3 Istilah Psikologi yang Sering Salah Digunakan

istilah psikologi
Foto: www.gettyimages.com

istilah psikologi apa yang sering kali kamu gunakan? Siapa sangka bahwa ada istilah yang menurut para ahli psikolog acap kali salah pemakaian? Dalam sebuah episode podcast, Freakonomics berbicara kepada beberapa ahli psikolog tentang istilah psikologi yang sering kali tidak tepat penggunaannya. P.S.: mana yang sering salah kamu pakai?

Hard-wired

Contohnya dalam kalimat: And the problem for parents is kids don’t just like sugar — they’re biologically hard-wired for it. (NBC News).

Menurut Scott Lilienfeld, seorang profesor psikologi dari Emory University, penggunaan istilah tersebut sering kali disalahartikan. “Saya pikir terkadang [penggunaan istilah ini] bisa berpotensi menimbulkan bahaya karena bisa membuat orang berasumsi bahwa tingkah laku tertentu tidak bisa diubah.” Padahal, dalam banyak kasus, otak bisa dilatih untuk melakukan perubahan.

Personality type

Ah, istilah yang satu ini sering banget kita lihat dalam psikologi, terutama pop psychology. Freakonomics menyatakan bahwa apa yang dipelajari oleh sebagian besar psikolog saat ini adalah “sifat—meski sifat dan tipe sering kali campur aduk, yang akhirnya membuat salah pengertian tentang kepribadian.”

Dan, “berasumsi bawa orang-orang tertentu masuk ke dalam kategori tertentu, saya pikir akan membuat kita cenderung salah mengerti. Karena itu akan membuat kita berpikir bahwa sejumlah grup tertentu secara kualitatif berbeda—berbeda dalam artian jenis bukan tingkat—dari yang lain. Ya, introver dan ekstrover memang berbeda dalam hal-hal yang signifikan, tapi pada faktanya mereka sering kali memiliki tingkat yang tidak terlihat antara satu sama lain,” jelas Lilienfeld. Dengan kata lain, saat membicarakan personilty traits, tidak ada istilah “ya” atau “tidak” yang absolut. Dan hal ini tidak diwariskan.

Steep Learning Curve

Jika kamu mengatakan ‘pekerjaan ini memiliki steep learning curve‘ untuk mengindikasikan pekerjaan baru tersebut sulit—kamu melakukan sebuah kesalahan. Sebaliknya, ‘steep learning curve‘ berarti ‘mudah’. Jadi ketika kamu bilang pekerjaan tersebut memiliki steep learning curve means, itu artinya pekerjaan itu mudah dan itulah sebabnya kamu bisa mempelajarinya dengan cepat.

Jadi, jika kamu ingin mengatakan bahwa sesuatu sulit dan membuatmu berjuang untuk bisa melaluinya, gunakan istilah “very shallow learning curve.”

Berbicara tentang salah, hindari kesalahan ini saat liburan agar pola makanmu tetap sehat.

podcast button