima kabar menarik
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! LIMONE sedang mencari inspirasi untuk #resolusi2020 dan sempat terpikir untuk membatasi makanan. Akan tetapi, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki dietary restrictions cenderung lebih kesepian dibandingkan yang bebas! Penyebabnya? Saat makan bareng dan keseruan terjadi, mereka merasa diasingkan karena yep, tidak bisa ikut menggila. *Hah, menarik nafas panjang dan simpati dengan seorang teman yang alergi durian. Anyway, apa resolusimu untuk tahun depan? Belum tahu? Sambil berpikir dan merenung, mari membaca lima kabar menarik berikut ini.

Pemblokiran akses ke Wikipedia dianggap pelanggaran kebebasan berekspresi, kata Pengadilan Konstitusi Turki

Keputusan tersebut ditetapkan oleh pengadilan kemarin (26/12). Seperti diberitakan oleh kantor berita pemerintah Haberturk, pengadilan memerintahkan akses ke ensiklopedia daring tersebut dibuka kembali. Pemblokiran ini sendiri dimulai sejak April 2017 karena situs tersebut dianggap melakukan “kampanye fitnah” terhadap Turki. Wikipedia menolak menurunkan konten yang menyebut Turki memiliki hubungan dengan grup ISIS dan organisasi terorir lainnya. Belum ada pernyataan resmi dari pemerintah atas keputusan ini dan belum jelas kapan akses ke situs tersebut akan dibuka lagi. Baca berita lengkapnya di sini.

Dunia internasional mengecam Jepang karena mengeksekusi seorang penghuni penjara asing.

Wei Wei (40 tahun) dari Cina adalah tawanan asing pertama yang dieksekusi Jepang dalam kurun waktu 10 tahun ini. Wei digantung di sebuah pusat detensi di Fukuoka, Jepang, kemarin (26/12), enam belas tahun setelah dijatuhi hukuman mati. Dia dinyatakan bersalah karena membunuh seorang laki-laki Jepang dan ketiga anggota keluarganya pada 20 Juni 2003. Meski Menteri Hukum sudah menyatakan bahwa eksekusi tersebut dilakukan dengan banyak pertimbangan dan sesuai hukum yang berlaku, keputusan itu dikritisi oleh Amnesty International. Menurut organisasi itu, eksekusi tersebut menodai jejak rekam HAM di Jepang, apalagi hal ini terjadi setahun sebelum penyelenggaraan Olympic Games 2020. Baca berita lengkapnya di sini.

Changi Airports akan menjadi salah satu pihak yang mengelola bandara Labuan Bajo.

Hal tersebut diketahui setelah pemerintah mengumumkan pemenang tender proyek pengembangan Bandara Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni Konsorsium CAS. Konsorsium yang terdiri dari PT Cardig Aero Service (CAS), Changi Airports International Pte Ltd (CAI), dan Changi Airports MENA Pte Ltd. akan bekerja sama dengan pemerintah. Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa CAS akan mengelola Bandara Labuan Bajo selama 25 tahun dengan total investasi sebesar Rp 1,23 triliun dan biaya operasional sebesar RP 5,7 triliun. Ruang lingkup yang dikerjasamakan adalah membangun, membiayai, mengoperasikan dan melakukan maintenance. Baca berita lengkapnya di sini.

Ruangguru mendapatkan suntikan dana segar senilai $150m.

Startup teknologi pendidikan tersebut berhasil mengantongi US$150 dari pengumpulan dana seri C. Beberapa investor yang termasuk dalam seri ini termasuk EV Growth dan UOB Venture Management. Ruangguru menyatakan bahwa pengumpulan dana ini merupakan salah satu yang terbesar untuk perusahaan edtech di Asia Tenggara. Dana segar ini akan digunakan untuk melakukan ekspansi di Indonesia dan Vietnam. Bulan Oktober lalu, startup tersebut mulai merambah Vietnam dengan meluncurkan sebuah platform bernama Kien Guru. Baca berita lengkapnya di sini.

Ratu Elizabeth II kagum dengan gerakan lingkungan yang dilakukan kaum muda tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ratu Inggris tersebut dalam pesan Natal-nya hari Rabu lalu. Menurutnya, kesulitan yang dialami generasi muda sekarang berbeda dengan generasinya; FYI, Elizabeth sudah berusia 93 tahun dan berusia remaja saat Perang Dunia Kedua. Meski begitu, Ratu Elizabeth menyatakan bahwa ada persamaan antara dua generasi tersebut, yakni: keinginan yang besar untuk menjaga lingkungan dan bumi. Baca berita lengkapnya di sini.

Sudah membaca lima kabar menarik hari ini? Eitss, sebelum menghadiri rapat penting hari ini, coba baca informasi penting tentang malam pertama berikut ini.

podcast button