Dibuka untuk Umum, Online, Gratis: Kursus “Happiness” Paling Populer dari Yale

kursus kebahagiaan
Foto: www.istockphoto.com

Banyak hal yang menjadi mahal karena pandemik COVID-19, tapi ada juga yang menjadi lebih murah—bahkan gratis. Salah satunya: Universitas Yales membuat kelas paling populer sepanjang sejarahnya (FYI, universitas ini sudah berumur 318 tahun), kursus kebahagiaan, tersedia online di Coursera. Semua orang bisa berpartisipasi, menyelesaikan tugas dan menyerahkan kepada pengajar untuk mendapatkan sertifikat. Yaaas!

Seandainya kamu penasaran mengapa hal ini dilakukan, karena “kita sedang berada dalam waktu yang penuh tantangan tidak hanya krisis kesehatan fisik, tapi juga mental,” kata Laurie Santos, pencipta kursus kebahagiaan dan profesor psikolog dari Yale kepada CNN.

Dan jika kamu bertanya-tanya tentang seberapa populernya kursus kebahagiaan ini, ehm… well, hampir 1200 mahasiswa mendaftarkan diri ke kelas ini. Ibaratnya, satu dari empat mahasiswa di kampus tersebut menjadi bagian dari kelas ini, sehingga resmi dinobatkan sebagai kelas terpopuler dalam sejarah Yale.

Sedikit sejarah, Profesor Santos menciptakan kelas ini setelah tinggal bersama dengan mahasisw di Silliman. Berkat sering makan dengan curhat, Santos mengetahui bahwa ada banyak masalah isu kesehatan mental yang dialami mahasiswa. Lalu, dia pun menciptakan sebuah kursus bernama “Psychology and The Good Life.”

Sedikit “cita rasa” dari kursus ini: Santos mengatakan bahwa terkadang kita tidak perlu mengubah hidup kita menjadi pribadi yang bahagia. Melainkan, “yang berperan lebih besar adalah kebiasaan-kebiasaan sedeharana, tindakan sederhana kita seperti menciptakan koneksi sosial, atau menyediakan waktu untuk bersyukur.”

Dan hei, punya pacar baru yang ganteng bukan berarti kamu otomatis bahagia. Atau memiliki pekerjaan yang lebih bagus juga tidak menjamin kebahagiaan serta merta mendarat dengan mulus. Atau mempunyai rumah lebih besar dan super duper modern. “Literatur neurosains tidak mendukung hal tersebut,” katanya. Kebahagiaan dan merasa puas berasal dari melakukan tindakan sederhana berulang-ulang, daripada sesuatu yang sangat besar. “Ini artinya ilmu pengetahuan tentang kebahagiaan memberikan kita banyak berita baik,” kata Santos. Yaaas!

Selanjutnya: mengonsumsi makanan ini bisa membuat kulitmu lebih glowy dalam waktu delapan minggu.

podcast button