Perhatian untuk Pecinta Kopi: Kamu Harus Traveling ke Sini

Foto: www.unsplash.com

Apa yang membuatmu traveling ke sebuah tempat? Pantai? Cowok ganteng? Tempat belanja? Atau kopi? Jika yang terakhir ini harus, wajib, mesti ada di destinasi liburanmu, maka kamu harus mengunjung kota-kota kopi berikut ini sebelum kopi raib dari Bumi.

Seattle, Amerika Serikat

Foto: www.shutterstock.com

Seattle merupakan kota lahirnya Starbucks pertama dalam sejarah. Jika kamu selalu penasaran seperti apa penampakan Starbucks pertama kali sebelum akhirnya mendunia seperti sekarang ini (per 2018, terdapat 29,324 cabang di seluruh dunia), silakan mampir ke kota ini. Selain itu jangan lupa melipir wilayah University District dan Capitol Hill untuk menikmati secangkir kopi sambil ditemani musik jazz. 

Roma, Italia

Foto: www.unsplash.com

Diyakini, espresso menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Roma. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa ke salah satu tempat kopi yang paling ikonik yaitu San’t Eustachio II Caffe. Sebagai pakarnya kopi, mereka mampu menyajikan lebih dari 6000 cangkir kopi dalam sehari. Hebatnya lagi masyarakat di sana sanggup menyeruput minimal lima gelas espresso dalam sehari.

Wina, Austria

Foto: www.unsplash.com

Berikutnya wisata kopi yang tak boleh ketinggalan yaitu Wina. Kota ini memiliki budaya kopi (mulai dari penanaman, panen, penggilingan, hingga penyajian kopi) yang sangat dilestarikan. Ada banyak jenis kafe kopi di sana mulai yang masih sangat tradisional sampai yang super Instagrammable. Masukkan nama-nama kafe sepertiCafe Schwarzenberg, Cafe Central, Cafe Pruckel, Waldemar, Sassmund Kaffebar dan Zweitbester ke dalam itinerarimu. Jika kamu berniat untuk berwisata di sana, April hingga Mei dan September hingga Oktober merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung.

Liwa, Lampung

Foto: www.hariansiber.com

Jika kamu pernah menonton film Filosofi Kopi, maka tempat ini sudah tak asing lagi bagimu. Pasalnya, tempat ini menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut. Diklaim Lampung memproduksi sekitar 100.000 ton biji kopi per tahun. Serta, termasuk penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Nah, jika kamu pecinta kopi hitam wajib berkunjung ke sini dan siap-siap disambut dengan aroma kental seduhan kopi dari warung-warung di Liwa.

Kintamani, Bali

Foto: www.gettyimages.com

Bali tidak hanya tentang pantai, tapi juga kopi. Di Kintamani, kamu bisa ikutan memetik, mengolah dan meminum kopi langsung dari perkebunan tersebut. Ohya, ada yang unik dari kopi di sini: jika biasanya dikeringkan lalu dikupas, di sini kopi biasanya dikeringkan dulu lalu dikupas. Itulah sebabnya kopi dari sini tampak lebih terang dibandingkan yang lain.

Bolokan, Toraja

Foto: www.shutterstock.com

Kamu belum bisa dikatakan pecinta kopi jika belum pernah mencicipi kopi Toraja. Pasalnya kopi ini menjadi salah satu kopi yang paling dicari baik di dalam dan luar negari. Salah satu wisata kopi yang wajib kamu kunjungi yaitu perkebunan Sulotco yang terletak di Bolokan. Kopi yang memiliki cita rasa yang berbeda dari kopi lainnya dan berwarna hitam pekat ini salah satu oleh-oleh khas Makassar. Tak hanya menikmati aromanya yang khas, kamu juga bisa menjelajahi perkebunan di sana.

Takengon, Aceh

Foto: www.trailvisitone.info

Jika kamu hendak berkunjung ke sana, jangan lupa singgah di kebun kopi Gayo. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan indah sembari menyeruput kopi di Danau Lut Tawar. Pada ketinggian 1100 meter, kamu akan disuguhkan suasana yang sejuk nan asri. Kopi Aceh Gayo menawarkan cita rasa khas yang sudah diakui pakar kopi. Dipadu dengan aroma yang kuat nan gurih menjadikannya favorit banyak orang.

Melbourne, Australia 

Foto: www.shutterstock.com

Jika kamu berlibur ke Australia, wajib berkunjung ke tempat yang dianggap ‘ibu kota kopi’ ini. Ketika di sana, di sepanjang jalan kamu akan menyaksikan aktivitas proses penggilingan kopi oleh masyarakat lokal. Aromanya yang segar dan wangi, dijamin akan membuat “lidah kopi” teriak dan meminta asupan kopi dipenuhi saat itu juga.

Selamat liburan—dan minum kopi, ya! Ohya, jika kamu membawa oleh-oleh kopi ke rumah, jangan lupa perhatikan panduan penyimpanan ini agar rasanya tetap enak!

podcast button