Pengin Coba Kutek Peel Off? Jangan Beli Sebelum Baca Petunjuk Penting Ini

kutek peel off
Foto: www.unsplash.com

Untuk memiliki tampilan yang sempurna, area kuku merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya kuku yang cantik, sehat, dan menarik akan menambah kesan pada penampilanmu. Sehingga, tidak jarang seseorang mengoleksi berbagai macam jenis cat kuku, termasuk kutek peel off.

Jenis nail polish yang satu ini ternyata memiliki beragam keunggulan, mulai dari memiliki beragam warna hingga dapat dengan mudah untuk dibersihkan. Jika kamu tertarik untuk mengaplikasikan cat kuku jenis ini, maka berikut tips memilih kutek peel off yang bisa kamu terapkan.

Cara Memilih Kutek Peel Off

kutek peel off
Foto: www.unsplash.com

Berikut empat tips memilih kutek peel off yang bisa kamu terapkan ketika ingin membeli produk penghias kuku.

Sesuaikan dengan warna kulit

Karena banyaknya warna kuteks yang beredar di pasaran, maka cara paling tepat untuk memilih kutek peel off adalah menyesuaikannya dengan warna kulit. Pasalnya jika kamu salah memilih warna, maka hal tersebut dapat menyebabkan kuku terlihat kusam atau pucat.

Untukmu yang memiliki kulit terang, maka pilihlah cat kuku dengan warna-warna yang cerah, mulai dari merah, ungu, oranye, atau warna-warna pastel seperti peach, mint, dan baby blue. Sementara untukmu yang memiliki kulit dengan warna yang cenderung kuning langsat, maka cobalah untuk menggunakan warna pekat seperti burgundy.

Sedangkan warna-warna nudes, seperti merah muda dan beige akan sangat cocok untuk pemilik kulit medium dan sawo matang. Sedangkan warna berani seperti maroon dan ungu tua dapat digunakan untukmu yang memiliki kulit gelap.

Sesuaikan dengan aktivitas

Tak hanya warna kulit, aktivitas yang dilakukan juga dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih warna kutek. Jika kamu diminta untuk menghadiri acara yang formal, maka pilihlah warna netral yang tidak mencolok seperti putih dan krem. Sementara ketika kamu akan bergaya kasual, cobalah untuk memilih warna yang cerah.

Selain itu, warna-warna glamor seperti emas dan perak, akan sangat cocok digunakan ketika kamu menghadiri pesta di malam hari karena akan membuat penampilanmu menjadi lebih stunning. Kamu juga bisa menyesuaikan warna kutek peel off dengan outfit dan riasan wajah yang dikenakan.

Pilih kutek dengan hasil akhir yang diinginkan

Sesungguhnya, kutek peel off juga tersedia dalam berbagai tekstur dan hasil akhir yang berbeda. Jika kamu senang dengan tampilan kuku yang berkilau, maka kuteks dengan hasil glossy merupakan pilihan yang sempurna. Terkadang, beberapa produk kuteks juga diformulasikan dengan tambahan glitter atau shimmer yang akan membuat kuku semakin gemerlap.

Namun, jika kamu tidak ingin memiliki tampilan kuku yang berkilap, maka jenis matte merupakan pilihan terbaik. Selain itu, terdapat pula jenis kutek dengan hasil akhir satin yang tidak akan memantulkan cahaya sebanyak kuteks glossy.

Perhatikan kandungannya

Tidak hanya pada riasan atau produk perawatan wajah, kamu juga perlu memerhatikan kandungan yang terdapat di dalam kuteks. Terdapat beberapa zat berbahaya yang ada pada pewarna kuku, mulai dari formaldehida, formaldehida resin, toluene, dibutil phthalate, dan champor. Bahan-bahan tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping seperti alergi dan memicu kanker.

Sebelum membeli, pastikan kamu memilih cat kuku yang memiliki sertifikasi BPOM untuk mencegah membeli barang palsu dan berbahaya yang memang banyak beredar di pasaran.

