Panduan Memakai Legging agar Terlihat Chic dan Rapi (Bukan Seperti ke Gim)

#Breakingnews: celana ketat alias legging semakin populer di tahun 2020. Mungkin karena pandemi yang membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah? Akibatnya, orang lebih memilih memakai sesuatu yang super nyaman. 

Oke, mungkin prospek memakai legging ketat membuatmu bergidik. Apalagi jika berat badan bertambah, terutama di bagian pinggang. Atau, pantat bukanlah aset yang paling kamu banggakan. Atau, bla bla, bla bla dan bla bla. Tapi hei, legging tidaklah semenakutkan itu. Di tahun 2020 ini, ada banyak pilihan legging ketat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi dan bentuk badan. Tidak percaya? Baca terus artikel ini mengetahui tips padu padan legging ketat agar penampilanmu tetap chic.

Prinsip Memakai Legging

Pilih Material Unik

Jika kamu akan memakai legging ke kantor, cara tercepat untuk membuatnya terlihat lebih formal adalah memilih material yang unik. Alih-alih memakai legging ketat yang terbuat dari spandex, coba faux leather legging, misalnya.

Pastikan Legging dalam Kondisi Baik

Simpan legging buluk untuk berolahraga. Untuk dipakai ke kantor atau situasi sosial lainnya, pastikan legging dalam kondisi baik dan bersih. Ini termasuk kaus dan sepatu yang kamu pakai. Hal ini dilakukan untuk membuat penampilan tetap rapi. 

Jangan Takut Memadukan dengan Item Trendi Lainnya

Berita bagusnya: di tahun 2020 (dan seterusnya) legging ketat tidak harus dipadukan dengan pakaian olahraga. Kamu bisa mengombinasikannya dengan gaun, varsity jacket atau high heels.

Sesuaikan dengan Gaya dan Seleramu

Jika selama ini kamu selalu memakai baju warna monokromatik atau netral, memakai legging dengan warna-warna mencolok dan neon, akan berpotensi membuatmu seperti memakai kostum. Untuk memastikan legging yang kamu pakai masih mencerminkan kepribadian dan seleramu, pilih yang senada dengan item lain di dalam lemari. 

Pilih Legging Netral

Sama seperti yang disebutkan di atas, terkadang memakai legging warna-warni saat ke kantor atau ke acara formal, memberikan kesan terlalu agresif. Oleh karenanya, prioritaskan memiliki legging dengan warna netral dan monokromatik untuk memberikan kesan chic.

Pastikan Legging Tidak Transparan

Mungkin ini terdengar aneh, tapi ada banyak legging di luar sana yang terbuat dari bahan-bahan transparan. Saat mencoba membeli yang baru, pastikan bercermin dan cek bahannya tidak membocorkan apa yang ingin kamu tutupi.

Hindari Memadukannya dengan Item Ini

miMeski kamu diberikan kebebasan untuk memadukan legging ketat dengan apapun, tapi sebagai saran ada beberapa item yang sebaiknya dihindari. Di antaranya adalah blazer ketat, mini dress (lebih codok dipakai dengan tight), dan crop top (kecuali pergi ke gim)

Padu Padan Legging Ketat

Kunci utama memakai legging ketat di 2020 adalah memperhatikan unsur proporsi, dan mengontraskannya dengan item yang berukuran besar, seperti oversize knitwear atau boots.

Selain proporsi, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memperhatikan detail. Setelah memilih legging dan atasan, jangan lupa dengan aksesoris. Untuk menghindari kesan terlalu sporty, pastikan melengkapi penampilanmu dengan tas cantik, kalung unik atau bahkan statement heels. Intinya, cobalah berpikir bahwa legging adalah sesuatu yang hanya dipakai saat ke gim atau warung, melainkan sesuatu yang bisa dipakai saat kamu ingin kelihatan smart dan chic.

Berikut beberapa tips padu padan yang bisa kamu terapkan saat memakai legging ke kantor, arisan, atau ke acara sosial lainnya. 

Padukan dengan Trench Coat

Cara tercepat menjadikan penampilan keren dan rapi saat memakai legging adalah memadukannya dengan trench coat. Trench coat yang bervolume ini akan menyeimbangkan legging yang ketat. Lalu, pakai ballet flats.

Harris Wharf London – Oversized Trench Coat
Mango – Buttons Leggings

Padukan dengan Button Down

Mungkin mix and match ini terkesan super sederhana atau basic. Namun, ketika dikombinasikan, karisma yang dipancarkan akan membuatmu merasa semakin percaya diri. Satu hal: semakin longgar kemeja, akan semakin penampilanmu.

Stradivarius – Long Poplin Shirt
Pull & Bear – Faux Leather Leggings

Padukan dengan Knitwear


Seperti yang sudah dijelaskan, atasan dengan bervolume akan mengubah penampilanmu menjadi lebih seimbang dan rapi. Oh, satu hal, jika kamu memutuskan memilih legging bercorak atau warna-warni pastikan memadukannya dengan knitwear yang sederhana.

RTA – Ella Cardigan Sweater
H&M – Patterned Legging

Padukan dengan Ankle Boots

Saat kamu tidak ingin berpikir keras tentang apa yang harus dipakai hari ini, paduan legging dan hoodie juga bisa menjadi kombinasi yang mematikan. Kuncinya adalah memilih atasan hitam longgar dan leather legging, lalu padukan dengan ankle boots dengan pointed atau almond toe.

Mango – Mixed Leggings
Vero Moda – Nicie Boots

Padukan dengan Blazer

Legging dipakai ketat kantor? Kenapa tidak. Coba padukan dengan blazer dengan panjang hingga tengah paha dan ankle boots. Hasilnya? Super serius dan siap untuk menghadiri rapat penting dengan presiden. Hindari memakai blazer ketat atau cropped blazer saat mengenakan legging. Sekali lagi, keseimbangan adalah kuncinya.

& Other Stories – Double Breasted Plaid Blazer
Stradivarius – Faux Leather Detail Leggings

Padukan dengan Sneakers

Ah, ini salah satu mix and match yang super mudah: sweter, legging dan sneakers. Hanya pastikan sneakers kamu dalam kondisi bersih.

legging ketat
Massimo Dutti – Leather Leggings
VANS – U Old Skool – White

Rekomendasi Belanja Legging Ketat

legging ketat
Violeta by Mango – Plus Size Faux Leather Leggings
legging ketat
ZARA – Legging Kotak-kotak
legging ketat
Violeta by Mango – Plus Size Printed Zip Leggings
legging ketat
Vetements – Zebra-print Logo Waistband Leggings
legging ketat
KOTON – Stripe Leggings
legging ketat
Ellesse – Loso Leggings
legging ketat
Manokhi – Textured Style Fitted Leggings
legging ketat
Violeta by Mango – Plus Size Faux Leather Leggings
legging ketat
Vero Moda – Cava Faux Suede Zip Leggings
legging ketat
Marks & Spencer – Full Length Viscose Legging
legging ketat
La Doublej – Floral Print Leggings
legging ketat
Marks & Spencer – Animal Print High Waisted Jeggings
legging ketat
SPRWMN – Capri Legging
legging ketat
Cotton On – High Waisted Dylan Legging
legging ketat
Desigual – Camo Flower Leggings

Selanjutnya: Untuk pecinta blazer, wajib tahu tren ini.

podcast button