Minuman Ini akan Mengurangi Jerawat di Wajah

Foto: www.shutterstock.com

Bahkan mereka yang super pemberani pun akan menjadi super hati-hati saat memiliki jerawat dan ingin mencari sesuatu yang bisa mengobatinya. Oleh karena itu, untuk meminimalisir efek samping yang malah akan memperparah kondisi jerawat, berikut adalah minuman natural yang menurut sains bisa mengurangi jerawat. Jadi, mulai sekarang, pastikan stok minuman pengurang jerawat ini ada di rumah, ya.

Teh Kunyit

Masih ingat jamu kunyit yang rajin diminum setiap pagi oleh nenek ? Nah, mungkin itu penyebab beliau tidak memiliki masalah jerawat. Pasalnya, curcumin, sebuah komponen yang terdapat di dalam kunyit, dikenal karena reputasinya sebagai anti-inflamasi, antiviral, antioksdan dan antifungal. Di dunia Ayurveda, curcumin digunakan sebagai obat untuk penyakit dalam dan luar. Jadi, untuk membuat kulitmu lebih bersih dan mengurangi jerawat, coba tambahkan satu sendok teh ke dalam air panas dan minum. Atau lebih keren ini, jadi pelanggan mbok jamu yang masih sering wara-wiri di depan rumah.

Teh Matcha

Selain membuat minuman lebih enak, matcha ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Oleh karena kaya akan antioksidan, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), untuk menetralkan oksidasi sebum yang terjadi sebelum jerawat terbentul. Mengonsumsi antioksidan yang terdapat di dalam matcha juga mengurangi tanda-tanda inflmasi dari dalam dan luar. Oh, mau tahu berapa antioksidan yang dimiliki mathca? Kira-kira 137 kali lebih banyak dibandingkan teh hijau biasa.

Kefir

Jangan menghakimi sesuatu dari penampakan fisiknya, terutama berlaku bagi kefir. Minuman berbentuk sederhana ini penuh dengan probiotik yang bisa menetralkan bakteri jahat dan mengurangi inflamasi. Oh, seandainya kamu lupa, pencernaan sangat berhubungan dengan kesehatan kulit, sehingga memang patut dijaga agar jerawat berkurang. Plus, kandungan protein lactoferrin membuat jerawat tunduk. Dalam sebuah studi, para partisipan yang meminum susu fermentasi dengan 200 miligram lactoferrin setiap hampir, mengalami penurunan inflamasi jerawat hampir 39 persen dalam waktu 12 minggu. Ok, saatnya membuka e-commerce dan belanja.

Air Hangat

Lain kali makan di resto atau warung, pesan air hangat, ya. Ini terutama perlu diingat oleh pemilik kulit cenderung berjerawat. Begini ceritanya: air dengan temperatur hangat bisa membantu mendetoks tubuh dan melancarkan pencernaan (ingat: hubungan pencernaan dan kulit). Ketika yang kita minum adalah air hangat, maka akan menaikkan temperatur tubuh dan membuat kita keringatan. Lalu, keringat mengeluarkan racun-racun dan membersihkan pori-pori. Ah, ternyata segelas air putih hangat memiliki fungsi yang mirip dengan jus detoks yang harganya lumayan menguras dompet itu, ya!

Jika di atas adalah minuman pengurang jerawat, menurut dermatolog ini adalah penyebab utama jerawat.

podcast button