FYI: Kopi Hitam Baik untuk Kesehatan Jantungmu, Kata Studi Baru

kesehatan jantung
Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya baik untuk otak, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kopi hitam juga baik untuk kesehatan jantung. Pencinta kopi pasti senang mendengar kabar ini.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Circulation milik American Heart Association (AHA) ini mengambil data dari tiga studi besar tentang penyakit jantung, dengan 10 tahun follow up setiap studi, dan 21.000 partisipan dewasa.

Ini yang mereka observasi: dua studi melihat terjadi penurunan 5 hingga 12% gagal jantung per satu gelas kopi per hari dibandingkan dengan tidak mengonsumsi kopi, selama tiga dekade.

Studi lain memperlihatkan bahwa dua gelas kopi per hari mengurangi risiko gagal jantung hingga 30% dibandingkan mereka yang hanya minum satu gelas atau kurang.

Menurut peneliti, pola yang mereka temukan antara kesehatan jantung dan minum kopi bukanlah sebab akibat. Ini artinya, kopi tidak bertanggung secara langsung terhadap kesehatan jantung. Jadi, dibutuhkan studi lebih banyak untuk menyimpulkan korelasi keduanya.

“Belum ada bukti jelas untuk merekomendasikan peningkatan konsumsi kopi untuk mengurangi risiko penyakit jantung seperti imbauan berhenti merokok, mengurangi berat badan, atau olahraga,” kata David Kao, M.D.

Meski begitu, ada kaitan yang kuat antara kopi dan pola makan baik untuk kesehatan jantung.

Jadi, berapa gelas kopi hitam yang sebaiknya diminum dalam sehari untuk mengurangi risiko penyakit jantung?

Bukti yang konsisten dari ketiga studi tersebut adalah satu atau dua gelas kopi kafein. Dan ketika data dianalisa lebih lanjut, para peneliti menyimpulkan bahwa kafein setidaknya berperan dalam membuat kopi memiliki efek baik untuk kesehatan jantung.

“Kaitan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung sangat mengejutkan. [Pasalnya] Banyak orang yang menganggap kopi dan kafein ‘buruk’ bagi jantung karena menyebabkan jantung berdebar cepat, tekanan darah tinggi, dll,” kata Kao. “[Namun] bukti konsisten yang menunjukkan hubungan antara peningkatan konsumsi kafein dengan risiko penurunan gagal jantung mematahkan asumsi tersebut.”

Selanjutnya: Suka banget dengan aroma kopi? Berikut 13 pilihan parfum kopi yang wajib kamu (atau pasangan) coba.