Cara Merawat Kuku

kutek peel off
Foto: www.freepik.com

Ini empat cara mudah merawat kuku agar tetap sehat meski menggunakan kuteks.

Beri jeda pemakaian kuteks

Meski menggunakan kuteks dapat membuat penampilan kukumu menjadi lebih cantik, namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan nail polish secara terus-menerus. Sebelum menggunakan warna lainnya, sebaiknya kamu mengistirahatkan terlebih dahulu kukumu. Biarkan kuku bernapas dengan lega tanpa ditutupi dengan bahan kimia.

Selain itu, memberi jeda pemakaian kutek juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kuku agar tetap sehat dan tidak mudah patah.

Gunakan cuticle oil

Salah satu cara merawat keindahan kuku adalah dengan memastikan area kutikula agar tetap bersih dan lembap. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cuticle oil dengan rutin setiap harinya. Cukup oleskan produk tersebut pada kuku dan kulit di sekitar kuku dan pijatlah secara perlahan hingga minyaknya meresap.

Rajin gunakan hand cream

Selama pandemi, kita disarankan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun. Namun, hal tersebut dapat membuat kulit dan kuku menjadi kering. Untuk itu, kamu perlu menggunakan hand cream yang dapat membantu melembapkan kembali kulit dan kuku, sehingga membuatnya menjadi lebih sehat.

Hand cream ini bisa kamu gunakan setiap selesai mencuci tangan atau ketika area tangan dan kuku terasa kering.

Cukupi asupan nutrisi

Jangan lupakan bahwa kesehatan kuku juga dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung biotin seperti gandum, bayam, susu, telur, ikan salmon, dan daging ayam.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan untuk menghias kuku.

UNT Peel Off Base Coat Polish

Lapisan dasar ini dirancang untukmu yang gemar menggunakan kuteks namun tidak ingin merusak kesehatan kuku. Apalagi jika kamu senang menggunakan nail art yang berbeda-beda.

Untungnya, produk ini diformulasikan dengan bahan yang aman dan tidak mengandung formaldehida, DBP, formaldehida resin, toluene, xylene, champor, dan bahan berbahaya lainnya.

Bontime Non-Toxic Nail Polish

Kutek peel off ini berbasis air dan tidak memberikan bau kimia yang menyengat. Sehingga akan aman dan tidak merusak kuku.

Kamu pun dapat dengan mudah mengganti warna kuku karena nail polish yang satu ini cepat mengering dan mudah untuk dikelupas. Untuk mendapatkan warna yang sempurna, oleskan sebanyak dua lapis dengan rapi dan perlahan.

Abitzon Non Toxic Eco Friendly Easy Peel Off and Quick Dry Water Based

Keunggulan dari kutek peel off ini adalah ramah lingkungan, tidak menyebabkan iritasi, serta tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti formaldehida, toluene, dan DBP. Sehingga aman untuk digunakan pada anak-anak maupun remaja.

Untuk memudahkanmu menghapus cat kuku yang satu ini, maka disarankan untuk merendam kuku di dalam air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan secara menyeluruh agar kuku dapat bernapas dengan lega.

Nailberry L’Oxygéné

Rangkaian cat kuku yang mewah ini menggunakan formulasi yang dapat memberikan warna yang sempurna untuk mempercantik bagian kuku. Dirancang dengan dengan teknologi breathable dan dapat menyerap air, menjadikan nail polish ini mengantongi sertifikat halal.

Dengan menawarkan beragam warna, tentunya kamu dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan outfit atau aktivitas sehari-hari.

Inglot O2M Breathable Nail Enamel

Meski tidak dapat dikelupas dengan mudah seperti kutek peel off, namun cat kuku yang satu ini dilengkapi dengan formula air and water permeable yang menjadikannya tembus terhadap udara dan air. Meski menawarkan formulasi breathable, namun produk ini dapat menutup dengan sempurna dan memberikan hasil akhir yang matte.