5 Hal yang Harus Kamu Tahu – 26 Desember 2019

lima berita super penting
Foto: www.unsplash.com

Hei, kamu! Cantik banget hari ini! Apa karena habis liburan dan makan cokelat yang banyak? Ah, enaknya, tapi sudah saatnya kembali ke dunia maya nyata. Ugh. Sebelum menikmati aktivitas hari ini, baca dulu lima berita super penting di bawah ini.

Kehadiran Maxim dikhawatirkan menimbulkan perang tarif lagi.

Maxim, sebuah ojek online (ojol) dari Rusia, yang sudah beroperasi di beberapa daerah di Indonesia ditakutkan akan menyebabkan perang tarif lagi karena menerapkan tarif di bawah ketentuan yang berlaku. Hal ini disampaikan oleh Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono. Menurutnya, pihaknya menyambut positif kedatangan Maxim karena itu menandakan pasar indonesia memiliki potensi besar asal memberlakukan tarif sesuai dengan ketentuan pemerintah. Menteri Perhubungan Budi Karya menyampaikan bahwa Maxim sendiri diketahui telah mengubah tarif layanannya. Baca berita lengkapnya di sini.

BMKG membantah isu tentang gempa besar di Pulau Jawa.

Ini adalah tanggapan BMKG atas sebuah ungguhan yang beredar minggu lalu di Facebook tentang isu potensi gempa besar di Pulau Jawa. Dengan tegas, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyebutnya sebagai hoaks. Menurutnya, gempa besar yang mengguncang Lombok tahun lalu tidak mendatangkan potensi gempa bagi Pulau Jawa. Dan yang terpenting, dia mengatakan bahwa belum ada alat yang dapat memprediksi kapan, di mana, dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. Baca berita lengkapnya di sini.

Otoritas Iran berencana menutup akses mobile internet ke situs-situs luar ngeri di beberapa provinsi.

Seperti diberitakan oleh kantor berita ILNA bahwa sumber terpercaya dari Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi berencana mematikan akses tersebut menyusul rencana demonstrasi hari ini. Kamis ini, kabarnya para demonstran akan turun ke jalan sehubungan dengan kenaikan harga minyak dan menghormati korban protes November lalu. Pemblokiran internet ini akan menyebabkan para demonstran sulit mengunduh video ke media sosial untuk mendapatkan dukungan dari dunia internasional. Baca berita lengkapnya di sini.

Seorang perempuan Cina menggugat rumah sakit karena menolak membekukan sel telurnya.

Teresa Xu mengunjungi Beijing Obstetrics and Gynaecology Hospital tahun lalu karena ingin membekukan sel telurnya. Xu belum berniat menikah dan ingin fokus berkarier. Akan tetapi, pihak rumah sakit menolak memberikan perawatan tersebut dan menyarankannya memiliki anak. Juru bicara rumah sakit itu mengatakan bahwa institusi tersebut hanya mengikuti regulasi pemerintah yang melarang perempuan belum menikah untuk membekukan sel telurnya. Xu mempertimbangkan untuk melakukannya di luar negeri (seperti aktris Xu Jinglei tahun 2013 lalu), tapi harganya terlalu mahal. Banyak yang mendukung gugatan Xu ini di media sosial dan menyebutnya sebagai “China’s first unmarried frozen egg“. Di sisi lain ada juga yang mempertanyakan mengapa Xu menggugat rumah sakit, bukan Asosiasi Perencanaan Keluarga Negara. Baca berita lengkapnya di sini.

Penduduk Jepang berkurang 500.000 jiwa tahun ini.

Hal tersebut disebabkan menurunnya angka kelahiran, dan ini adalah angka terendah sejak 1874. Di sisi lain, angka kematian meningkat sebanyak 1,4 juta orang. Kesenjangan antara angka kelahiran dan kematian ini semakin mempertajam kesulitan demografik yang sedang dialami negara tersebut. Akibat angka kelahiran yang semakin rendah, ini artinya semakin sedikit pekerja baru yang menggantikan mereka yang akan pensiun. Dan pada akhirnya akan berdampak besar pada kondisi finansial dan kesejahteraan sosial. Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan beberapa insentif untuk mendorong penduduknya menikah dan punya anak. FYI, Jepang adalah negara dengan penduduk tertua terbanyak di dunia: hampir 28% residennya berusia di atas 65 tahun. Meski begitu predikat negara dengan angka kelahiran terendah tidak dipegang oleh Jepang, melainkan Korea Selatan. Baca berita lengkapnya di sini.

Itu lima berita super penting hari ini. Dan ini tips super penting yang harus kamu tahu: makan apel sebanyak ini setiap hari bikin semakin sehat.