Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar Setelah Olahraga? Ini Hitungannya

kalori
Foto: www.gettyimages.com

Meski memang olahraga seharusnya tidak melulu tentang kalori—tapi hei, tetap saja ada rasa penasaran setiap kali selesai melakukan satu jenis olahraga. Untuk kamu yang selalu ingin tahu tentang berapa banyak kalori yang berhasil dibakar, tulisan ini khusus untukmu. Juga ini terkhusus buat kamu yang memang pada dasarnya ‘selalu ingin tahu’ tentang apa pun (baca: kepo). Berikut adalah daftar delapan tipe olahraga beserta rat-rata jumlah kalori yang bisa terbakar. Catatan penting: tentunya, jumlah kalori yang terbakar akan bervariasi—tergantung pada berat badan, intensitas dan tingkat kebugaranmu.

Lari

Olahraga favorit karena murah, mudah dan saat melakukannya ada begitu manfaat kesehatan yang kamu peroleh. Termasuk, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membangun kekuatan, dan pastinya membakar kalori. Bagaimana menghitung kalorinya? Aturan umum adalah setiap satu mil = kira-kira 100 kalori. Itu, plus afterburn yang akan kamu alami setelah selesai berlari. Yep, bahkan setelah berlari, tubuh pun masih membakar kalori. Lumayan banget, ya?

Latihan Bodyweight

Push-up, pull-up, sit-up adalah beberapa jenis latihan bodyweight yang paling umum. Jika kamu melakukan berbagai latihan jenis ini dalam waktu 30 menit, kira-kira 200 sampai 400 kalori akan terbakar. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk menggabungkan bodyweight dengan bentuk olahraga lain untuk hasil yang lebih maksimal.

Vinyasa Yoga

Pastinya, seperti yang para pecinta yoga sudah paham: pembakaran kalori sangat tergantung pada pilihan yoga yang kamu lakukan. Namun jika kamu mencoba vinyasa yoga, atau yang biasa disebut “flow” yoga, selama satu jam, kalori yang terbakar akan mencapai kira-kira 300 kalori.

Hot Yoga

ICYDK, tidak ada bedanya antara kelas biasa dengan kelas panas. Unsur panas yang dimaksudkan di sini adalah lebih untuk mendetoks tubuh. Meski efeknya bersinar sementara. Eits, terlepas dari itu, kamu bisa membakar kira-kira 350 kalori setiap 90 menit sesi yoga ini. Lumayan ‘kan? Plus kamu juga mendapatkan manfaat kesehatan lain dari melakukan yoga.

Zumba

Sedikit sejarah, zumba pertema kali beredar pada tahun 1990an dan penciptanya adalah seorang penari dan koreografer asal Kolombia bernama Alberto “Beto” Pérez. Dan jika dalam satu kelas zumba kamu melakukan setiap gerakan dengan maksimal dari awal sampai akhir, kalori yang terbakar bisa mencapai 400 sampai 600 kalori.

SoulCycle

Koreografi dan intensitas gerakan yang kamu lakukan saat berada di atas sepeda, ternyata bisa membakar banyak kalori. Memang sih, jumlah kalori lagi-lagi tergantung pada apa yang kamu lakukan saat mengikuti kelas dengan ruangan biasanya beraroma anggur ini. Meski begitu, kamu bisa mengharapkan 500 sampai 700 kalori terbakar setiap kelas. Itu jumlah kalori minimum. Wow!

Boxing

Pastinya jumlah kalori akan berbeda jika olahraga tinju yang kamu lakukan ala Tyson Fury atau Anthony Joshua. Akan tetapi, jika yang kamu lakoni adalah tinju di ruang fitness biasa, selain berharap bisa mendapatkan lengan yang toned, kalori juga bisa terbakar 500 sampai 800 dalam satu jam.

CrossFit

Sebuah studi menemukan para wanita yang melakukan Crossfit membakar rata-rata 12 kalori per menit. Jadi, jika dihitung-hitung (ehm, sebentar, mana kalkulator?), kira-kira 700 kalori akan terbakar dalam waktu satu jam.

Jadi, olahraga mana yang akan kamu lakukan minggu ini? Penelitian dari Harvard ini menyimpulkan bahwa lima tipe olahraga ini adalah yang paling efektif.