Kebiasaan Sederhana Ini Membuatmu Lebih Bahagia di Rumah

Foto: www.canva.com

Ada banyak cara agar merasa lebih bahagia di rumah. Yep, rumah tempat kita berlabuh saat pekerjaan sudah membuat kepala mau pecah. Dan media sosial terlalu kejam! Argh… untuk mengurangi penat, begini cara membuat benar-benar ‘home sweet home‘.

Pastikan Ruangan Bersih dan Teratur

BOLDe – Super Hoover Cyclone Black

Tidak semua orang punya peri pembersih, tapi kayaknya pasti punya sapu di rumah. Iya ‘kan? Pasalnya, ketika menikmati waktu bersama dengan keluarga, tentu kurang nyaman bila kondisi rumah berantakan dan kotor.  Oleh sebab itu, cobalah untuk membersihkan dan merapikan rumah setiap hari sebelum meninggalkannya. Khususnya, ruangan bersantai dan kamar tidur. Kamar tidur yang berantakan akan menambah stres, apalagi setelah menjalani rutinitas yang banyak. Merapikan kamar tidur dapat meningkatkan suasana hati, agar membuat pikiran lebih segar dan perasaan jadi bahagia.

Tata Ruangan agar Tampak Lebih Indah

Fabelio – Kursi Goyang James

Mau mencat ulang ruangan di rumah? Silakan. Soalnya, warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Ruangan berwarna cerah akan membuat perasaan lebih bahagia dan semangat. Sedangkan warna yang lembut biasanya digunakan untuk tempat-tempat bersantai. Berpikir untuk menambahkan ornamen serta furnitur dan kamu sukai? Monggo—asal jangan terlalu ramai, ya.

Kumpul Bersama Keluarga

TestyTest2 – Monopoly Game Of Thrones

Tiada hal yang paling bahagia selain bertemu dengan keluarga. Namun, kesibukan masing-masing kerap membuat kita jarang untuk bertemu. Jika ada waktu bersama, manfaatkan sebaik mungkin. Cobalah untuk menjauhkan ponsel, dan ajak berinteraksi misalnya dengan bermain games.

Luangkan Waktu untuk Hobi

Delia Owens – Where the Crawdads Sing

Salah satu cara agar bahagia di rumah yakni dengan melakukan hobi, misalnya memasak, membaca buku. Lakukan, meski hanya sebentar.

Merawat Tanaman

@urbanlittlegarden – Sanseviera

Siapa di antara kamu yang gemar berbicara dengan hewan maupun tanaman?  Adakalanya kamu lagi butuh teman bicara, namun temanmu sibuk. Sembari merawat tanaman, kadang kamu memilih untuk bercerita dengan tanaman. Memelihara tanaman seperti bunga-bungaan akan membuat rumahmu tampak hidup dan indah. Efeknya, kamu merasa lebih bahagia (karena sudah curhat) dan nyaman ketika berada di rumah.

Memelihara Hewan Peliharaan

@ellopetshop – New Pet Bed Tent with Lamp

Sama halnya dengan tanaman, diyakini memelihara peliharaan juga dapat memberikan kebahagiaan untuk menurunkan tingkat stres dan darah tinggi. Kamu bisa mengajaknya berbicara, bermain bahkan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Serta bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang membuat suasana hati bahagia.

Pajang Foto dan Barang Kenangan

Gregorio – 4 Pcs Hidup Kaktus Hijau Dibingkai Panting Set Rumah Kamar Tidur Wall Art Dekorasi

Ah, foto-foto kenangan—membuat ingin bernostalgia dan hati senang. Pamerkan foto-fotomu di sekitar rumah. Kamu bisa memajangnya di dinding, atau meletakkan di lemari kaca, maupun di meja hias.

Pssst… setelah melakukan itu, jangan lupa praktikkan ini, ya. Serius, tren ini sama sekali tidak membutuhkan usaha ekstra, tapi akan membuatmu bahagia. Percayalah.

podcast button