Vegetarian Lebih Langsing dan Cenderung Introvert, Kata Studi Baru

vegan dan vegetarian
Foto: www.gettyimages.com

Siapa sangka jika ternyata pilihan diet memiliki kaitan dengan kepribadian? Sebuah penelitian baru dari University Hospital of Leipzig menemukan bahwa nutrisi punya hubungan dengan bentuk tubuh dan kepribadian. Bahwa vegan dan vegetarian cenderung lebih langsing dan introver.

Oke, mungkin hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrients ini tentang vegetarian memiliki body mass index (BMI) lebih rendah bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Untuk ini, studi ini menerangkan bahwa salah satu alasan BMI para vegetarian lebih kecil, karena mereka jarang menikmati makanan olahan. Mereka lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan baik untuk mikrobiota di usus. Alhasil, para vegetarian lebih cepat kenyang dan lama laparnya.

Bahkan BMI cenderung lebih rendah pada orang menikmati produk hewani sekunder, seperti telur, keju, mentega dan produk susu lain. Hal ini jika dibandingkan dengan yang mengonsumsi produk hewani primer (daging, sosis, ikan). Meski begitu para ilmuwan yang meneliti data hampir 9.000 partisipan belum bisa menyimpulkan apakah nutrisi adalah penyebab utama BMI rendah atau ada faktor lain. Yang jelas, studi ini menyatakan bahwa faktor gaya hidup seperti olahraga dan kesadaran kesehatan bisa memegang peranan penting.

Lalu apa kaitan vegan dan vegetarian dengan kepribadian?

Belum jelas. “Mungkin bisa jadi karena orang yang lebih introver cenderung memiliki kebiasaan makan yang lebih ketat atau karena secara sosial mereka lebih menyendiri karena kebiasaan makan mereka,” jelas Veronica Witte, pemimpin penelitian tersebut.

Dan jika di studi sebelumnya tersimpulkan bahwa pola makan vegetarian atau vegan memiliki kaitan yang erat dengan depressive moods—penelitian ini tidak menemukan hal yang sama.

Witte menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa dulu vegetarian dan vegan dikaitkan dengan depresi. Namun, salah satu alasan mengapa hal yang sama tidak ditemukan di penelitian mereka? Bisa jadi karena semakin banyak jumlah vegetarian atau vegan, dan pola makan ini tidak lagi dianggap aneh.

Selanjutnya: Makanan berserat tinggi ini wajib dikonsumsi tiap hari.