Ternyata, Melakukan Lebih dari 10.000 Langkah Kaki Sangat Penting

langkah kaki
Foto: www.rawpixel.com

Sudah berapa langkah kaki yang kamu kumpulkan hari ini? Kita tahu mengapa mencapai ribuan langkah kaki itu penting (itulah sebabnya kamu memakai FitBit atau Apple Watch), tapi sebuah penelitian baru menerangkan satu alasan baru yang jauh lebih krusial. 

Studi yang dilakukan di Birgham Young University meneliti 120  mahasiswa baru menemukan semakin banyak langkah yang dilakukan partisipan setiap hari, semakin baik pola aktivitas fisik mereka. Waktu sedentari mereka (aktivitas yang dilakukan sambil duduk) menurun drastis saat partisipan memiliki 12.500 sampai 15 langkah. Sementara mereka yang mengambil 15.000 langkah, waktu sedentarinya menurun sampai 77 menit per hari. Dan kata lain studi ini, ribuan langkah ini “memiliki manfaat emosional dan kesehatan.”

Seperti yang kita tahu waktu sedentari tidak baik untuk kesehatan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa hidup sedentari tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan fisik dan mental. Misalnya saja sebuah studi selama 12 tahun dari 17.000 orang dewasa di Kanada menemukan bahwa mereka yang sering duduk, tingkat mortalitasnya lebih tinggi. Angka ini bahkan tetap tinggi ketika tidak merokok.

Ohya, tingkah laku sedentari tidak hanya ketika kamu duduk, lho. Berbaring sambil menonton televisi juga termasuk di dalamnya. Apalagi rebahan sambil mengecek Instagram.

Oh, seandainya kamu butuh diingatkan: ide tentang harus mengambil 10000 atau lebih langkah setiap hari—sudah tidak berlaku. Para ahli mengatakan 7500 langkah sudah cukup untuk membuatmu sehat. Akan tetapi penelitian baru dari Birgham ini menyodorkan sebuah argumen baru yang penting yakni tentang mengapa penting memiliki langkah kaki yang lebih banyak setiap hari. Pasalnya, semakin banyak langkah, kamu semakin banyak bergerak, dan ini merupakan sesuatu yang krusial bagi kesehatanmu.

Ah, dengan isu kesehatan yang sedang menjadi headline berita di mana-mana, kamu pasti semakin ingin menjaga kesehatan, ‘kan? Jadi, setelah membaca ini, lakukan hal berikut: berdiri, letakkan ponselmu dan berjalanlah, meski hanya sebentar.

Ini sebuah tren olahraga baru yang cocok untuk pemula dan memiliki isu sendi.

podcast button