Ada Banyak Istilah (Membingungkan) Dalam Mewarnai Rambut—Ini 8 yang Harus Kamu Tahu

Foto: www.stocksy.com

Siapa di sini masih bingung dengan istilah warna rambut seperti balayage atau ombré? Dan sejujurnya, saat penata rambut di salon menyebutnya berkali-kali, kamu sebenarnya kurang mengerti (meski kepala mengangguk-angguk)? Jangan khawatir, karena kebingungan ini melanda banyak orang, bukan hanya kamu. Untuk membuatmu tahu persis apa yang sedang dilakukan oleh hair colorist (alih-alih pasrah), berikut beberapa istilah pewarnaan rambut yang wajib kamu tahu.

BALAYAGE

istilah warna rambut
Foto: www.pinterest.com

Ah, istilah ini mungkin sudah sering kamu dengar, menghantui dan membuatmu bertanya-tanya apa sebenarnya artinya. Balayage yang juga disebut sebagai hair painting, adalah teknik di mana warna diaplikasikan dengan tangan ke permukaan rambut. Saat melakukan ini, orang yang mewarnai rambut akan menyisir warna dengan tangan dari pertengahan hingga ke ujung rambut. Di sinilah perbedaan utamanya, karena biasanya cara tradisional akan mengaplikasikan warna rambut dari pangkal rambut.

Balayage biasanya akan membuat highlights terlihat lebih alami dan mudah dirawat.

PINTURA

istilah warna rambut
Foto: www.pinterest.com

Apakah pintura? Mirip dengan balayage, tapi yang satu ini diterapkan pada rambut keriting. Pada teknik ini, hair colorist akan melukiskan rambut secara langsung ke helai rambut mengikuti pola yang kamu inginkan. Dan oleh karena, penata rambut bisa memilih di mana akan meletakkan warna pada rambut, hasil akhirnya luar biasa dan berbeda untuk setiap orang.

FOILING

Foto: www.pinterest.com

Yep, ini adalah sesuatu yang sering kamu lihat saat masuk ke salon. Foiling adalah metode paling umum yang digunakan untuk mengaplikasikan highlights/lowlights. Foiling mengacu pada istilah saat warna rambut dilukiskan pada potongan kertas timah yang dilipat dan didiamkan hingga batas waktu tertentu. Saat foiling terjadi, warna biasanya akan terlihat pada seluruh helai rambut dari akar hingga ke ujung.

OMBRÉ

istilah warna rambut
Foto: www.pinterest.com

Jika balayage adalah teknik, maka ombré adalah penampakannya. Hasil akhir dari penampakan ini adalah rambut memiliki warna lebih gelap pada bagian akar (atau bahkan dibiarkan tetap alami) dan pudar atau lebih terang pada bagian ujung rambut. Atau, sebaliknya.

TORTOISESHELL

Foto: www.pinterest.com

Sama seperti ombré, ini adalah istilah untuk penampakan warna rambut. Dikenal juga dengan ecaille, dalam hal ini berbagai warna mulai dari emas hingga cokelat ditambahkan dan dikombinasikan ke rambut untuk menciptakan perubahan bergradasi dari warna gelap ke terang.

Dibandingkan dengan ombré, hasil tortoiseshell lebih lembut dan terlihat lebih natural, yakni dimulai dengan warna lebih gelap di akar rambut lalu perlahan memudar menjadi pirang gelap.

FULL HIGHLIGHTS

Foto: www.pinterest.com

Sesuai dengan namanya, warna rambut diaplikasikan ke seluruh bagian kepala, mulai dari tengkuk hingga garis rambut. Biasanya, pilihan warna untuk highlights ini sangat kontras dengan warna rambut asli dan bisa terlihat cukup dramatis jika kamu memilih warna yang lebih terang. Di sisi lain, hasilnya bisa terlihat super alami jika warna highlights mirip dengan warna asli rambut.

LOW LIGHTS

istilah warna rambut
Foto: www.pinterest.com

ini adalah istilah warna rambut yakni teknik menggelapkan helai-helai rambut (bukan mencerahkannya). Setelah diolah dengan teknik ini, hasilnya akan membuat rambut terlihat lebih bervolume dan berdimensi. Dengan kata lain, rambut terlihat cantik dan tidak membosankan.

PARTIAL HIGHLIGHTS

Foto: www.pinterest.com

Sistem highlights ini diterapkan di sekitar wajah, meski beberapa penata rambut akan menambahkannay juga pada bagian atas rambut. Partial highlights akan membuat rambut terlihat lebih bervolume dan tebal, meski penampakannya akan bisa lebih dramatis jika bagian bawah rambut lebih gelap dibandingkan highlights. Untuk amannya, pastikan kamu memberitahu rambut bagian mana yang ingin di-partial highlights.

Selanjutnya: Ini pilihan warna rambut terbaik untuk pemilik kulit gelap.

podcast button