8 Variasi Rambut Ombre Yang Cocok Untuk Semua Warna Kulit

inspirasi warna ombre rambut yang cantik
Foto: www.freepik.com

Teknik pewarnaan ombre rambut memang sempat populer beberapa tahun belakangan, bahkan hingga saat ini.

Tidak peduli apa pun model rambutnya, namun efek gradasi yang dihasilkan dapat membuat penampilan semakin keren.

Meski begitu, tetap saja kamu perlu memilih warna ombre rambut yang tepat agar nantinya cocok dan terlihat menarik. Oleh karenanya, sesuaikanlah pilihan warnanya dengan warna kulit.

Agar tidak salah memilih warna rambut, maka terus gulir artikel ini sampai habis untuk mengetahui variasi warna yang cocok untukmu.

Apa Itu Ombre Rambut?

apa itu ombre rambut
Foto: www.freepik.com

Ombre merupakan teknik pewarnaan rambut yang menghasilkan bayangan atau gradasi. Biasanya variasi ombre akan dipilih dengan gradasi dua warna, dari gelap ke terang.

Namun terkadang beberapa orang menganggap bahwa ombre, balayage, dan highlight merupakan teknik pewarnaan rambut yang serupa. Padahal sebenarnya, ketiganya sangat berbeda meski memiliki hasil yang mirip.

Ciri khas dari ombre rambut adalah memiliki gradasi warna yang kontras. Sedangkan pada balayage dan highlight, fokusnya ada di teknik pewarnaan.

Pada teknik balayage, cara mengaplikasikannya dengan cara menyapukan kuas secara langsung pada rambut secara vertikal, sehingga garis-garis warnanya terlihat lebih halus.

Sedangkan pada teknik highlight, biasanya menggunakan bantuan aluminium foil yang dapat membuat warna yang dihasilkan terkesan lebih kontras.

Cara Menghasilkan Warna Ombre pada Rambut?

cara menghasilkan warna ombre pada rambut
Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, ombre rambut akan menerapkan transisi dua warna dari gelap ke terang. Teknik yang bisa dilakukan adalah dengan mewarnai bagian ujung rambut dengan warna yang lebih terang dari rambut asli.

Jika kamu memiliki rambut berwarna hitam, maka perlu melakukan bleaching terlebih dahulu mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut. Kemudian sapukan warna yang telah dipilih dengan dari ujung hingga ke bagian tengah.

Untuk membuat warnanya terlihat lebih merata, maka cat bagian rambut sedikit demi sedikit, lalu bungkus dengan lembaran aluminium pada masing-masing bagian rambut.

Biasanya proses pewarnaan ini akan menghabiskan waktu sebanyak enam hingga delapan jam.

Inspirasi Variasi Warna Rambut Ombre

Jika ingin mencoba mengaplikasikan teknik pewarnaan rambut yang satu ini, maka berikut beberapa variasi yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Ombre klasik

Ombre klasik
Foto: www.pinterest.com/colorhairtrends.info

Penggunaan warna rambut cokelat dan pirang menjadi salah satu teknik yang paling populer untuk digunakan. Untuk mendapatkan tampilan ombre yang alami, biarkan akar rambut tetap berwarna hitam.

Pastikan kamu telah menyesuaikannya terlebih dahulu dengan undertone kulit agar nantinya bisa terlihat cocok.

Tak harus menggunakan warna aman, kamu juga bisa memilih warna yang cerah agar membuat penampilan terkesan lebih segar.

Pilih sombre

inspirasi warna ombre rambut yang cantik
Foto: www.pinterest.com/Latest Hairstyles

Sombre atau soft ombre merupakan teknik pewarnaan gradasi dengan versi yang lebih lembut. Biasanya kontras antara akar dan ujung rambut hanya berjarak dua level warna.

Salah satu yang bisa diterapkan adalah ombre auburn dengan undertone dingin. Selain cocok untuk digunakan pada pemilik kulit kuning langsat, warnanya yang lembut ini juga bisa terasa pas digunakan oleh pemilik kulit sawo matang.

Pilihan warna cokelat terang yang hampir mendekati warna kulit akan menjadikannya terlihat lebih natural.

Ombre balayage

inspirasi warna ombre rambut yang cantik
Foto: www.pinterest.com/Savanah Tasker

Pada dasarnya, teknik balayage merupakan perkembangan dari proses ombre. Namun jika keduanya digabungkan maka akan menghasilkan penampilan yang luar biasa.

