Panduan Lengkap Cara Memilih Kuku Palsu yang Tepat

kuku palsu
Foto: www.pexels.com

Tak hanya dari pakaian, penampilan kuku pun juga dapat membantu membuat penampilanmu ciamik. Jika kamu memiliki hari spesial dan membutuhkan item praktis untuk mempercantik tangan, maka kuku palsu merupakan solusinya. Berikut lima cara memilih kuku palsu dan tips menggunakannya dengan aman.

Cara Memilih Kuku Palsu

kuku palsu
Foto: www.pexels.com

Sebelum membeli kuku palsu, ada baiknya kamu memerhatikan lima hal di bawah ini untuk mendapatkan produk yang tepat.

Perhatikan jenis kuku

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika ingin membeli fake nails adalah memerhatikan jenisnya. Pasalnya terdapat berbagai model yang ada di pasaran, mulai dari berwarna polos hingga motif.

Kuku palsu bermotif untuk tampilan mencolok

Jika kamu ingin tampil lebih memukau dan mencolok, maka jenis motif merupakan pilihan yang tepat. Namun terdapat beragamnya motif yang ditawarkan, mulai dari penuh dengan motif atau kuku palsu dengan sedikit motif.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih motif berdasarkan tokoh kartun favorit yang menggemaskan. Serta untukmu yang menyukai gaya girly, maka cobalah untuk menggunakan fake nails bermotif bunga dengan nuansa warna pastel yang lembut.

Kuku palsu polos untuk dandanan yang lebih simpel

Untukmu yang ingin tampil sederhana namun tetap menonjolkan tampilan kuku, maka jenis polos pun menjadi opsi terbaik. Kelebihan dari model yang satu ini adalah sangat mudah untuk dipadukan dengan berbagai outfit.

Akan tetapi, kini telah hadir beberapa produk yang mengombinasikan jenis motif dan polos, sehingga kamu bisa mendapatkan dua jenis kuku palsu sekaligus.

Sesuaikan dengan jenis kegiatan

Cara memilih kuku palsu selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Dengan mengenakan jenis kuku yang tepat, maka kamu dapat tampil dengan maksimal serta percaya diri.

Jika kamu akan mendatangi acara yang kasual, maka jenis polos atau motif yang sederhana merupakan pilihan yang tepat. Namun fake nails matte dengan gradasi warna juga bisa kamu pilih ketika harus hang out di akhir pekan. Sementara untuk jenis kuku yang glossy dengan sedikit tambahan detail, bisa kamu gunakan ketika makan malam bersama pasangan.

Bentuk kuku palsu oval dan bulat juga merupakan pilihan yang tepat karena dapat menampilkan kesan yang natural sehingga terlihat serupa dengan kuku asli.

Namun, jika ingin menghadiri acara yang spesial maka kamu perlu menggunakan model dan detail yang mewah. Seperti jenis polos berwarna putih yang ditambahkan dengan hiasan bunga ketika akan menjalani prosesi pernikahan. Atau memilih kuku palsu berwarna emas yang dipenuhi hiasan mutiara.

Jangan lupa untuk memilih bentuk kuku stiletto dan coffin yang cocok untuk digunakan pada acara pesta.

Periksa jenis lem

Yang paling penting, kamu perlu memeriksa jenis lem yang akan digunakan untuk mengaplikasikan kuku palsu. Terdapat dua jenis lem kuku yang tersedia, yakni lem cair dan lem tempel.

Biasanya, kuku palsu yang beredar di pasaran akan menawarkan lem tempel. Namun sayangnya, jenis lem ini tidak bertahan lama.

Untuk itu, kamu perlu menambahkan lem cair agar kuku tidak mudah lepas. Lem cair juga biasanya memiliki isi yang cukup banyak, sehingga kamu bisa menggunakannya berulang kali. Namun sayangnya, bau dari jenis lem yang satu ini cukup menyengat dan dapat meninggalkan bekas di kuku yang akan sulit untuk dibersihkan.

Tips Menggunakan Kuku Palsu agar Tetap Aman

Foto: www.freepik.com

Berikut tips mengenakan kuku palsu agar tetap aman, sehat, dan tahan lama.

Bersihkan dengan rutin

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan kuku agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri atau kuman. Untuk itu, kamu bisa menggunakan campuran sabun dan air hangat, kemudian sikat dengan perlahan menggunakan sikat kuku.

Jaga kelembapannya

Jika tidak dirawat, biasanya kuku akan menjadi kering dan mudah rapuh. Sehingga pastikan kamu merawatnya dan menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan dari kuku.

Potong kuku terlebih dahulu

Agar terlihat lebih rapi, ada baiknya kamu memotong kuku asli terlebih dahulu. Namun pastikan kamu tidak memotongnya sampai habis agar tersedianya ruang untuk menempel.

Pastikan kebersihan kuku plasu

Sebelum menempelkan fake nails, ada baiknya kamu memastikan bahwa kuku dalam keadaan bersih dan kering, serta tidak dilapisi pewarna apa pun. Sehingga nantinya kuku palsu dapat menempel lebih rekat.

Pilih ukuran kuku palsu yang sesuai

Pastinya kamu perlu memilih ukuran fake nails yang sesuai dengan kuku aslimu. Tujuannya adalah supaya bisa terlihat lebih natural dan tidak merusak kutikula. Tak hanya itu, ukuran yang pas juga akan membuatmu merasa nyaman ketika menggunakannya.

Hindari panas

Ketika kamu menggunakan fake nails yang terbuat dari bahan akrilik, maka perlu dihindari dari panas. Pasalnya bahan yang satu ini akan mudah untuk terbakar.

Beri jeda

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan fake nails secara terus-menerus agar mencegah kuku asli menjadi rusak. Untuk itu, kamu dapat memberikan jeda selama beberapa waktu.

Mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi

Untuk menjaga kesehatan kuku, maka kamu bisa menambahkan biotin dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan omega-3. Pasalnya nutrisi yang satu ini dapat memperkuat kuku. Selain itu, untuk menambah asupan biotin, kamu juga bisa mendapatkannya dari telur, kacang tanah, almond, atau alpukat.