Bingung Mau Traveling Kemana? Ini 15 Destinasi Terbaik Eropa 2020

Foto: Colmar, France/Getty Images

Entah apa yang terjadi, saat kemarin mengecek rekening bankmu—isinya masih buaanyak. Yah, cukuplah traveling ke Eropa. Belum lagi, paspormu masih memiliki halaman kosong. Ini sebuah ide: ikuti rekomendasi dari European Best Destinations (EBD) tentang destinasi Eropa terbaik 2020.

Seperti yang dituliskan Forbes, EBD merupakan sebuah hasil kerjasama antara 300 kantor wisata di Eropa dan EDEN Network yang diciptakan oleh Komisi Eropa. Sejak didirikan pada 2009, EBD telah mengadakan beberapa kompetisi wisata di Eropa, termasuk Best European Christmas MarketsBest European BeachesMost Romantic Destinations dan Best European Ski Resorts. Kompetisi ini diadakan dalam rangka mempromosikan budaya dan objek wisata Eropa kepada jutaan pelancong dan media.

Di tahun ke-11 ini, kompetisi ini berhasil mengumpulkan lebih 600.000 suara yang berpartisipasi dalam memilih pemenang. Dan coba tebak negara mana yang menjadi juara destinasi Eropa terbaik 2020?

Uh, bukan. Bukan Vienna. Melainkan, Colmar, sebuah kota di Prancis bagian utara. Untuk yang belum tahu, kota ini dikenal sebagai kota paling cerah di Prancis. Pasalnya, kota ini menikmati sinar matahari selama 300 hari dalam satu tahun. EBD mengklaim bahwa kota ini tujuan terbaik untuk pecinta makanan/musik/arsitektur/romantisme, pemburu foto Instagrammable, dan mereka yang capek dengan kota besar.

Colmar sendiri mengumpulkan angka suara terbanyak sepanjang sejarah kompetisi ini, yakni 179.723 suara. Pemegang rekor ini sebelumnya adalah Porto di tahun 2017 dengan 138.116 suara. Dan biasanya setelah kompetisi ini diumumkan, pemenangnya langsung mengalami kenaikan jumlah wisawatan. Contohnya saja Porto, yang mengalami peningkatan turis kurang lebih 17 persen setelah kemenangannya pada 2017.

Penasaran dengan daftarnya? Berikut 15 destinasi Eropa terbaik 2020 menurut European Best Destinations.

  1. Colmar, Prancis
  2. Athena, Yunani
  3. Tbilisi, Georgia
  4. Vienna, Austria
  5. Cascais, Portugal
  6. Sibiu, Romania
  7. Namur, Belgia
  8. Rijeka, Kroasia
  9. Paris, Prancis
  10. Bydgoszcz, Polandia
  11. Roma, Italia
  12. Hévíz, Hungaria
  13. Cork, Irlandia
  14. Rochefort Océan, Prancis
  15. Menorca, Spanyol

Kira-kira ke mana kamu ingin pergi? Tidak peduli destinasimu, unduh aplikasi ini sebelum bepergian.

podcast button