Lakukan Gerakan Ini agar Core Tubuh Lebih Kuat

lakukan plank
Foto: www.unsplash.com

Ingin otot-otot yang menghubungkan bagian tubuh atau bawah lebih kuat? Lakukan plank. Siapa sangka bahwa gerakan sederhana ini baik untuk otot, termasuk perut, punggung, panggul dan pantat. FYI, otot-otot ini berfungsi menopang kantong kemih, rahim, dan organ internal lainnya.

Berita baiknya: kamu tidak perlu langsung harus bisa melakukan plank selama satu atau bermenit-menit. Melainkan melakukannya secara bertahap.

"Jika kamu bisa menahannya selama tiga detik, coba empat [detik]. Apabila bisa menahannya selama 4 detik, perpanjang hingga 10 detik," kata Dr. Edward Phillips, seorang asisten profesor pengobatan fisik di Harvard Medical School.

Dan jika kamu belum bisa langsung melakukan front plank, memulainya dengan posisi modifikasi juga tidak masalah. Jika front plank adalah posisi tangan dan lutut lurus dengan bahu dan panggul, maka modifikasi plank adalah menumpukan berat badan ke lutut bukan kaki (gerakan ini sering disebut posisi push-up modifikasi).

Apa pun posisi yang kamu pilih, catat waktu sehingga kamu mengetahui berapa lama bisa bertahan di posisi tersebut. Berapa durasi waktu yang direkomendasikan?

Tujuan akhirnya adalah bisa menahan plank selama satu menit penuh. "Ada ungkapan yang bilang ketika bisa menahan plank selama satu menit, sakit pinggang bisa hilang," ujar Dr. Phillips.

Publikasi Harvard Health Publishing menjelaskan bahwa plank bisa mengurangi rasa sakit punggung karena saat otot-otot inti menguat, mereka menjadi lebih kuat dalam menopang tulang belakang. Core yang lebih kuat juga bisa membuat kamu bergerak lebih mudah dan stabil.

Lakukan latihan plank ini beberapa kali dalam seminggu, bahkan mungkin harian. Cobalah untuk menambah jumlah plank atau durasi seiring semakin sering melakukannya . Mulai dengan satu kali plank per hari dan tambahkan jumlahnya secara bertahap.

Tips saat melakukan plank: pastikan leher dan tulang belakang dalam keadaan netral, bahu di belakang dan di bawah, dan jangan tekuk panggulmu.

Selanjutnya: Ingin olahraga agar perut rata? Eits, jangan lakukan apa pun sebelum membaca penjelasan lengkap dari personal trainer ini.