8 Kebiasaan yang Harus Selalu Kamu Lakukan Saat Traveling

Foto: www.gettyimages.com

Ada rencana traveling dalam waktu dekat? Mau ke pantai, ya (jangan lupa kunjungi destinasi ini)? Atau ke negara-negara yang terkenal dengan penghuni miliardernya seperti kota-kota ini? Apa pun dan ke mana pun kaki dan kopermu mendarat, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan agar liburan tersebut semakin berkesan. Berikut ini adalah kebiasaan traveling yang harus diterapkan.

Riset Tempat Nongkrong

Foto: www.gettyimages.com

Ini bisa kamu lakukan dengan mencari di Google atau aplikasi traveling. Namun, ada satu lagi yang bisa kamu lakukan untuk menemukan hidden gem yang kemungkinan tidak ada di peta: tanya orang lokal. Uh-uh. Cari tahu rekomendasi, perpustakaan, resto atau tempat nongkrong dari mereka.

Abadikan Semua Memori

Foto: www.gettyimages.com

Mumpung menulis di jurnal lagi trendi, abadikan semua kenangan di tempat liburan tersebut dalam bentuk kata-kata. Selain itu, jepret semua hal cantik yang kamu lihat. Selfie? Silakan. Perbaharui status dan feed media sosial? Diijinkan. Hanya pastikan kamu tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di Instagram, ya.

Cobain Angkutan Umum

Foto: www.gettyimages.com

Cara paling tepat untuk merasakan suasana kota yang sedang kamu kunjungi: gunakan angkutan umum. Bus, kereta api, dan kendaraan-kendaraan lokal lainya. Ohya, perhatikan selalu barang bawaanmu ya, agar tidak berpindah tangan dan pemilik.

Kunjungi Pasar dan Toko Lokal

kebiasaan traveling
Foto: www.gettyimages.com

Yep, pastinya mengunjungi toko-toko suvenir adalah salah satu tujuan wajib apalagi jika teman-temanmu selalu bilang, ‘jangan lupa magnet kulkas dan gantungan kunci, ya’. Beli itu untuk mereka. Namun untuk dirimu sendiri, coba cari memento unik dari toko atau pasar lokal yang tahan lama dan bisa kamu pajang.

Sediakan Waktu untuk Melakukan Hal Spontan

kebiasaan traveling
Foto: www.unsplash.com

Sediakan satu hari untuk keluar dari zona nyamanmu. Lakukan hal-hal spontan yang mungkin belum pernah kamu lakukan di daerah asalmu. Jauhkan diri dari peta selama beberapa jam dan kelilingi kota tanpa panduan Google. Makan makanan aneh. Cobain kehidupan malam. Jangan batasi waktu dan biarkan dirimu menikmati sekeliling tanpa sosial media.

Nikmati Kuliner Setempat

kebiasaan traveling
Foto: www.gettyimages.com

Liburan belum dikatakan sah, jika tidak menikmati kuliner setempat. Ketika berlibur ke sebuah destinasi wisata, jangan lupa untuk berkunjung ke restoran terkenal di daerah tersebut. Atau berkeliling menjajal pedagang kaki lima yang tak jauh dari tempat wisata yang kamu kunjungi.

Hargai Warga dan Budaya Lokal

Foto: www.gettyimages.com

Jangan sampai ada stereotip ‘turis Indonesia tidak sopan’. Sebelum traveling, baca dan cari tahu informasi penting tentang destinasi liburanmu itu. Bila perlu, hapalkan satu-dua kalimat (terima kasih, maaf, tolong). Usahamu ini akan dihargai oleh warga setempat, meski pelafalanmu tidak sempurna.

Jaga Kebersihan

kebiasaan traveling
Foto: www.gettyimages.com

Sebenarnya, di mana kamu berada tetaplah ingat pepatah ‘bersih adalah sebagian dari iman.’ Di atas gunung, di puncak bukit, di tepi sawah, di bawah laut, di pantai, di dalam gang sempit—jagalah kebersihan sekelilingmu. Tidak menemukan tempat sampah? Ingat kembali kebiasaanmu saat masih SMA: simpan di kantong atau tas hingga bersua dengan tempat sampah.

Itu ya, kebiasaan traveling baik yang wajib dilakukan setiap kali melancong. Dan ini adalah kebiasaan yang bisa membahayakan tulang belakang.