5 Hal yang Harus Kamu Tahu Hari Ini – 7 Januari 2020

lima berita menarik hari ini
Foto: www.canva.com

Selamat pagi! Sudahkah kamu mengecek akun Instagram hari ini? Atau kamu sedang dalam masa #detokssosmed? Entah karena alasan yang sama atau ada penyebab lain, pertumbuhan pengguna Instagram di Amerika dilaporkan menurun untuk pertama kalinya. Bukan berarti tidak ada pertumbuhan sama sekali, tapi jika dibandingkan tahun 2018, tahun 2019 pertumbuhannya hanya mencapai 6,7% (bandingkan dengan 10,1% pada 2018). Dan penurunan ini diprediksi akan terus berlangsung selama lima tahun ke depan. Ouch. Apakah ini karena keberadaan TikTok yang lebih seru atau memang banyak yang sudah eneg dengan sosial media? Well, seperti yang terjadi pada Facebook dan kata bijak dari seorang manusia, “what goes up, must come down.” Selamat menjalani hari-hari detoksmu dan nikmati lima berita menarik hari ini.

Jumlah korban meninggal akibat banjir menjadi 67 orang.

Melalui keterangan tertulis, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo menyatakan bahwa jumlah korban meninggal akibat banjir Jabodetabek dan Lebak bertambah tujuh orang. Sebelumnya, berdasarkan data pada Sabtu (4/1/2020), korban meninggal adalah sebanyak 60 orang. Meski air semakin surut, BNPB mencatat peningkatan jumlah pengungsi, yakni menjadi 36.419 jiwa. Baca berita lengkapnya di Kompas.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak memiliki wewenang memblokir konten Netflix.

Selain Netflix, KPI juga tidak mempunyai wewenang untuk mblokir konten video streaming di internet lainnya seperti YouTube. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia. Akan tetapi, KPI bisa melaporkan Netflix dan layanan sejenisnya jika mendapati sebuah konten yang dianggap melanggar aturan. Namun mekanismenya seperti aduan konten dari publik biasa. Baca berita lengkapnya di Detik.

Finlandia akan menguji coba kerja empat hari, enam jam per hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Sanna Marin, Perdana Menteri baru dan pemimpin pemerintah termuda di dunia. Menurutnya, orang-orang berhak untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga, orang-orang tercinta, hobi dan aspek penting lain dalam hidup. Saat ini, hari kerja di Finlandia sama seperti kebanyakan sistem di dunia, yakni lima hari dalam seminggu dengan delapan jam kerja per hari. Baca berita lengkapnya di Evening Standard.

Ratusan ribu orang memadati jalanan di Tehran untuk menghadiri prosesi pemakaman Qassem Suleimani.

Pemakaman ini diadakan kemarin (6/1) dan dihadiri oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dan Ismail Haniyeh (pemimpin grup militan Palestina, Hamas). Banyak orang Iran mengganggap Suleimani sebagai pahlawan nasional dan orang kedua terpenting di Iran dan salah satu figur paling berpengaruh di kawasan tersebut. Banyaknya publik yang hadir disebut-sebut terbesar sejak pemakaman pendiri Republik Islam Ayatollah Ruhollah Khomeini, pada 1989. Sejak penyerangan yang dilakukan Amerika Serikat hari Jumat lalu, hubungan kedua negara semakin memanas. Apalagi ditambah dengan Iran yang mengatakan akan keluar dari perjanjian nuklir yang disepakati pada 2015 lalu. Baca berita lengkapnya di The Guardian.

Awkwafina menorehkan sejarah di Golden Globe Award.

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah penghargaan itu, seorang aktor keturunan Asia memenangkan pemeran film utama untuk kategori film. Kemarin (06/1), Awkwafina membawa pulang penghargaan untuk best actress in a musical or comedy atas penampilannya di “The Farewell“. Di film tersebut, aktris tersebut berperan sebagai Billi, seorang perempuan Amerika berdarah Cina yang kembali ke China untuk mengucapkan selamat tinggal kepada neneknya yang sakit. FYI, Tahun lalu, Sandra Oh menjadi wanita Asia pertama sejak 1980 yang memenangkan penghargaan aktris terbaik drama TV atas aktingnya di “Killing Eve“. Baca berita lengkapnya di Variety.

Sudah selesai membaca lima berita menarik hari ini? Jangan lupa sarapan—dan baca ini untuk mengetahui apakah sereal adalah menu sarapan ideal.

podcast button