Biasanya, variasi ombre rambut yang satu ini menggunakan dua hingga tiga perpaduan warna untuk membuatnya terlihat lebih berdimensi. Salah satu yang bisa dicoba adalah menggabungkan warna hijau dan pirang.

Beruntungnya, teknik pewarnaan rambut yang satu ini akan cocok untuk diaplikasikan pada semua warna kulit. Sehingga kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi berbagai macam warna yang sesuai dengan selera.

Peek a boo ombre

inspirasi warna ombre rambut yang cantik
Foto: www.pinterest.com/Latest Hairstyles

Jika kamu masih ragu untuk melakukan teknik pewarnaan rambut yang satu ini, maka tidak ada salahnya mencoba peek a boo ombre.

Dengan mewarnai rambut hanya di bagian dalamnya saja, ini sangat cocok untuk diaplikasikan olehmu yang belum berani secara terang-terangan mewarnai rambut.

Nantinya, rambut ombre akan terlihat jika kamu hanya mengangkat rambut atau saat menguncirnya.

Pilihlah warna-warna yang aman terlebih dahulu, namun tidak ada salahnya juga untuk langsung menggunakan warna terang seperti merah muda cerah.

Meski terlihat keren, namun kamu perlu berhati-hati saat akan mewarnai rambut dengan teknik yang satu ini.

Pastikan telah memisahkan bagian rambut luar dan dalam terlebih dahulu, agar nantinya hasil pewarnaan bisa semakin sempurna.

Reverse ombre

Reverse ombre
Foto: www.lovehairstyles.com

Sesuai dengan namanya, teknik pewarnaan yang satu ini berkebalikan dengan warna rambut ombre pada umumnya.

Jika biasanya gradasi yang diterapkan adalah dari gelap ke terang, maka reverse ombre menghadirkan gradasi dari terang ke gelap.

Jika kamu telah memiliki warna rambut pirang, maka saatnya mengoleskan warna yang lebih gelap seperti burgundy pada bagian tengah hingga ujung.

Perpaduan yang satu ini akan membuatmu terkesan semakin menarik dan pastinya tidak akan ketinggalan zaman.

Supaya rambut terlihat lebih berkilau, maka aplikasikan vitamin rambut secara rutin untuk membuatnya terlihat lebih sehat.

Ombre abu-abu

Ombre abu abu
Foto: www.pinterest.com/Latest Hairstyles

Abu-abu menjadi warna yang paling bisa diandalkan untuk semua warna kulit, termasuk pemilik kulit sawo matang. Ini semua karena warnanya yang sesuai dengan undertone kulit.

Apalagi jika kamu memiliki warna rambut hitam pekat, maka pemilihan warna abu-abu terasa sangat tepat.

Nantinya teknik ombre pun akan terkesan sangat natural, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memiliki warna rambut ash grey.

Namun perlu kamu ketahui bahwa teknik yang satu ini membutuhkan perawatan ekstra. Sehingga kamu perlu meluangkan waktu untuk merawat rambut secara rutin agar warnanya bisa bertahan lebih lama.

Padukan merah dan pink

Padukan merah dan pink
Foto: www.pinterest.com/Latest Hairstyles

Untukmu yang ingin tampil beda, cobalah untuk memilih perpaduan warna merah dan pink. Meski memberikan kesan bold, namun kedua warna ini sangat mudah untuk dirawat.

Apalagi ketika kamu sering keramas, nantinya warna akan semakin pudar dan malah menghasilkan rona merah muda yang keren. Oleh karenanya, jangan pernah ragu untuk menerapkan perpaduan warna yang satu ini.

Warna ash light brown

inspirasi warna ombre rambut yang cantik
Foto: www.pinterest.com/Hair Adviser

Jika warna asli rambutmu cenderung ke arah brunette, maka akan sangat cocok untuk mengaplikasikan warna yang satu ini.

Soalnya ash light brown menjadi warna yang paling mendekati warna rambut asli, sehingga nantinya terasa pas untuk dijadikan ombre.

Karena perpaduan warnanya, hal ini dapat membuat penampilanmu terkesan semakin manis dan chic.

Dengan melakukan teknik pewarnaan rambut yang satu ini, nantinya ilusi rambut pun akan terkesan lebih tebal.