10 Dekorasi Ruangan Sederhana Yang Bisa Membuatnya Terlihat Mewah

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.freepik.com

Memiliki rumah yang minimalis sesungguhnya sesuatu yang spesial. Sebab dengan dekorasi sederhana, kamu tetap bisa menghadirkan suasana yang nyaman asalkan menatanya secara tepat.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar dekorasi sederhana ini tetap membuat ruangan terlihat luas dan efisien. Berikut beberapa ide untuk menginspirasimu supaya merasa betah meski memiliki ukuran ruangan yang terbatas.

Gunakan Cat Dinding Terang

Foto: www.pinterest.com/Go Tiny Space

Salah satu cara untuk menyiasati ruangan di dalam rumah agar terlihat luas adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna cerah.

Baik itu putih, abu muda, krem, atau warna-warna netral lain yang terang sehingga dapat memberi kesan bersih dan lapang.

Menariknya, warna yang terang ini juga akan mudah untuk dikombinasikan dengan perabotan rumah berwarna cerah. Hal ini bisa kamu tiru agar nantinya ruangan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Jika tidak memungkinkan untuk mengubah warna dinding, ada opsi lain yang bisa dilakukan. Yakni dengan menggantungkan hiasan dinding atau lukisan berukuran sedang yang memiliki warna cerah.

Sesuaikan Ukuran Sofa

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Terkadang memiliki sofa di ruangan yang kecil dapat menghabiskan terlalu banyak ruang. Namun jangan khawatir karena kamu hanya perlu memilih bentuk sofa dan warna yang tepat agar nantinya dekorasi ruangan tetap terlihat proporsional.

Hindari menggunakan sofa berukuran besar dan pilihlah ukuran yang pas, serta jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan keseluruhan luas ruangan.

Selain itu, bisa juga dengan menghadirkan meja dan kursi yang memiliki material tembus pandang seperti akrilik.

Nantinya perabotan ini akan menciptakan ruangan dengan dekorasi sederhana namun tetap terlihat lebih besar.

Pakai Perabotan Multifungsi

Foto: www.pinterest.com/The Spruce

Menggunakan perabotan yang multifungsi dapat menjadi solusi praktis untuk membuat ruangan di rumah terlihat lebih luas. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan rak penyimpanan yang sekaligus bisa digunakan untuk menyekat ruangan.

Pilihlah rak berukuran sedang dengan desain yang ringan dan sederhana. Hal ini bertujuan agar tidak memberikan kesan yang penuh, namun tetap fleksibel dan fungsional.

Gantungkan Tirai dengan Posisi Tinggi

Foto: www.pinterest.com/Katelynn Nilile

Jika ingin membuat dekorasi sederhana terlihat lebih menarik, kamu perlu memperhatikan pemilihan tirai. Tak hanya mempertimbangkan warna dan bahan, tetapi jangan lupa untuk menentukan posisi tirai.

Supaya nantinya rumah terkesan lebih lega, maka gantungkanlah tirai setinggi mungkin. Ini dapat menciptakan ilusi yang membuat ruangan tampak semakin luas.

Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki jendela yang kecil, karena dekorasi yang satu ini bisa menyembunyikan ukuran jendela.

Baca Juga :  Ingin Punya Kamar Estetik? Ini 8 Contoh Dekorasi Yang Bisa Ditiru

Tambahkan Karpet Bermotif

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.pinterest.com/vintagerugsra

Karena takut membuat ruangan yang sempit terlihat sesak, biasanya beberapa orang malas sekaligus bingung untuk menentukan dekorasi rumah. Alhasil tak jarang ruangan pun dibiarkan kosong dengan sedikit furnitur.

Akan tetapi hal ini mungkin akan terkesan membosankan, sehingga rasanya perlu untuk menambahkan sesuatu agar ruangan tampak lebih hidup.

Untungnya, hal ini bisa disiasati dengan mudah karena kamu bisa mengganti atau menambahkan karpet berwarna lembut dengan motif yang besar, supaya ruangan terkesan lebih luas.

Pilihlah bahan yang nyaman dan mudah untuk dibersihkan, agar seluruh anggota keluarga merasa nyaman saat berada di rumah.

Manfaatkan Area Dinding dengan Maksimal

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.pinterest.com/Interior Define

Meski memiliki ruangan dengan ukuran yang terbatas, namun jangan khawatir karena kamu tetap bisa memanfaatkan area dinding dengan maksimal. Seperti menggunakan rak ambalan untuk memajang berbagai koleksi buku atau pajangan.

Selain itu, bisa juga menambahkan bingkai foto dan jam dinding di atasnya. Karena selain dijadikan sebagai penunjuk waktu, kamu juga bisa menggunakan jam dinding sebagai bagian dari dekorasi sederhana.

Pajang Cermin

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.pinterest.com/Korean girl fashion

Ketika berbicara tentang ruangan yang minimalis, maka cara paling mudah untuk menyiasatinya adalah menambahkan cermin ke dalamnya. Soalnya cermin dapat menciptakan ilusi yang membuat ruangan terkesan lebih luas.

Cermin dalam bentuk dan ukuran apa pun bisa menciptakan ruangan kecil terlihat dua kali lebh besar. Asalkan kamu meletakkannya secara tepat, baik itu digantungkan di dinding yang kosong atau menambahkannya di atas meja pajangan.

Gunakan Furnitur Kecil

Foto: www.pinterest.com/Houzz

Karena ukuran ruangan yang terbatas, maka ada baiknya untuk menghindari furnitur berukuran besar. Sebab perabotan tersebut akan membuat ruangan tampak sesak dan penuh.

Sebaiknya, gunakan furnitur berukuran kecil dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan ukuran ruangan. Jika kamu ingin meletakkan beberapa perabotan, pastikan masih ada ruang yang tersisa di bagian tengah.

Hal ini bertujuan agar bisa lebih leluasa bergerak selama berada di ruangan tersebut.

Susun Furnitur secara Simetris

Foto: www.pinterest.com/Dream Green DIY

Dengan menyusun furnitur dalam posisi yang simetris, hal ini dapat membuat hunian terkesan lebih rapi, bersih, dan seimbang. Kamu bisa meletakkan kursi, lemari, lampu, dan tanaman hias secara proporsional.

Tidak perlu berukuran besar, namun kamu dapat memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Pastikan juga untuk memilih motif dan warna yang selaras agar ruangan semakin terlihat menarik. 

Pakai Lampu sebagai Dekorasi

inspirasi dekorasi rumah yang sederhana
Foto: www.pinterest.com/Decoholic

Selain untuk menerangi ruangan, ternyata lampu juga bisa dijadikan sebagai dekorasi sederhana yang dapat mempercantik hunian. Pastikan kamu memilih bentuk lampu yang memang cocok untuk dikombinasikan bersama furnitur lainnya.

Kemudian, letakkan lampu pada posisi yang tepat supaya bisa menerangi seluruh sudut ruangan. Seperti memasangkannya di atas sofa yang akan membuat rumah terkesan lebih bersih dan luas.

Baca Juga :  8 Inspirasi Dekorasi Depan Rumah Yang Kamu Aplikasikan Sekarang Juga

Tak lupa, perhatikan juga keterangan cahaya yang dihasilkan. Jika ingin terkesan lebih hangat, maka bisa memilih lampu yang sedikit redup. Namun ketika ingin membuat ruangan terlihat lebih besar maka pilihlah cahaya yang terang.