Ternyata, Ada Pose “Flirting” Paling Efektif yang Membuat Targetmu Mengerti

Foto: www.freepik.com

Kamu sedang mengirimkan kode flirting —tapi orang yang kamu goda sepertinya tidak sadar. Apa yang salah?

Jangan putus asa. Pasalnya, seandainya kamu perlu diyakinkan: flirting itu efektif untuk menarik perhatian seseorang yang membuatmu terpesona. Hanya memang mungkin isyarat yang kamu berikan belum tepat. Seperti apa pose flirting yang efektif? Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Kansas berusaha memecahkan misteri tersebut.

Menurut para peneliti ini, meski flirting telah dilakukan sejak dahulu kala dan disebut-sebut di berbagai media, sangat sedikit bukti ilmiah tentang topik ini. Baik tentang ekspresi wajah yang tepat dan efektivitas flirting. Para peneliti ini menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Dalam studi ini, perempuan—sebagian profesional aktris dan sebagian sukarelawan dari komunitas—diminta untuk secara spontan melakukan ekspresi flirting (misalnya saat sedang mencari perhatian seseorang di kafe). Selain itu, mereka juga diminta untuk mengikuti instruksi berdasarkan literatur antropologi yang didefinisikan peneliti sebagai ‘flirting‘.

Hasilnya?

“Dari enam studi kami, kami menemukan mayoritas laki-laki bisa mengenali sebuah ekspresi wajah tertentu sebagai flirting,” jelas Omri Gillath, profesor psikologi dari KU yang ikut menulis studi ini. “[Ekspresi] tersebut memiliki morfologi yang unik, dan berbeda dengan ekspresi-ekspresi lain dengan fitur yang sama—misalnya, tersenyum—tapi tidak diidentifikasi oleh laki-laki seperti ekspresi menggoda.”

Seperti apakah ekspresi wajah yang dianggap sebagai ‘kode flirting?’ Dengan menggunakan Facial Action Coding Systems (FACS), penelitian ini berhasil mengenali ekspresi wajah yang sedang menggoda. Sistem ini menunjukkan tanda menggoda paling efektif adalah: kepala miring ke satu sisi dan sedikit miring ke bawah, senyum kecil, dan mata tertuju kepada target. Ah.

“Untuk pertama kalinya, tidak hanya kita bisa memisahkan dan mengidentifikasi ekspresi-ekpresi yang menunjukkan aksi menggoda, kita juga bisa mengetahui fungsinya,” kata Gillath. Uh-uh, flirting berfungsi untuk memulai sesuatu yang berkaitan cinta dan seks.

Sekarang kamu sudah tahu kode flirting paling efektif untuk menarik perhatian seseorang yang duduk dua meter darimu. Jadi, semoga berhasil!

Selanjutnya: Ini cara menghadapi pasangan yang cuek.

podcast button